Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

Cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar agar tahan lama. Menyimpan makanan seperti buah, sayuran di kulkas berguna agar tetap awet segarnya danĀ  menghindari cepat layu dan busuk. Mengawetkan makanan di dalam kulkas memiliki teknik dan aturan yang dianjurkan seperti apa saja yang bisa disimpan di kulkas, bagimana dengan cara menyimpan bahan makanan yang telah diolah atau menyimpan makanan matang dan lainnya. Jika yang Anda lakukan asal memasukkan makanan begitu saja ke kulkas maka bisa dipastikan makanan tersebut tidak akan awet dan cepat basi atau layu.

Cara menyimpan makanan di kulkas yang baik itu harus melihat jenis makanannya, apakah itu jenis sayuran, buah-buahan, makanan matang atau bahan yang diolah. Beda jenis makanannya maka beda pula cara yang dilakukan untuk menyimpannya. Nah, Bagi ibu-ibu atau wanita yang ingin mengetahui bagaimana cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Baik dan Benar

cara menyimpan makanan di kulkas

Mengawetkan bahan makanan di kulkas sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan para wanita atau ibu-ibu, bahkan sebagaian pria pun biasa melakukannya. Nah, seperti apa tips cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar agar awet, tidak mudah layu dan tahan lama segarnya, yaitu:

1. Atur Suhu Kulkas

Keadaan suhu di dalam kulkas sangat mempengaruhi awet tidaknya makanan yang dimasukkan. Oleh karena itu, cara menyimpan makanan di kulkas agar tidak cepat basi dan segar maka Anda atur suhu di dalam kulkas yaitu 4 derajat celcius. Suhu kulkas dengan ukuran tersebut akan bermanfaat menghambat pertumbuhan bakteri (enzimatik). Ukuran harus pas jangan kurang atau lebih, jika diset lebih dari 4 derajat maka akan membentuk kristal es yang membuat susah memasukkan makanannya.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

2. Pakai Penutup Makanan

Cara menyimpan makanan di kulkas yang benar selanjutnya yaitu dengan selalu menutup makanan. Seperti diketahui bahwa udara di dalam kulkas adalah udara yang kering. Udara kering inilah yang bisa membuat makanan cepat kering, cepat menjadi lunak. Bahkan bisa menghilangkan kandungan penting pada makanan tersebut.

3. Jangan Isi Penuh

Tidak mengisi ruang kulkas secara penuh dan saling campur merupakan cara menyimpan makanan di kulkas yang benar dan baik. Pastikan selalu ada ruang cukup untuk antar makanan yang bisa membuat udara bebas atau sirkulasi menjadi baik, dengan begitu suhu akan merata.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Hewani Tinggi serta Manfaatnya

4. Gunakan Termometer

Menggunakan termometer penting dilakukan untuk mengecek suhu kesegaran pada rak-rak dalam kulkas. Dengan termometer tadi bisa diketahui mana bagian yang paling dingin, dan sedang. Nah, menjadi salah satu cara menyimpan makanan di kulkas yang benar dengan tidak meletakkan jenis sayuran berdaun lebar dan buah berkulit lembut pada bagian rak paling dingin. Diantara jenis sayur yang daun lebar itu seperti selada, caisim dan sejenisnya. Sedangkan buah yang berkulit lembut tipis dan lembut seperti pepaya dan sejenisnya.

5. Buang Makanan yang Lama

Cara menyimpan makanan di kulkas kadang menjadi kurang baik manakala seseorang kurang memperhatikan kebersihannya dengan membiarkan makanan lama. Makanan lama tersebut dibiarkan tersimpan padahal sudah tidak dikonsumsi lagi. Hal itu menyebabkan ruang kulkas menjadi bau tak sedap dan tidak sehat. Oleh karena itu bersihkan kulkas secara berkala dengan membuang makanan seperti buah dan sayur yang sudah tidak akan dikonsumsi lagi.

6. Mengetahui Pendingin dan Pembeku

Supaya dapat melakukan cara menyimpan makanan di kulkas yang benar dan baik maka penting buat Anda mengetahui antara pendingin dan pembekuan. Ternyata ada perbedaan pendinginan dan pembekuan dalam menyimpan makanan di kulkas. Pendingin adalah penyimpanan bahan pangan atau bahan makanan yang telah diolah di atas suhu pembekuan bahan yaitu antara -2 sampai -10 derajat celcius. Sedangkan, Pembekuan adalah penyimpanan bahan pangan dalam keadaan beku yaitu pada suhu -12 sampai -24 derajat celcius,

Cara menyimpan makanan di kulkas untuk pembekuan cepat bisa dilakukan pada suhu -24 sampai -40 derajat celcius. Pendingin biasanya dapat mengawetkan bahan makanan selama beberapa hari atau seminggu, tergantung pada macam bahan pangannya. Sedangkan pembekuan dapat mengawetkan bahan pangan untuk beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun, perbedaan pendinginan dan pembekuan adalah dalam hal pengaruh terhadap keaktifan mikroorganisme di dalam bahan pangan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menyimpan makanan di kulkas yang benar dan baik agar tahan lama. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, salam sehat!!

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Terbaik

Related Posts

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali