Cara Menyeduh Teh Hijau yang Paling Benar Untuk Diet dan Kesehatan

Cara menyeduh teh hijau yang paling benar untuk diet dan kesehatan. Teh hijau (green tea)terkenal manfaatnya untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, teh yang disebut juga green tea memiliki khasiat yang luar biasa dalam menurunkan berat badan. Oleh karenanya minum teh hijau menjadi salah satu program diet yang dilakukan oleh banyak orang. Agar mendapatkan semua manfaat baik untuk diet dan kesehatan maka tak boleh sembarangan saat membuatnya sendiri. Ada aturan yang harus diikuti agar memaksimalkan khasiatnya.

Loading...

Dengan mengetahui cara menyeduh teh hijau yang benar maka kualitas teh hijau akan tetap baik dan manfaatnya pun bisa benar-benar maksimal. Membuat teh hijau sendiri di rumah dengan benar juga akan menjadikan aroma khas teh hijau akan terjaga dan nikmat untuk diminum. Biasanya jika dibuat asal saja maka akan terasa terlalu pahit, rasa pahit memang rasa alami dari teh hijau. Namun dengan takaran air seduhan yang pas dan lamanya menyeduh dapat mengurangi rasa pahit tersebut.

Apakah bolehkah teh hijau ditambah gula agar manis?. Boleh saja, gunakan gula jawa atau gula merah agar tidak mengurangi khasiat dari teh hijaunya. Namun untuk menyeduh teh hijau untuk diet sebaiknya jangan menambahkan gula sebagai pemanis. Untuk lebih jelasnya tentang aturan dan cara menyeduh teh hijau yang benar maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Aturan dan Cara Menyeduh Teh Hijau yang Benar

Cara menyeduh teh hijau berkualitas tinggi, tidak pahit dan lebih nikmat maka perlu penyeduhan yang benar. Dengan membuat teh hijau yang benar maka aroma dan rasa teh hijau yang khas akan tetap terjaga. Menyeduh teh hijau tidak hanya menyeduh teh hijau kering ke dalam air panas kemudian meminumnya. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai cara menyeduh teh hijau yang baik dan benar, yaitu:

1. Siapkan Air dan Teh Hijau

Loading...

Langkah pertama dalam membuat teh hijau yaitu menyiapkan air untuk menyeduh dan teh hijaunya. Ada hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan tentang air yang digunakan. Disarankan untuk air sebaiknya memakai air dalam kemasan yang disterilkan atau air yang benar-benar baik. Jangan menggunakan air dari ledeng yang memiliki bau karena akan mempengaruhi aroma dan rasa dari teh hijaunya. Selanjutnya air yang digunakan untuk menyeduh teh hijau tidak boleh mendidih, gunakan air dengan temperatur 70-sampai 80 derajat celcius (Air dalam termos). Menggunakan air mendidih atau terlalu panas bisa menyebabkan teh hijau akan berasa sangat pahit.

Baca juga: Cara Membuat Teh Hijau Sendiri yang Baik dan Benar Untuk Diet

Selain itu cara menyeduh teh hijau yang benar harus memperhatikan jumlah air untuk menyeduh teh hijau. Untuk 1 kantong teh celup maka air yang sebaiknya untuk menyeduh yaitu 200 cc (1 gelas belimbing). Jika Anda menggunakan teh kering maka gunakanlah 1oo cc untuk setiap 2 gramnya dan berlaku untuk kelipatannya. Misalnya jika Anda memakai 1 sendok teh hijau kering maka kisaran air yang dibutuhkan untuk menyeduh adalah 100 sampai 150cc.

2. Waktu Menyeduh

Cara menyeduh teh hijau yang benar selanjutnya yaitu dengan memperhatikan berapa lama sebaiknya teh hijau diseduh?. Menyeduh teh hijau terlalu lama maka akan berpengaruh pada khasiat, aroma dan rasanya. Biasanya terlalu lama menyeduh teh hijau akan membuat warna menjadi lebih pekat dan pahit. Pertama ambil teh kering atau teh hijau celup kemudian masukkan ke dalam cangkir dan tuangkan air panasnya selama 3 menit. Untuk teh hijau kering (tidak dikemas celup) setelah 3 menit diseduh maka saring dan ambil air teh hijaunya saja. Gunakanlah cangkir dari keramik untuk seduhan teh hijau karena lebih baik dibandingkan dengan menggunakan gelas dari kaca atau bahan lainnya.

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau yang Benar Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment