cara menyembuhkan amandel

18 Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Cepat Secara Alami

Cara menyembuhkan amandel dengan cepat secara alami.  Amandel merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Namun, jika tidak diobati akan sangat mengganggu. Amandel atau tonsil adalah jaringan limfatik yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Letak amandel berada di belakang bagian tenggorokan.

Loading...

Fungsi Amandel merupakan penghasil antibodi yang membantu Anda untuk melawan infeksi dari sistem pernafasan. Ukuran amandel semula kecil saat bayi, dan tumbuh menjadi besar seiring dengan bertambahnya usia. Pada umur 10 sampai 12 tahun, amandel biasanya akan menyusut. Seseorang mengalami penyakit amandel atau radang amandel, manakala amandel tersebut terinfeksi virus atau kuman. Penyakit radang amandel ini disebut dengan tonsilitis.

Penyebab Amandel

Penyakit amandel terjadi disebabkan oleh virus, bakteri dan zat makanan yang dikonsumsi. Jika penyebabnya dari makanan, biasanya makanan tersebut mengandung zat kimia seperti pengawet dan penyedap makanan. Bahan tersebut mengakibatkan infeksi saat dimakan. Selain itu, makanan panas dan gorengan juga bisa menjadi penyebab amandel.

Cara Menyembuhkan Amandel Secara Tradisional

cara menyembuhkan amandel

Loading...

Gejala Amandel biasanya ditandai dengan pembengkakan pada amandel, adanya bercak warna putih pada amandel,  batuk, sakit kepala, mengalami demam, sakit saat menelan makanan pada saat itulah tanda radang amandel terjadi. Radang amandel biasanya menyerang anak anak antara umur 3 sampai 7 tahun. Radang amandel ini tidak berbahaya kecuali terjadi pembengkakan atau inflamasi yang terjadi pada amandel. Dalam keadaan ini akan berakibat terganggunya sistem pernafasan pada anak. Pada anak-anak umumnya terjadi kisaran 3 sampai 4 kali dalam setahun.

Nah, Ada beberapa cara menyembuhkan amandel pada anak anak yaitu dengan menggunakan Ramuan tradisional. Berikut ini jenis buah untuk amandel dan cara penyembuhannya.

1. Mengkudu Dan Madu

Mungkudu merupakan jenis buah yang mempunyai manfaat untuk menyembuhkan amandel, berikut adalah caranya: siapkan 2 buah mengkudu dan madu murni secukupnya. Peras buah mengkudu lalu saring, ambil perasan mengkudu tambahkan sedikit air panas. Campurkan madu murni dan aduk hingga tercampur rata. Kumur sebelum meminumnya, lakukan 3 kali sehari.

2. Jeruk Nipis Dan Kapur Sirih

Cara mengobati amandel selanjutnya yaitu dengan menggunakan ramuan sirih dan jeruk nipis. Adapun bahan bahannya adalah 3 buah jeruk nipis dan kapur sirih secukupnya. Cara meramunya: Peras jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian tambahkan kapur sirih secukupnya lalu aduk rata. Minum ramuan ini malam sebelum tidur, lakukan berturut-turut selama 3 hari.

Baca juga: Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami Cepat Tanpa Operasi

3. Kulit Manggis

Kulit manggis bisa berguna sebagai obat amandel. Siapkan 15 gram kulit manggis dan 2 sedok teh minyak permen. Cara meraciknya cukup mudah, Rebus kulit manggis dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. Kemudian campurkan minyak permen aduk sampai rata. Gunakan untuk berkumur lalu telan, lakukan rutin 3 kali sehari hingga sembuh.

4. Jahe Merah

Apakah anda mengenali minuman bandrek ? Minuman ini sangatlah menyegarkan tenggorokan. Paling cocok jika diminum dikala cuaca dingin, apalagi diminum bagi seorang penderita flu, pilek atau yang sedang mengalami infeksi saluran pernafasan bagian atas.
Minuman bandrek terbuat dari jahe merah, sangat baik untuk penderita radang amandel karena bersifat anti peradangan, anti bakteri dan anti virus. Mengkonsumsi 1 gelas air rebusan jahe merah ditambah 2 sendok makan madu murni di waktu pagi dan sore sangat baik untuk mengobati amandel.

5. Echinacea

Echinacea memurnikan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang menargetkan sistem limfatik. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit karena amandel. Echinacea juga merangsang sel-sel darah putih, sehingga sebaiknya hanya digunakan selama sakit dan tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.

6. Buah Mengkudu

Pace atau buah mengkudu seringkali dijadikan jamu. Khasiatnya sudah terbukti untuk menumpas ragam penyakit seperti hipertensi, diabetes militus dan sebagainya termasuk amandel. Namun, tak semua orang menyukainya karena aroma bau dari buah mengkudu. Jika anda ingin sembuh dari radang amandel, mengkudu sangat tepat dijadikan obat amandel.

Ambil 2 buah mengkudu masak. Kemudian potong kecil. Rendam dengan air hangat selama 10 menit. Kemudian blender halus dengan 1 gelas air. Minum air sarinya ditambah 2 sendok madu murni setiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

7. Bawang putih

Obat herbal kuno ini telah digunakan selama ribuan tahun. Bawang putih digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena memiliki antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral sehingga efektif memerangi pilek, flu dan radang amandel.

Orang-orang yang menggunakan bawang putih menunjukkan waktu pemulihan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak. Salah satu cara untuk menggunakan bawang putih untuk mengobati tonsilitis adalah dengan membuat teh herbal. Rebus dua siung bawang putih dalam satu cangkir air selama 5 menit. Diamkan sesaat dan didihkan selama 10 menit lebih. Angkat dan saring bawang putih dan tambahkan madu untuk mempermanisnya.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat praktis digunakan. Harga ekonomis dan mudah didapatkan di pasar swalayan. Untuk menyembuhkan amandel, anda dapat mengkonsumsi air perasan jeruk nipis.
Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 3 buah jeruk nipis tua. Kemudian peras dan ambil sarinya. Seduh dengan 1 gelas air hangat di campur 2 sendok makan madu murni. Minum secara rutin diwaktu pagi, siang dan malam hari.

9. Cayenne, Madu dan Lemon

Campuran madu, lemon, dan cabai Cayenne dapat meringankan rasa sakit dan peradangan amandel. Cayenne dapat mengurangi pembengkakan dan bertindak seperti antiseptik. Sementara madu dan lemon bisa mengurangi rasa nyeri saat menelan.

Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Buah

Buah buahan untuk penderita amandel. Selain mengobati amandel secara alami seperti di atas, Anda juga bisa mengobati amandel dengan mengkonsumsi buah buahan. Berikut ini jenis buah sebagai obat amandel, yaitu:

1. Nanas

Kandungan Buah nanas kaya vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan. Selain itu pada nanas terdapat enzim protese yang berfungsi sebagai pemecah protein, dan nanas juga memiliki serat yang tinggi. Dengan kombinasi kandungannya tersebut nanas mampu mencegah dan menyerang virus dan bakteri penyebab amandel.

2. Jeruk

Jeruk Merupakan buah yang mengandung  vitamin C tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara teratur berkhasiat untuk menghambat dan mencegah penyakit amandel yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

3. Sirsak

Sirsak memiliki senyawa seperti acetogenins, anonol, gentisic acid dan masih banyak lagi. Dari senyawa itulah buah sirsak mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Dengan imun yang kuat maka tubuh akan menyerang bakteri atau virus yang akan menyebabkan radang amandel.

Tips Mempercepat Penyembuhan Amandel

cara yang bisa dilakukan untuk mengobati amandel.

1. Banyak Istirahat

Banyak beristirahat akan membantu sistem pengobatan, lepas dari penyakit yang tengah dialami. Beristirahatlah di siang hari serta istirahat pada malam hari selama 8 jam.

2. Minuman Hangat

Minuman yang hangat membantu menghangatkan tenggorokan hingga perlahan-lahan mengempiskan pembengkakan amandel.

3. Larutan Garam

Larutan garam tak hanya menyembuhkan gusi bengkak dan sakit gigi, tapi juga amandel yang digunakan sebagai obat kumur.

4. Makan Makanan yang Lembut

Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan.

5. Minum Pereda Nyeri

Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

6. Banyak Minum

Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi.

Demikianlah info cara menyembuhkan amandel secara alami dengan cara tradisional dan menggunakan buah. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Penyebab Amandel Dan Pencegahannya Secara Alami

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *