5 Cara Menyembuhkan Batuk dan Flu dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat

Cara menyembuhkan batuk dan flu dengan cepat dan alami tanpa obat. Batuk merupakan serangkaian gejala yang terjadi dari seminggu yang disertai dengan flu, hidung tersumbat, tenggorokan gatal serta demam, karena infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA, namun tidak menurun ke saluran pernafasan bagian bawah.

Loading...

Cara menyembuhkan batuk dan flu dengan cepat bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan di apotik, dan hal itu yang paling umum dilakukan banyak orang. Namun tahukah Anda, tidak harus selalu mengkonsumsi obat batuk dan flu berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping kurang baik untuk kesehatan. Ada banyak cara menyembuhkan batuk dan flu tanpa harus minum obat-obatan kimia. Diantaranya dengan melakukan cara alami yang dengan mudah bisa dikerjakan dengan mudah di rumah.

Cara Menyembuhkan Batuk dan Flu Secara Alami

cara menyembuhkan batuk dan flu

Batuk dan flu atau pilek merupakan jenis penyakit yang setiap orang pernah mengalaminya. Faktor penyebab batuk dan pilek antara lain virus dan pengaruh cuaca. Cuaca dingin berubah menjadi panas atau sebaliknya akan berpengaruh seseorang akan terserang penyakit batuk yang disertai flu. Khususnya bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang fit maka sangat gampang terserang sakit tersebut. Nah, jika saat ini Anda sedang mengalami batuk dan flu, berikut ini cara menyembuhkan batuk dan flu secara alami tanpa obat, yaitu:

1. Perbanyak minum air putih

Loading...

Cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat adalah dengan banyak minum air putih. Batuk dan flu dengan frekuensi yang meningkat mengakibatkan  Anda kehilangan cairan, untuk mengatasinya dengan banyak minum air putih.  Untuk cara menyembuhkan batuk dan flu dengan cepat yaitu Bagi pria sebaiknya minum 13 gelas ( 3 liter air) untuk  perempuan sebaiknya 9 gelas (2,2 liter) dengan banyak minum air putih,  supaya  tubuh  tidak dehidrasi, tenggorokan  tidak mengalami iritasi , mengencerkan sekresi lendir dan membuat Anda lebih enak badan secara keseluruhan.

Baca juga: 4 Manfaat Bawang Putih Untuk Batuk Berdahak dan Pilek Secara Alami

2. Minum Air Hangat

Cara menyembuhkan batuk dan flu yang alami selanjutnya yaitu sering minum air hangat. Penelitian menyatakan bahwa dengan minum air hangat bisa mengurangi sekresi lendir di tenggorokan, meringankan batuk dan flu dan mengencerkan dahak. Cobalah minum sup hangat, teh hangat, atau kopi yang hangat.

3. Minum Lemon dan Madu

Minum perasan lemon dan madu merupakan cara menyembuhkan batuk dan flu yang ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan minum perasan buah lemon campur dengan madu. Berikut ini cara mengobati batuk dan pilek dengan lemon dan madu, yaitu:

  • Campur perasaan setengah potong buah lemon dengan 1 gelas air hangat ditambah madu 2 atau 3 sendok.
  • Aduk sampai tercampur rata dan minum secara berlahan. Dengan rutin meminum ramuan ini, maka akan berguna menyembuhkan batuk dan flu secara alami dan cepat.

4. Makan Buah-buahan

Cara menyembuhkan batuk dan flu yang enak dan menyenangkan yaitu dengan mengkonsumsi buah. Buah-buahan yang berkhasiat meredakan batuk dan flu  adalah buah yang banyak mengandung vitamin C seperti pepaya, belimbing dan  jeruk nipis. Pepaya berkhasiat  meredakan  demam yang terjadi selama batuk dan juga dapat mengurangi lendir pada tenggorokan. Belimbing juga mampu mengurangi lendir yang berlebih, memperbaiki kekebalan tubuh dan mengatasi flu. Jeruk nipis baik meningkatkan daya tahan tubuh, dan berfungsi sebagai anti radang dan dapat menyembuhkan infeksi pernafasan yang disebabkan oleh virus.

5. Minum Jus Buah

Jenis buah yang baik sebagai obat batuk dan flu antara lain pepaya, belimbing, dan jeruk nipis. Dengan membuatnya menjadi minuman terbukti ampuh mengobati batuk yang disertai flu. Cukup dengan buat jus dengan mengkombinasi ke tiganya atau salah satunya. Agar lebih jelasnya berikut ini cara menyembuhkan batuk dan flu dengan jus buah, yaitu:

Jus pepaya dan belimbing

Cara pertama yaitu dengan membuat jus dari kombinasi pepaya dan belimbing. Cara menyembuhkan batuk dan flu dengan minum jus pepaya dan belimbing terbukti mujarab. Nah, berikut ini cara membuat jus pepaya dan belimbing untuk batuk dan flu, yaitu:

  • Siapkan bahan-bahannya yaitu: 150 gram pepaya kupas buang bijinya, 200 gram belimbing, buang bijinya.
  • Campurkan pepaya dan belimbing dalam blender dan haluskan. setelah halus jus siap untuk diminum.
  • Minum 2 sampai 3 kali sehari selama batuk dan flu.

Jus jeruk nipis

Cara menyembuhkan batuk dan flu yang alami dengan jus buah selanjutnya yaitu dengan rutin minum jus jeruk nipis. Dengan rutin meminumnya akan mengeluarkan dahak dan lendir saat batuk dan pilek. Berikut ini cara membuat jus jeruk nipis untuk batuk dan flu yaitu:

  • Siapkan bahan-bahannya, yaitu: 150 gram jeruk  nipis atau seperempat gelas perasan jeruk nipis, 1 sendok teh garam halus.
  • Campur perasan jeruk nipis dan garam, aduk hingga rata, lalu anda minum, cara meminumnya dengan dikumur selama 1 menit kemudian baru ditelan, pada awalnya akan terasa panas, namun akan hilang.
  • Ulangi 2 sampai 3 kali sebaiknya habiskan jus ini, lakukan 1 sampai 2 kali sehari selama 3 hari.

Saran : Sebaiknya jangan minum jus ini, Jika Anda penderita gangguan lambung, lansia dan anak dibawah umur 6 tahun.Demikianlah cara menyembuhkan batuk dan flu secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

Leave a Comment