Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

Tips cara merawat kulit wajah secara alami agar awet muda dan putih. Memiliki wajah putih dan bersih bukan berarti harus melakukan perawatan wajah yang mahal. Bahan-bahan alami dari buah dan sayuran bisa membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, putih dan awet muda. Selain bahan alami tergolong murah harganya, menggunakan bahan alami juga aman dibandingkan dengan produk kecantikan yang berbahan kimia.

Loading...

Meskipun cara merawat kulit wajah secara alami terbilang murah, hasil yang didapat tidak kalah dengan bahan kimia. Selain itu, hasilnya tidak cepat. Butuh ketelatenan dan rutin perawatannya. Ada banyak macam tips perawatan wajah secara alami. Dan pada kesempatan kali ini, waras sehat akan membagikan cara merawat kulit wajah agar putih dan awet muda dengan menggunakan buah dan sayuran sebagai bahan-bahannya.

Tips Cara Merawat Kulit Wajah Agar Cantik, Putih dan Bersih

Siapa sih yang tak ingin tampil dengan wajah yang selalu terlihat menarik dan awet muda. Bohong jika Anda tidak menginginkannya khususnya para wanita. Untuk memperoleh tampilan kulit wajah idaman Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal seperti melakukan perawatan kulit wajah di salon. Anda bisa menerapkan sendiri cara merawat kulit wajah secara alami yang hasilnya tidak kalah dengan perawatan-perawatan wajah modern anti penuaan seperti operasi plastik atau penyuntikan botok.

cara merawat kulit wajah
Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

Agar hasil yang baik tentu harus mengetahui prakteknya. Perawatan kulit wajah ini yaitu dengan perawatan dari dalam dan luar. Dan berikut pembahasannya secara lengkap tentang bagaimana tampil lebih menarik dengan tampilan wajah yang putih bersih dan cantik. Oke, langsung saja dibawah ini adalah langkah-langkah tips cara merawat kulit wajah secara alami, yaitu:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Loading...

Untuk mendapatkan kesehatan kulit khususnya kulit wajah maka jangan Anda malas membersihkannya. Kadang yang sering terjadi, wanita masih bermake up saat tidur malam. Ini adalah kebiasaan buruk yang tidak boleh Anda lakukan karena hal tersebut akan mencegah proses regenerasi kulit wajah, membuat pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan masalah jerawat dan komedo. Maka perlu rajin membersihkan wajah setiap akan tidur sebagai cara merawat kulit wajah agar tetap sehat. Waktu ideal untuk membersihkan sisa make up adalah pada malam hari menjelang tidur. Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda yang biasa Anda gunakan seperti sabun pembersih wajah.

2. Menggunakan Tabir Surya

Hal yang penting lainnya pada cara merawat kulit wajah agar putih adalah penggunaan tabir surya. Kita tahu bahwa cuaca di negara kita adalah kawasan yang yang selalu mendapatkan sinar panas matahari sepanjang tahun. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memakai tabir surya saat ingin beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya yang sebaiknya Anda gunakan adalah yang mengandung SPF yang cukup. Ini adalah salah satu cara perawatan kulit wajah agar tetap awet muda dengan mudah.

3. Menggunakan Masker Alami

Selain menggunakan tabir surya, langkah selanjutnya dengan memakai masker yang Anda bisa buat sendiri. Hal ini sangat penting sebagai cara merawat kulit wajah agar sehat. Dengan masker alami ini, kulit akan mendapatkan cukup nutrisi jika Anda melakukannya secara teratur dan rutin dua minggu sekali. Masker alami ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan, antara lain madu, telur, susu beras, buah-buahan atau yang lainnya seperti lidah buaya.

4. Scrubbing

Sangat penting juga sebagai langkah terahir yaitu scrubbing. Manfaat scrubbing ini antara lain untuk mengangkat atau pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat bersih, segar dan lebih elastis. Setelah scrubbing jangan lupa menggunakan pelembab wajah supaya tidak menjadikan kulit wajah menjadi kering. Nah, itulah 4 langkah mudah cara merawat kulit wajah agar putih, bersih dan bercahaya serta awet muda.

Perlu di ingat, selain melakukan 4 tahap cara merawat kulit wajah tadi, Anda juga harus menjaga pola makan sehat. Konsumsilah makanan sehat gizi seimbang dengan cara memperbanyak konsumsi sayuran dan buah sebagai menu harian Anda. Karena dengan makan sayur dan buah akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah dan kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa  agar selalu tersenyum agar terhindar dari stres yang akan berpengaruh pada kesehatan kulit juga.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara alami dengan Masker Pisang

Ada cara mudah merawat wajah yaitu dengan menggunakan buah pisang. Mungkin sebagaian dari Anda belum mengetahui, cara dan manfaatnya perawatan wajah dengan pisang ini. manfaat masker pisang untuk kulit ternyata sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat masker pisang untuk wajah dan cara merawat kulit wajah menggunakan pisang.

Manfaat Masker pisang sangat baik untuk kulit Anda. Sebelum kita bahas tentang cara membuat masker pisang untuk wajah, ada baiknya Anda mengetahui juga apa saja manfaat masker pisang ini. Nah, Diantara manfaat pisang untuk wajah adalah untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah, mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, dan menghilangkan sel kulit mati. Kandungan vitamin E pada buah pisang cukup tinggi, hal inilah yang membuat pisang bermanfaat untuk kulit Anda. yuk, simak cara merawat kulit secara alami dengan pisang.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Agar Putih Secara Alami Dalam Waktu Singkat dan Cepat

Cara membuat masker pisang untuk perawatan kulit wajah secara alami sangatlah mudah. Caranya, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu 3 buah pisang, 1 buah lemon dan 2 sendok teh madu. Cara membuatnya: Anda siapkan wadah yang bersih, kupas buah pisang dan buang bagian tengahnya. Lumatkan atau hancurkan daging buah pisang tersebut hingga menjadi bubur halus. Peras lemon dengan takaran satu sendok makan perasan lemon. Campurkan juga madu dan aduk hingga tercampur rata. Diamkan beberapa menit sebelum digunakan. Langkah terakhir cara merawat kulit wajah dengan pisang adalah cara pemakaiannya.

Cara menggunakan masker pisang sangatlah mudah. Hal ini sama seperti Anda menggunakan masker pada umumnya.  Terlebih dahulu bersihkan wajah Anda, lalu oleskan masker pisang merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa menit sekitar 25 sampai 30 menit Setelah terasa kering, basuh menggunakan air hangat dan kemudian bilas menggunakan air dingin. Cara merawat kulit wajah yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Dengan rutin menggunakannya 2 minggu sekali, maka kulit Anda akan lebih putih, segar dan kencang.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami dan Manfaatnya Bagi Kulit

Perawatan wajah alami kulit wajah banyak macamnya. Anda tidak hanya bisa menggunakan manfaat buah pisang saja. Ada cara lain untuk perawatan wajah secara alami yaitu dengan menggunakan manfaat herbal dari tumbuhan dan buah. Berikut ini adalah jenis tanaman herbal dan bahan lain yang bisa digunakan sebagai cara merawat wajah secara alami agar kulit putih.

1. Bengkoang

Selain buah pisang, Anda juga bisa menggunakan buah bengkoang sebagai cara  merawat wajah agar putih bersinar. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa manfaat bengkoang memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. hal ini dikarenakan di dalam bengkoang banyak mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Manfaat bengkoang untuk kulit wajah antara lain dapat menghilangkan bekas noda hitam pada wajah, mencerahkan kulit kusam. Anda dapat memanfaatkan bengkoang untuk kulit wajah dengan membuatnya menjadi masker. Caranya sama dengan cara menggunakan pisang di atas.

2. Susu

Bahan berikutnya sebagai cara merawat wajah secara alami yaitu menggunakan susu. Perawatan wajah untuk mendapatkan kulit yang putih bersih identik dengan penggunaan susu. Manfaat susu untuk wajah yaitu dapat menyegarkan kulit wajah yang kusam dan cerah alami. Selain itu, juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penggunaan susu untuk wajah sangat mudah, yaitu Anda cukup menggunakan beberapa tetes susu yang kemudian dioles pada kulit wajah secara merata dengan menggunakan kain lembut. Diamkan antara 20 sampai 25 menit dan bilas menggunakan air bersih. Cara merawat wajah ini, sebaiknya Anda gunakan pada malam hari sebelum tidur.

3. Kentang

Perawatan wajah secara alami selanjutnya dengan menggunakan kentang. Manfaat kentang untuk kulit adalah sebagai pemutih alami. Kentang memiliki zat pemutih alami hal itulah yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit Anda. Penggunaan kentang ini cukup mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi pasta atau bubur dengan diblender. Bersihkan kentang dan blender hingga halus, tambahkan madu secukupnya lalu oleskan pada kulit wajah. Tunggu hingga mengering dan bilas menggunakan air hangat. Cara merawat kulit wajah dengan kentang ini akan menjadikan wajah putih dan bersih dengan teratur pemakaiannya.

4. Jeruk Nipis

Buah yang rasanya asam ini, ternyata bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Bagaimana cara merawat kulit wajah agar putih dengan jeruk nipis ini?. Pemakaian jeruk nipis untuk wajah dengan digunakan sebagai campuran bahan-bahan lain. Misalnya dengan madu atau dengan pisang dan yang lainnya. Jeruk nipis merupakan pemutih wajah yang ampuh karena padanya terkandung vitamin C. Selain dapat memutihkan wajah, Buah ini juga bisa mengecilkan pori-pori secara alami. Itulah 4 buah dan bahan alami yang bisa memutihkan wajah secara alami.

Tips Merawat Kulit Wajah Secara alami

Biar komplit berikut ini, waras sehat akan membagikan juga tips-tips perawatan kulit wajah. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan cara merawat kulit wajah secara alami agar lebih cepat hasilnya dan maksimal.

  • Melakukan steam. Untuk steam atau penguapan, lagi lagi Anda tidak perlu ke salon. Cukup di rumah saja menggunakan bahan alami yang aman. Penguapan wajah sendiri di rumah dengan menggunakan air panas yaitu rebus air hingga panas, kemudian masukkan beberapa irisan lemon atau jeruk nipis dan tuangkan pada wadah yang lumayan lebar. Dekatkan wajah ke air panas tersebut. Lakukan selama 10 sampai 20 menit secara teratur setiap minggu. Manfaat steam untuk wajah yaitu mencegah pori-pori kulit tersumbat, membersihkan kulit dari kotoran dan debu dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.
  • Pemakaian masker alami. Sebaiknya cara merawat kulit wajah gunakanlah bahan alami. Produk  yang di pasaran tidak menjamin 100 persen alami. Adapun bahan alami yang bisa Anda gunakan antara lain buah persik, aprikot, stroberi dan blueberry. Pilih salah satu jenis buah tadi dan tumbuk. Campurkan dua sendok makan yogurt dan satu sendok teh madu. kemudian dinginkan selam 1 sampai 2 jam. lalu oleskan pada wajah dan bilas. Perawatan wajah alami ini akan membuat wajah berseri dan bercahaya.
  • Bahan bahan berikut ini bisa Anda jadikan masker, yaitu bunga teratai dengan tambahan susu dan madu, jeruk dengan campuran susu bubuk, Apel dengan madu, stroberi dengan air mawar. Selain itu mentimun dengan tetesan madu, madu dengan tambahan lemon atau jeruk nipis dan lidah buaya.

Demikianlah pembahasan tentang tips cara merawat kulit wajah secara alami agar awet muda dan putih bercahaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Melakukan Facial Wajah Sendiri di Rumah yang Benar

Loading...

1 thought on “Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih”

  1. bahan2 perawatn wajah sangat mudah seperti jeruk nifis, kentang, madu, bengkoang dan buah-buhan lainnya.
    jangan malas merawat wajah ya shayyyy.

Leave a Comment