Tips Mudah Cara Merawat Kaki Agar Putih Mulus Secara Alami

Tips mudah cara merawat kaki agar putih mulus secara alamiPerawatan kaki perlu Anda lakukan, agar kaki menjadi sehat, bersih, tidak pecah-pecah. Kaki merupakan organ tubuh yang digunakan untuk penyangga tubuh saat berjalan. Hal itu menyebabkan kaki mudah terkena kotoran, baik debu, tanah, maupun kotoran lainnya. Oleh karena itu, perlu perawatan kaki di rumah agar kaki tetap bersih.

Loading...

Cara merawat kaki agar putih dan tidak pecah-pecah bisa Anda lakukan dengan mudah dengan melakukan perawatan kaki di rumah, atau dengan menggunakan bahan alami. Kaki termasuk bagian tubuh yang mudah kusam dan gelap karena panas sinar matahari dan debu, maka perlu untuk Anda lakukan perawatan kaki di rumah setiap hari. Pada kesempatan ini, waras sehat akan berbagi tips cara merawat kaki agar putih mulus tidak pecah-pecah.

Beberapa Tips Sederhana Bagaimana Cara Merawat Kaki Anda

Wanita yang peduli pada kecantikan dan kesehatannya, pasti akan memperhatikan kesehatan dan kebersihan kaki. Tidak hanya wanita, hal ini juga berlaku untuk pria. Berikut ini langkah-langkah perawatan kaki di rumah yang bisa Anda kerjakan, adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Pedicure Sendiri Di Rumah Secara Alami

1. Menjaga Kebersihan Kaki

Loading...

Cara merawat kaki agar putih dan sehat yaitu dengan menjaga  agar kaki Anda selalu bersih. Menggosok kaki setiap hari dengan menggunakan sikat khusus kaki, atau spoon halus. Gunakan juga batu apung untuk membersihkan bagian kasar pada kaki, seperti daerah tumit. Setelah kaki dicuci, keringkan kaki baik-baik dengan handuk atau kain, khususnya pada sela-sela kaki. Dengan rutin dan teratur melakukannya maka kaki akan terlihat putih mulus dan tidak pecah-pecah.

cara merawat kaki

2. Rendam kaki

Cara merawat kaki selanjutnya yaitu dengan merendam kaki Anda dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan larutan antiseptik. Hal ini bertujuan agar menghilangkan kuman-kuman pada kaki. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam, ini berguna untuk melancarkan peredaran darah pada kaki.

3. Pakai Alas Kaki Dan Kaos Kaki

Jika Anda berada di luar rumah, pakailah selalu alas kaki seperti sandal atau sepatu untuk menghindari kuman dan kotoran pada kaki Anda, kenakan juga kaos kaki jika diperlukan. Pemakaian kaos kaki salah satu cara merawat kaki hitam agar menjadi putih, karena kaos kaki menghindarkan efek panas sinar matahari langsung pada kulit kaki. Kaos kaki yang bagus untuk digunakan adalah yang berbahan katun, karena bahan jenis katun bahan yang baik dalam menyerap keringat. Ganti dan cuci kaos kaki Anda setiap hari secara teratur. Jika Anda memakai sepatu, pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai.

4. Pijat Kaki

Cara merawat kaki Anda juga perlu melakukan pijatan. Setelah mandi, pijat kaki dengan lotion (handbody), ini berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah pada kaki Anda. Gunakan lotion dengan bahan alami seperti bengkoang untuk merawat kaki hitam menjadi lebih putih. Bagi Anda yang memiliki kulit kaki hitam maka untuk lotion yang digunakan sebaiknya yang berbahan alami untuk memutihkan kulit sehingga mendapat manfaat ganda. Untuk melancarkan aliran darah pada kaki dan merawat kaki hitam Anda.

Cara Merawat Kaki Untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dan Kering

Perawatan kaki kering dan pecah pecah perlu dilakukan. Wanita yang sering beraktivitas di luar ruangan sangat rentan mengalami kaki yang kering dan pecah-pecaht. Penyebab dari kaki pecah-pecah dikarenakan sel-sel kulit mati pada kaki, terutama di jari dan telapak kaki seringkali tak terkelupas dan menumpuk. Penumpukan inilah yang menjadi pemicu kaki menjadi pecah-pecah.

Selain itu penumpukan sel kulit mati tersebut mengakibatkan kulit kaki menjadi kasar dan kusam. bagaimana perawatan kaki kering dan pecah pecah?. Gunakanlah produk pelembut kulit kaki, seperti foot scrub gel, yang banyak dijual di pasaran. Kaki pecah-pecah bisa diatasi dengan Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk perawatan kaki kering dan pecah pecah secara alami  secara tradisional yaitu  dengan batu apung.  Gosok tumit kaki yang pecah-pecah dengan sikat atau batu apung. Setelah itu, oleskan getah pepaya muda pada kulit kaki yang pecah-pecah tersebut.

Cara Merawat Kaki Untuk Mengatasi Jamur Kaki

Salah satu gangguan kesehatan kaki yang sering kita temui adalah serangan jamur. Ada dua jenis jamur yang sering menyerang kulit kaki. yaitu, jenis candida dan dermatofita. Jamur candida lebih banyak menyerang sela-sela jari kaki, sedangkan dermatofita menyerang pada telapak dan punggung kaki. Pada punggung kaki , dapat juga diserang jamur. Jamur yang tumbuh berbentuk kaos kaki sehingga disebut tipe moccasin foot. Gejala serangan jamur ini adalah kaki menjadi kering dan bersisik putih, lecet dan warna kemerahan, atau basah.

Selain pada punggung kaki, jamur juga bisa tumbuh pada kuku kaki. Hal ini akan menyebabkan kerusakan kuku kaki. Cara merawat kaki untuk mengatasi jamur yaitu dengan menjaga kebersihan, jauhkan kaki dari kondisi selalu lembab dan basah dan gunakan salep anti jamur. Penggunaan salep ini bisa Anda lakukan pada malam hari sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal setelah Anda oleskan pada kakai lalu pakailah kaos kaki.

Cara Merawat Kaki Kering dan Kusam Secara Alami

Perawatan kaki agar tidak kering bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit kaki. Ada beberapa bahan alami yang memiliki manfaat tersebut, yaitu:

1. Susu Mentah

Cara merawat kaki agar tidak kering yaitu dengan menggunakan bahan yang sederhana. Bahan yang satu ini akan membantu mengatasi kaki kusam dan kering dengan ampuh. Oleskan susu mentah pada kulit kaki kering dan kusam secara merata, pijat lembut dan diamkan beberapa menit agar meresap pada kulit. Bilas dengan air bersih.

2. Lemon dan Garam

Cara merawat kaki agar tidak kering selanjutnya dengan menggunakan campuran lemon dan garam. Caranya cukup mudah, yaitu Campurkan perasan lemon dengan sejumput garam, oleskan pada kaki. Gosok dengan lembut beberapa menit kemudian bilas. ramuan lemon dan garam ini akan membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kering dan kusam pada kaki Anda. Tidak hanya pada kaki saja, Anda juga bisa menggunakannya pada kulit tangan.

3. Jeruk dan Susu

Campuran jeruk dan susu berkhasiat ampuh untuk mengatasi kaki kering dan kusam. cara merawat kaki dengan jeruk dan susu tidak sulit. Caranya, Anda siapkan wadah dan tuangkan sekitar 60 ml susu dan campur rata dengan bubuk kulit jeruk. Aduk perlahan hingga menjadi kental. Oleskan pada kaki yang kering dan kusam dan diamkan selama 20 sampai 25 menit. Bilas menggunakan air hangat, selesai.

Ramuan alami ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit tangan yang kering dan kusam. Lakukan secara rutin maka kulit akan terlihat cerah, lembut dan sehat. Demikianlah pembahasan tentang cara merawat kaki agar sehat dan bersih. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Dengan Alamiah

 

Loading...

Leave a Comment