12 Cara Merawat Mata dengan Baik dan Menjaganya Agar Tetap Sehat

Cara merawat mata dengan baik agar tetap sehat. Menjaga kesehatan mata sangat lah penting karena mata adalah indera yang membantu kita melihat sekeliling kita, membantu kita dalam melakukan aktivitas dan masih banyak hal lain tentang pentingnya fungi mata dalam kehidupan manusia. Merawat mata tidak hanya melakukan perawatan yang dilakukan seperti penggunaan mentimun untuk mata lelah, menghilangkan kantung mata dengan sendok dingin. Namun lebih dari itu dengan menjaganya dari efek buruk pola hidup kurang sehat merupakan usaha perawatan mata agar tetap sehat.

Loading...

Cara merawat mata bisa kita lakukan dengan menjaga kesehatannya seperti saat menonton tv atau saat di depan laptop atau komputer. Apalagi menonton tv dan melakukan aktivitas di depan laptop atau komputer sudah menjadi gaya hidup saat ini. Sebagian besar masyarakat banyak yang menghabiskan waktu bersamanya. Tanpa disadari ada dampak kurang baik yang disebabkan oleh layar tv dan laptop, sehingga kita perlu menjaga kesehatan mata kita. Nah agar lebih jelasnya tentang cara merawat mata agar tetap sehat saat kita menonton tv atau di depan komputer, berikut ini penjelasannya.

Cara Merawat  Mata Agar Tetap Sehat Saat Menonton Tv

cara menjaga mata tetap sehat

Sebenarnya menonton televisi atau tv aman bagi mata kita karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibandingkan saat kita membaca. Namun saat kita berlama-lama menonton tv dan bahkan menjadi kebiasaan yang sering dan lama melakukannya, akan membawa dampak buruk pada kesehatan mata kita. Untuk menghindari dampak negatif saat menonton televisi, berikut ini adalah cara merawat mata saat menonton televisi, yaitu:

1. Pencahayaan yang Cukup.

Pencahayaannya yang memadai adalah cara merawat mata yang benar saat menonoton televisi. tidak terlalu terang atau redup. Pencahayaan yang terlalu kuat atau terang dapat Anda kurangi dengan mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya jangan menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan ke televisi. Selain itu, usahakan benda di sekitar televisi berwarna netral.

Loading...

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tetap Sehat

2. Cahaya Ruangan Harus Terang

Cara merawat mata agar sehat selanjutnya adalah memperhatikan cahaya yang terang ruang untuk melihat televisi. Sebaiknya cahaya di ruangan tidak redup atau gelap. Ruangan yang gelap atau redup mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan, sehingga mengganggu kenyamanan mata. Warna di ruangan tidak menyesuaikan televisi, tetapi televisi yang menyesuaikan kondisi ruangan.

3. Jarak Menonton

Memperhatikan jarak saat menonton tv merupakan cara merawat mata agar terganggunya kesehatan mata seperti terkena minus. Perhatikan jarak saat menonton televisi. Sebaiknya jarak mata dengan televisi adalah 5 kali diameter layar televisi Anda. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. Jika Anda sering menonton tv dengan jarak yang dekat akan menimbulkan masalah dengan mata yaitu rabun jauh (myopia). Hal ini juga bisa terjadi pada anak-anak Anda.

4. Posisi Televisi

Mengatur posisi televisi sangat penting Anda lakukan.Pastikan posisi televisi Anda sudah diatur dengan baik. Sebaiknya posisi tv harus sejajar dengan mata, sehingga Anda tidak harus mendongak atau membungkuk saat menontonnya. Hal ini merupakan cara merawat mata agar tidak mengalami mata lelah. Anda juga bisa  memakai kacamata, gunakanlah kaca mata tersebut saat menontonnya.

Itulah beberapa tips cara merawat mata tetap sehat saat Anda menonton televisi. Selain tv ada perangkat elektronik lain yang mempunyai pengaruh pada mata kita saat kita di depannya yaitu komputer. Hal ini juga perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan mata. Apalagi Anda sering berlama-lama menggunakan komputer tersebut.

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dari Radiasi Komputer

Radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh layar monitor komputer bisa mengganggu kesehatan mata. Studi penelitian menyatakan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan kesehatan mata lainnya. Gangguan mata pada umumnya yang disebabkan radiasi layar komputer antara lain kelelahan mata, pandangan mata menjadi kabur, dan mata kering. Pada keadaan yang demikian maka perlu cara merawat mata agar tetap sehat dan mencegah mata lelah dan kering.

Masalah visual lainnya yang timbul adalah gangguan sakit kepala, dan sakit pada leher dan bahu. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer, ada cara menjaga mata tetap sehat dengan melindungi dan merawat mata Anda dari radiasi yang ditimbulkan layar komputer Anda. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan sebagai cara merawat mata agar tetap sehat dari radiasi komputer, yaitu:

1. Gunakan Pelindung Layar Komputer (screen protector)

Cara merawat mata agar tetap sehat saat di depan laptop atau komputer yaitu dengan cara menggunakan pelindung komputer. Hal ini bertujuan agar  mengurangi pancaran radiasi dari layar komputer. layar komputer memiliki radiasi yang bisa menyebabkan gangguan mata seperti mata lelah, bahkan bisa menyebabkan minus jika terlalu berlama-lama menatap layar komputer atau laptop.

2. Pilih Layar Komputer yang Memiliki Radiasi Rendah

Cara merawat mata yang baik yaitu dengan menggunakan layar yang rendah radiasinya. Anda bisa memilih atau menggunakan layar laptop yang mendukung kesehatan mata yaitu  layar LCD. Penggunaan layar LCD pada laptop atau komputer terbukti lebih baik dibandingkan layar yang menggunakan tabung (CTR) yang nyata tinggi radiasinya pada mata yang bisa menjadi pemicu mata minus.

3. Atur Jarak Mata

Sama seperti cara merawat mata untuk terhindar dari efek buruk televisi. Penggunaan laptop juga harus memperhatikan jarak antara mata dan komputer Anda. Atur jarak pandang mata dengan monitor. jarak idealnya minimum mata dengan komputer adalah 45 cm.

4. Atur Posisi Layar

Cara merawat mata agar tetap sehat meski sering menggunakan komputer adalah dengan menyesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit pada leher. Selain itu bila monitor terlalu tinggi, akan mengganggu pasokan udara yang menyuplai ke otak. cara menjaga mata tetap sehat di depan monitor adalah posisi yang sejajar antara mata dan monitor komputer.

5. Atur Pencahayaan Monitor

Cara merawat mata yang baik saat di depan komputer yaitu dengan menyesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata Anda. Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak bagus untuk kesehatan mata. Pencahayaan terlalu terang akan menyebabkan silau, sedangkan terlalu buram akan membuat mata bekerja lebih keras, yang menyebabkan kelelahan mata. Cobalah sesuaikan kecerahan dan kontras monitor komputer Anda.

6. Istirahatkan Mata

Istirahatkan mata beberapa saat adalah cara merawat mata agar tetap sehat saat di depan komputer. Jangan terus menerus melihat monitor komputer, sediakan waktu untuk mengendorkan mata dan mengistirahatkan mata. hal ini merupakan cara menjaga mata tetap sehat yang bermanfaat untuk mengurangi kepenatan mata. Cobalah sejenak pandangi suasana sekitar Anda, misalnya dengan melihat sejenak keindahan langit biru atau memandang ruangan lain.

7. Berkedip

Seringlah mengedipkan mata merupakan cara merawat mata agar tetap sehat saat di depan komputer agar tidak kering. Jika Anda jarang mengedipkan mata, akan menyebabkan mata kering. karena itu cara menjaga mata tetap sehat di depan komputer dengan sering mengedipkan mata Anda. Hal ini karena mengedipkan mata maka akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar keseluruh kornea mata untuk menjaga agar mata tetap lembab dan jernih.

8. Mengkonsumsi Vitamin A

Cara merawat mata tetap sehat dari radiasi komputer adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin A, agar mata tetap dalam kondisi yang baik. Asupan vitamin A bisa Anda dapatkan pada buah-buahan, seperti wortel. Demikianlah cara merawat mata tetap sehat dari monitor baik televisi maupun komputer. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya dan salam sehat!!

Baca juga: Penyebab, Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasinya

Loading...

6 thoughts on “12 Cara Merawat Mata dengan Baik dan Menjaganya Agar Tetap Sehat”

  1. Thanks infonya…ia kadang sy kl lg update artikel malam2…kadang suka lelah matanya…karena tatap layar komputer lama n pencahayaan kurang…

    • sama-sama mas jimmy. Perlu juga rehatkan sebentar dengan beranjak dari depan laptop untuk sekedar melihat lihat sekelilingnya, kayak lihat kebun penuh bunga hihi

  2. Ternyata kebiasaan bergadang sampai larut malam mengakibatkan kelelahan dan kerusakan mata, wah meski di hindari nih,,,

    Thank’s informasinya…

  3. Assalamu’alaikum…. Aku sering main game, terkadang mata ku lelah… Dan kini aku mengalami rabun jauh/miopia,
    Nah… Aku tidak tau cara untuk mengobati mataku, tolong bantu aku untuk mengobati mataku…!
    Sekian dari saya, terimakasih…. Mohon bantuannya kak…! Wassalamu’alaikum…!

    • wa’alaikum salam, ada banyak artikel disini yang membahas tentang tentang rabun jauh yang bisa dibaca. Silahkan search di kata kunci rabun jauh, terimakasih.

Leave a Comment