6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Jahat di Dalam Darah Secara Alami

Cara menurunkan kadar kolesterol Tinggi dan jahat dalam darah secara alami. Kolesterol tinggi masih menjadi sesuatu yang sangat menakutkan karena bisa mengakibatkan kematian. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap menjadi sehat. Namun jika kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/ LDL) di dalam darah tinggi maka akan menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. Kolesterol jahat yang tinggi di dalam darah dapat mengakibatkan penyakit seperti sirkulasi darah buruk, stroke dan penyakit jantung.

Loading...

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat memiliki kesamaan yaitu dengan menghindari makanan pantangan kolesterol. Disebut kolesterol tinggi jika mempunyai kadar kolesterol melebihi batas normal, yaitu 200 mg/dl, Untuk mengetahuinya maka dibutuhkan pengecekan rutin dan berkala agar menghindari risiko penyakit buruknya. Pada dasarnya untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dan baik sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan pola hidup sehat sehari-hari. Pola hidup sehat yang bisa mengendalikan kadar kolesterol seperti tidak merokok, tidak minum beralkohol, menghindari makanan pantangan kolesterol seperti  junk food dan teratur berolahraga. lalu bagaimana jika kadar kolesterol sudah tinggi, maka Anda perlu mengetahui cara menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh dengan Cepat Secara Alami

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Diantaranya dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol generik yang di jual di apotik. Namun jika bagi Anda yang tidak menyukai menggunakan obat-obatan kimia maka ada pilihan yang lebih menyehatkan yaitu cara menurunkan kadar kolesterol dengan obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat.

cara menurunkan kadar kolesterol

Cara menurunkan kadar kolesterol alami masih dianggap aman penggunaannya dibandingkan dengan obat-obatan kimia seperti obat penurun kolesterol generik. Hal ini karena dalam obat generik mengandung bahan kimia yang tentu akan berdampak kurang sehat jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Kurangi obat penurun kolesterol generik dan Mulailah dengan penyembuhan dengan obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang ampuh yang bisa Anda coba.

Loading...

Bagaimana cara mengurangi kadar kolesterol tinggi di dalam darah?. Ada beberapa tips untuk menurunkan kolesterol dengan cepat secara alami, dan berikut caranya:

1. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga, Menurut penelitian para ahli kesehatan, tubuh manusia sangat sulit mengeluarkan kolesterol. Agar kadar kolesterol tidak menumpuk maka yang harus Anda lakukan adalah memaksanya keluar. Caranya dengan banyak melakukan aktivitas fisik. Lakukan olahraga minimal 20 menit setiap hari. Berolahraga secara teratur bermanfaat ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi. Saat olahraga gula digunakan sebagai sumber energi oleh otot, ketika gula habis maka lemak yang digunakan untuk energi. Dengan lemak digunakan sebagai energi maka kolesterol jahat pun akan berkurang.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda jadikan sebagai obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat, dan berikut adalah jenis olahraga penurun kolesterol tersebut,yaitu:

  • Berjalan. Berjalan kaki merupakan aktivitas yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Berjalan adalah aktivitas latihan aerobik yang berguna untuk meningkatkan penggunaan oksigen dan paru-paru. Semua jenis aktivitas yang menggunakan energi akan menurunkan kolesterol.
  • Berlari. Berlari sama jenisnya dengan berjalan yaitu olahraga atau latihan jenis aerobik. Berlari bisa menurunkan kadar kolesterol dengan meningkatkan kerja jantung. Aturlah nafas Anda saat berlari dengan teratur, dan hindari berbicara saat melakukan lari agar lebih bagus hasilnya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.
  • Bersepeda. Menurut hasil penelitian bahwa bersepeda sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan membakar kalori, dan bersepeda adalah termasuk jenis olahraga yang menyenangkan untuk mengurangi tingkat stres juga.
  • Berenang. Jenis olahraga penurun kolesterol lainnya adalah berenang. Selain berenang bisa memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tinggi dan tegap, berenang juga bisa mengatasi masalah tulang yang dialami. Selain itu, berenang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Waspadai 5 Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

2. Menjaga berat badan ideal dan sehat.

Berat badan yang berlebihan atau gemuk merupakan salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Dan cara yang paling ampuh menurunkan kadar kolesterol akibat badab gemuk adalah dengan menurunkan berat badan menjadi ideal. Untuk mengurangi berat badan bisa Anda lakukan dengan diet sehat atau mengkonsumsi kopi hijau.

3. Mengkonsumsi Makanan Penurun Kolesterol.

Banyak mengkonsumsi jenis makanan penurun kolesterol yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum, sereal dan buncis. Selain itu konsumsi juga susu, keju, krim asam, dan yogurt rendah lemak, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan ikan. Cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan makanan dan minuman. Semua buah dan sayur mengandung serat. Jadi, semua buah dan sayuran mampu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol dan vitamin C pada buah berkhasiat mengatur keseimbangan kolesterol. Untuk jenis buah tersebut bisa Anda jadikan jus penurun kolesterol.

4. Menghindari Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Selain Anda mengkonsumsi jenis makanan penurun kolesterol, Anda sebaiknya juga memperhatikan jenis makanan penyebab kolesterol tinggi untuk Anda hindari atau mengurangi dalam mengkonsumsinya. Makanan yang wajib dihindari oleh penderita kolesterol tinggi antara lain seperti kentang goreng, makanan cepat saji lainnya, sosis, daging babi, hotdog, kue, kue kering dan hidangan pencuci mulut lainnya.

Hindari penyebab kolesterol tinggi seperti lemak jenuh, yang terdapat pada daging atau produk hewan lainnya. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah meskipun makanan berlemak jenuh diberi label “bebas kolesterol”. Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi lainnya yaitu dengan Menghindari makanan penyebab kolesterol seperti produk hewani seperti, susu, daging,mentega, dan keju.

Mengurangi makanan penyebab kolesterol yang mengandung lemak jenuh pada produk  nabati. seperti, santan dan minyak kelapa. Tinggi rendahnya kadar kolesterol tidak dipengaruhi oleh faktor usia. Dan sangat dianjurkan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dengan sebanyak tidak melebihi 250 gram. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman penyebab kolesterol seperti alkohol, karbohidrat dan lemak jenuh dalam makanan.

5. Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan penurun kolesterol. Anda bisa membuatnya menjadi jenis jus penurun kolesterol. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang sangat dianjurkan memakannya  seperti, apel, jambu biji dan pir, alpukat, anggur, kedelai, bawang putih, teh hijau. buah penurun kolesterol paling ampuh seperti jambi biji, pir dan alpukat bisa anda membuatnya menjadi jus penurun kolesterol tinggi

6. Mengolah Makanan yang Benar

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi dengan buah, sayuran dan jenis makanan penurun kolesterol lainnya di atas, maka disarankan Anda memperhatikan dalam memasak atau mengkonsumsinya. Jangan menggoreng makanan Anda, tapi masaklah dengan menggunakan microwave, direbus, dipanggang, atau dibakar. Untuk sayuran yang kaya vitamin C, cukup Anda rebus setengah matang. Kalau sampai matang, maka vitamin C nya akan hilang.

Perlu Anda  memperhatikan cara pengolahan dan penyajian makanan penurun kolesterol seperti buah dan sayur tersebut supaya zat-zat penting di dalamnya tidak menjadi hilang. Dalam memasak harus diperhatikan lama pemasakan dan panas yang digunakan. begitu pula dalam mengupas buahnya.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan  Makanan penurun kolesterol

Buah-buahan dan sayuran termasuk jenis makanan yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami.  Buah dan sayur memiliki khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia serta bebas kandungan kolesterol. Dengan banyak mengkonsumsinya maka kolesterol bisa kembali normal dan badan semakin sehat.

Untuk memperoleh manfaat cara menurunkan kadar kolesterol dengan buah dan sayur, maka perlu diperhatikan dalam pengupasan, sebaiknya tidak membuang terlalu banyak bagian kulitnya. Karena bagian dekat permukaan kulit tersebut banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting. Beberapa buah-buahan yang termasuk makanan penurun kolesterol yang sangat dianjurkan memakannya dengan kulitnya seperti, apel, jambu biji dan pir.

Ada pun cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan buah dan sayur, yaitu dengan Anda membuatnya menjadi jus penurun kolesterol banyak konsumsi alpukat, anggur, kedelai, bawang putih, teh hijau dan ikan laut. Selain itu, Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang baik Anda konsumsi sebagai cara menurunkan kadar kolesterol Anda. Yaitu bawang putih, tempe, ikan, bubur gandum, teh, dan alpukat. Demikianlah pembahasan singkat tentang bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol Anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. salam sehat!!

Baca juga: Daftar Jenis Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Loading...

2 thoughts on “6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Jahat di Dalam Darah Secara Alami”

  1. saya mesti terkena penyakit kolestrol yang tinggi dan saya ingin menemukan solunya apa?

Leave a Comment