Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Alami dan Cepat

Cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering secara alami dan cepat. Batuk merupakan masalah yang paling umum sering diderita oleh semua orang dan usia, baik anak kecil, dan orang dewasa. Jenis batuk baik batuk kering maupun batuk berdahak tentu akan sangat mengganggu serta membuat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas atau sedang istirahat. Pada batuk ringan yang paling sering terjadi saat tubuh terserang virus influenza.

Loading...

Sebelum mengetahui cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering secara alami, ada baiknya Anda mengetahui jenis batuk dan penyebabnya. Secara umum ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Penyebab batuk pada umumnya disebabkan karena polusi udara seperti asap kendaraan, debu, asap rokok. Disamping itu mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi dan batuk seperti gorengan, dan minuman yang besoda dan minuman dingin. Selain itu, penyebab batuk bisa disebabkan penyakit lain seperti alergi, infeksi saluran pernafasan,  TBC, dan jenis kondisi penyakit lain.

Batuk bukan penyakit yang berbahaya. Namun, apabila batuk tidak diobati secara tepat sehingga terjadi secara terus-menerus bisa menyebabkan gejala penyakit lain yaitu seperti penyakit TBC, asma, bronkitis,  pneumonia  dan penyakit pertusis atau biasa disebut sebagai batuk rejan. Biasanya, batuk dapat menyebabkan penderitanya mengalami gatal di tenggorokan, napas yang terengah, sesak napas, demam tinggi, kehilangan nafsu makan, bahkan batuk yang parah akan mengakibatkan keluarnya darah saat batuk. Nah, bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering dengan cepat dan alami, simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Kering Dengan Cepat dan Alami

cara menyembuhkan batuk

Semua masalah batuk tersebut baik itu berdahak atau kering merupakan kondisi ketika paru-paru berusaha melawan infeksi atau mengeluarkan zat asing yang mengganggu saluran pernafasan. Ada beberapa langkah pengobatan batuk berdahak dan kering. Salah satunya dengan memanfaatkan obat alami dari tanaman herbal dan bahan alami. Selain itu ada banyak macam metode yang bisa dilakukan sebagai penyembuhan batuk tersebut. Berikut ini adalah kumpulan cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering secara alami dan langkah pengobatan secara tradisional, antara lain:

Loading...

1. Jeruk nipis

Cara mengobati batuk berdahak dan kering serta gatal di tenggorokan bisa diobati dengan membuat ramuan herbal alami yaitu jeruk nipis. Cara tradisional penyembuhan batuk berdahak dan kering dengan jeruk nipis terbukti ampuh menyembuhkannya. Berikut ini cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering dengan jeruk nipis, yaitu:

  • Peras jeruk nipis dan ambil airnya, satu sendok kecap manis atau satu sendok madu dicampur dan diaduk sampai rata.
  • Kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.
  • Cara lainnya untuk mengobati batuk berdahak dan kering yaitu Siapkan satu buah jeruk nipis dan dibelah jadi dua, lalu balurkan kapur sirih di bagian jeruk yang terbelah kemudian bakar sampai berbuih.
  • Peras jeruk nipis dan ambil airnya lalu tambahkan gula batu aduk sampai tercampur rata.
  • Minum air perasan jeruk nipis tersebut.

2. Jahe

Cara alami mengatasi batuk kering dan gatal di tenggorokan bisa dengan menggunakan ramuan jahe yang ditambah bahan alami lain seperti lemon dan madu. Jahe mengandung bahan flavonoid yang bisa membantu melegakan saluran pernafasan dan rasa nyaman untuk tenggorokan. Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara Madu memberi berbagai jenis vitamin dan mineral yang menjadi sumber bahan antioksidan. Cara menyembuhkan batuk kering dengan jahe yang disertai gatal ditenggorokan yaitu dengan membuat satu gelas air hangat yang dicampur dengan madu, air perasan jeruk lemon dan sepotong ruas jahe.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Batuk dan Flu dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat

3. Daun sirih

Daun sirih merupakan bahan herbal yang bisa dibuat menjadi obat alami untuk batuk berdahak. Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan daun sirih cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian dicampur dengan beberapa irisan jahe lalu direbus hingga mendidih. Minumlah air rebusan tersebut sekali sehari secara teratur supaya batuk berdahak Anda segera sembuh dan tubuh Anda tetap sehat.

4. Jahe merah

Jahe merah merupakan obat alami batuk yang ampuh. Dengan meramu secara tradisional mampu mengatasi batuk kering dan gatal . Cara menyembuhkan batuk kering dengan jahe merah sangat mudah. Caranya kupas jahe merah hingga bersih lalu cuci dengan air. Kemudian, kunyahlah jahe merah tersebut dan telan airnya sedangkan ampasnya dibuang.

5. Gula merah dan asam jawa

Campuran gula merah dan asam jawa bisa menjadi obat alami batuk berdahak dan kering yang ampuh dan cepat. Cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering dengan gula merah yaitu dengan menyiapkan 10 daging buah asam jawa dan gula merah secukupnya diseduh menggunakan air panas. Aduk hingga rata dan minumlah selagi masih hangat.

6. Kencur

Kencur adalah bumbu dapur yang bermanfaat untuk menyembuhkan batuk batuk berdahak dan kering. Dengan meramunya secara tradisional akan menjadi obat alami batuk yang ampuh. cara membuat obat batuk herbal dari kencur yaitu dengan menambahkan jahe. Berikut cara menyembuhkan batuk kering dan berdahak dengan kencur, yaitu:

  • Siapkan kencur dan jahe secukupnya
  • Haluskan dengan cara diparut.
  • Rebus parutan kencur dan jahe sampai mendidih, lalu saring dan buang ampasnya.
  • Minumair rebusan yang telah disaring tersebut hangat
  • Minumlah secara rutin dua kali sehari secara teratur.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering dengan alami dan cepat. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang sedang mengalami gangguan batuk. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Loading...

Leave a Comment