8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan mata secara alami agar tetap sehat. Mata atau indera penglihatan sangat penting untuk kita jaga kesehatannya, karena mata jelas sangat membantu kita dalam berbagai hal. Diantaranya mata membantu dalam bekerja, berkomunikasi dengan orang lain dan menikmati pemandangan di sekitar kita. Salah satu bentuk menjaga kesehatan mata yaitu melindungi mata dari pancaran sinar ultaviolet (UV), dari debu, angin dan cahaya yang terlalu kuat.

Loading...

Tidak hanya itu, cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan menjaga pola konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata, misalnya makanan yang mengandung antioksidan, seng, selenium, dan karotin. Makanan yang mengandung seng yaitu daging sapi atau domba, yang mengandung banyak selenium seperti pada ikan dan daging merah, dan makanan untuk menjaga kesehatan mata yang banyak kandungan karotin seperti bayam dan wortel. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami, simak berikut ini

4 Tips Mudah Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Hindari Cidera Mata

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan menghindari cidera mata.Cara menghindari cidera pada mata bisa dengan menggunakan kacamata pengaman saat bekerja, terutama jika Anda memiliki pekerjaan yang berisiko, seperti pekerja proyek bangunan, bengkel dan lain sebagainya. Jika benda asing masuk ke mata maka jangan dikucek, Lebih baik Anda gunakan air hangat yang steril untuk menghilangkan atau membersihkan benda asing tersebut. Jika cukup parah atau mengkhawatirkan maka segera periksakan ke dokter.

cara menjaga kesehatan mata

Loading...

2. Menjaga Mata Saat Menonton Tv

Menonton televisi sebenarnya aman bagi mata karena peregangan dan kontraksi otot mata tidak terlalu berlebihan dibandingkan dengan saat membaca atau di depan komputer. Namun penting dilakukan cara menjaga kesehatan mata di depan televisi agar mata aman dan sehat. Berikut ini adalah Tips menjaga kesehatan mata saat menonton TV, yaitu:

  • Atur pencahayaan  ruangan memadai atau tidak remang atau pun gelap.
  • Perhatikan jarak saat menonton televisi, jangan terlalu dekat.
  • Setel pencahayaan pada televisi jangan terlalu tajam pada warna kontras di layar.
  • Mengatur posisi televisi yang baik, usahakan sejajar dengan mata, sehingga saat menonton tidak harus mendongak atau membungkuk.

3. Menjaga Mata dari Radiasi Komputer

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer yang baik dan benar sangat penting untuk dilakukan. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa gelombang radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh layar monitor bisa menyebabkan gangguan pada mata, diantaranya kelelahan pada mata, mata kering dan penglihatan kabur. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer atau sejenisnya, melindungi dan merawat kesehatan mata menjadi penting. Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer, yaitu:

  • Pilih layar komputer yang tingkat radiasinya rendah, seperti layar LCD (Liquid Crystal Display).
  • Gunakan pelindung layar komputer (Screen Protector) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan oleh layar monitor komputer.
  • Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
  • Istirahatkan mata sejenak mata Anda, jangan terus paksa untuk berlama-lama di depan komputer.
  • Sering mengedipkan mata agar terhindar dari masalah mata kering karena sinar komputer.
  • Perbanyak konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata yang kaya vitamin A agar mata tetap sehat dan baik.

4. Mengkonsumsi makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan penting untuk diperhatikan agar mata tetap sehat dan baik dalam melihat. Penglihatan mata akan tetap baik jika banyak mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata seperti makanan yang banyak mengandung vitamin A. Selain Vitamin A, makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah jenis makanan yang mengandung vitamin c seperti jeruk dan lainnya. Dengan asupan vitamin C yang cukup akan bermanfaat menghindari penyakit katarak, gangguan kesehatan  mata minus dan gangguan lainnya. Berikut ini cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus dan terhindar  penyakit katarak  yaitu:

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Cepat Sesuai Penyebabnya

  • Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata dari gangguan kesehatan  mata minus dan katarak yaitu dengan makan dan minum vitamin C sebanyak 1000 mg setiap hari dan lebih baik mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari buah-buahan seperti jeruk dan lainnya.
  • Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus yaitu dengan  pemakaian kacamata pelindung untuk sinar ultraviolet atau kacamata tabir surya ketika Anda berada di luar ruangan saat matahari bersinar panas dan sangat cerah.
  • Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata minus lainnya yang memiliki kekuatan anti virus dan anti bakteri serta kandungan tinggi betakaroten, sehingga mencegah penyakit katarak. Salah satunya cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus adalah dengan makan pakchoy (sawi daging). Dengan makan semangkuk packchoy akan memenuhi kebutuhan betakaroten sehari. Demikianlah menjaga kesehatan mata minus yang penting untuk Anda lakukan.

4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Dalam merawat kesehatan mata setiap hari, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari masalah pada mata. Masalah atau gangguan mata yang sering atau umum dialami antara lain, mata lelah, mata sembap kantung mata, dan kerutan di sekitar mata. Berikut ini beberapa tips sehat cara menjaga kesehatan mata secara alami, yaitu:

1. Mengatasi Mata Lelah

Terlalu lama membaca atau lama menatap layar komputer atau televisi akan mengakibatkan mata menjadi lelah, untuk mengatasi mata lelah yang terjadi. Cara menjaga kesehatan mata dari mata lelah, adalah:

  • Ambil bongkahan kecil es batu, lalu usap merata pada kulit sekeliling mata. Cara ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga mata menjadi segar kembali.
  • Kompres mata dengan menggunakan mentimun, cara mengatasi mata lelah dengan mentimun sangat mudah. Caranya, ambil irisan mentimun, dengan posisi terbaring letakkan irisan mentimun tersebut pada kelopak mata yang tertutup rapat atau terpejam. Diamkan beberapa menit antara 30 menit hingga 1 jam. Dengan perawatan tersebut mata akan kembali segar dan mampu mengatasi mata lelah Anda.

2. Mengempeskan Kantung Mata

Saat mata lelah karena kurang tidur atau karena berada di depan layar komputer dan televisi dalam waktu yang lama menyebabkan kantung mata menjadi bengkak. Jika mengalami mata bengkak maka akan mengganggu penampilan Anda. Cara menjaga kesehatan mata dari mata bengkak bisa diatasi dengan cara yang mudah yaitu:

  • Istirahat yang cukup
  • Mengompres Mata dengan menggunakan teh basi atau bekas. Mengompres mata dengan teh basi dapat mengempeskan kantung mata. Pastikan kantung teh yang akan digunakan terlebih dahulu Anda peras dengan baik, sehingga tidak ada lagi air teh yang menetes, serta sudah dalam keadaan dingin. Lakukan dengan berkala dan rutin setiap hari, maka kantung mata bengkak akan segera kempes dan mata menjadi segar kembali.

3. Mengurangi Kerutan Kulit Sekitar Mata

Kerutan di sekitar mata selain akan mengganggu penampilan, juga akan mengganggu kenyamanan. Berikut ini langkah mudah cara menjaga kesehatan mata secara alami untuk mengatasi kerutan sekitar mata, yaitu:

  • Oleskan krim mata setiap malam sebelum tidur. Pilih produk cream mata yang mengandung antioksidan, kojic Acid, vitamin K yang berguna untuk mencegah dan mengatasi kulit kendur.
  • Cukup istirahat atau tidur. Sebaiknya waktu tidur malam Anda selama 8 jam hal ini ampuh mengatasi kerutan kulit sekitar mata untuk melakukan pergantian dan perbaikan jaringan sel kulit tersebut.
  • Rutin melakukan perawatan tersebut, karena untuk mengatasi kerutan kulit sekitar mata membutuhkan waktu yang tidak cepat atau instan.

4. Mengurangi Mata Sembap

Cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari masalah mata sembap bisa Anda lakukan dengan mudah. Mata sembap biasanya disebabkan oleh kurang tidur atau setelah menangis, dan berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi mata sembab, yaitu:

  • Gunakan masker mata yang mengandung ekstra hazelmut, bunga mawar atau bunga jagung yang ampuh mengatasi dan menghilangkan bengkak dan sembab.
  • Simpan masker mata tersebut dalam kulkas selama 20 menit.
  • Pindahkan dan tutup di tempat penguapan pakaian atau tempat pada suhu yang hangat.
  • Masker mata ini biasanya berbentuk kertas, maka tempelkan pada kelopak mata selama 10 sampai 15 menit.
  • Terakhir, menepuk berlahan bagian mata hingga kering. Anda bisa menambahkan dengan mengoleskan cream khusus mata ke sekitar mata Anda.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat alami. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyembuhkan Penyakit Mata Secara Alami Cepat Dan Mudah

 

Loading...

1 thought on “8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tetap Sehat”

Leave a Comment