4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Agar Sehat dengan Kebiasaan Sederhana

Cara menjaga kesehatan gigi agar sehat dengan kebiasaan sederhana. Memiliki gigi kuat dan sehat merupakan keinginan semua orang baik pria maupun wanita. Gigi yang sehat akan mencegah timbulnya penyakit gigi dan masalah pada gigi, seperti gigi bolong, sakit gigi, karang gigi, dan bau mulut, Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut setiap hari. Pada umumnya penyakit gigi dan masalah kesehatan gigi seperti diatas timbul karena kurang memperhatikan kebersihan gigi seperti rutin menyikat gigi.

Loading...

Cara menjaga kesehatan gigi tidak hanya dengan menggosok gigi saja, ada cara lain yang juga penting untuk Anda lakukan agar gigi sehat dan putih. Nah, pada kesempatan kali ini waras sehat akan membagikan beberapa tips merawat gigi dengan kebiasaan yang sederhana dan mudah. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, simak berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dengan Mudah

cara menjaga kesehatan gigi

Tentu Anda tidak ingin mempunyai gigi berlubang yang menimbulkan sakit gigi, atau gigi kuning dengan bau mulut yang tak sedap. Atau bahkan memiliki karang gigi yang tebal dan mengeras hingga susah untuk dihilangkan. Untuk mencegah dan mengatasinya maka perlu merawat gigi secara baik dan benar. Berikut ini cara menjaga kesehatan gigi dengan kebiasaan sederhana dan mudah, yaitu:

1. Rutin Menggosok Gigi

Loading...

Cara menjaga kesehatan gigi yang paling utama adalah menyikat gigi secara rutin dan teratur. Sikat gigi 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur. Dengan membiasakan menggosok gigi maka gigi akan sehat, kuat, putih dan mencegah sakit gigi. Penting juga memilih sikat gigi yang berbahan lembut karena akan mencegah terjadinya lecet pada gusi saat menyikat gigi. Berikut ini  cara menyikat gigi yang baik dan benar dan merawat gigi bolong, yaitu:

  • Sikatlah gigi Anda secara teratur setiap hari.
  • Gunakanlah sikat gigi yang lembut yang sesuai dengan bentuk gigi dan mulut Anda. Hindari menyikat gigi dengan cepat dan keras. Hal ini akan melukai mulut dan gusi Anda.
  • Oleskan pasta gigi merata pada seluruh bagian permukaan sikat. Jangan terlalu banyak atau pun terlalu sedikit.
  • Sikatlah secara menyeluruh ke bagian gigi, tak terkecuali bagian dalam atas bawah gigi.
  • Tempatkan posisi sikat kurang lebih 45 derajat pada pertemuan antara gusi dan gigi.
  • Gerakan sikat naik turun menjauhi gusi secara vertikal dengan sedikit penekanan dengan memutar gagang kurang lebih 120 derajat.
  • Sikat gigi minimal 3 menit setiap kali Anda menyikatnya.

Baca juga: 8 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Mudah dan Cepat Secara Alami

2. Hindari Makanan Panas dan Dingin

Tidak cukup dengan menyikat gigi secara rutin saja. Cara menjaga kesehatan gigi berikutnya yaitu dengan menjauhkan makan makanan yang panas atau makanan yang terlalu dingin. Hal tersebut akan merusak gigi karena akan menjadikan gigi keropos dan kuning. Membiasakan makanan panas atau dingin akan menimbulkan gigi yang  tidak kuat, mudah keropos dan berlubang.

3. Mengatur Konsumsi Gula

Cara menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang yaitu mengatur pola mengkonsumsi gula. Gula bisa menimbulkan penyakit gigi seperti gigi keropos dan gigi berlubang. Kandungan gula yang tinggi dapat ditemui pada minuman bersoda, permen, cokelat, dan lainnya. Minuman bersoda menjadi nutrisi untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Kalau pun komposisi minumannya tanpa gula, adanya asam sitrat dan fosfat hingga ph 2 atau keadaan sangat asam, akan menyebabkan penggerusan akar dan email gigi Anda.

Untuk mengurangi konsumsi gula, baik sukrosa maupun glukosa, khususnya dari produk-produk gula (permen). Sekarang telah tersedia bahan pemanis alami pelindung gigi, yaitu xilitol. Zat ini tidak bisa dimetabolisme oleh bakteri perusak gigi, maka senyawa asam tidak diproduksi sehingga PH permukaan gigi terpelihara. Nah, dengan mengurangi konsumsi gula seperti di atas merupakan cara menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat.

4. Mengunyah Permen Karet

Kebiasaan mengunyah permen karet merupakan salah satu cara merawat kesehatan gigi yang efektif. Disarankan untuk mengunyah permen karet yang berbahan pemanis xilitol. Xilitol merupakan kelompok gula alkohol yang menurut berbagai penelitian menyatakan bahwa xilitol bisa mencegah karies atau karang gigi. Selain mengunyah permen karet berkumur air garam juga ampuh mengatasi karang gigi karena terbukti manfaat garam untuk kesehatan gigi bisa mengatasi bau mulut dan plak pada gigi dan sekaligus menghilangkan gigi kuning menjadi putih berkilau. Demikian cara menjaga kesehatan gigi dengan kebiasaan sederhana agar gigi tetap sehat dan kuat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dalam Sekejap

 

Loading...

Leave a Comment