8 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Baik dan Benar dengan Mudah

Cara Merawat Rambut Secara Alami yang baik dan benar dengan mudah. Perawatan rambut perlu dilakukan secara teratur agar mencegah rambut menjadi kering, rontok, dan rusak. Tidak hanya untuk wanita saja, merawat rambut juga perlu dilakukan oleh pria agar rambut menjadi sehat. Selama ini perhatian kita langsung tertuju pada salon setiap mendengar perawatan kecantikan. Sebenarnya perawatan rambut tidak perlu di salon, Anda bisa merawat rambut sendiri dengan benar di rumah.

Loading...

Cara merawat rambut secara alami yang baik  bisa dilakukan dengan mudah dan tentu saja hemat. Lain halnya jika kita melakukan perawatan ke salon yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, pada kesempatan ini waras sehat akan membagikan beberapa langkah-langkah mudah tentang cara merawat rambut secara alami agar sehat.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Sendiri di Rumah dengan Mudah

cara merawat rambut secara alami

Memiliki rambut indah, hitam berkilau dan sehat adalah idaman semua orang baik pria ataupun wanita. Sama seperti merawat bagian tubuh seperti kulit, perawatan rambut juga membutuhkan perhatian terus menerus agar tidak menjadi rusak dan bermasalah. Diantara masalah rambut yang sering dialami oleh wanita seperti rontok, rambut bercabang dan lainnya. Untuk menghindarinya maka perlu tahu perawatan rambut yang benar. Berikut ini cara merawat rambut secara alami yang benar dan mudah, yaitu:

1. Pola Hidup Sehat

Loading...

Cara merawat rambut secara alami agar sehat yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat. Ternyata kebiasaan melakukan  pola hidup yang tidak sehat, tanpa kita sadari membawa pengaruh pada kesehatan rambut. Seperti merokok atau kurangnya olahraga dan ditambah dengan stres. Hal tersebut akan mengurangi kesehatan rambut. Maka pola hidup sehat akan berdampak baik pada kesehatan rambut. Berhenti melakukan kebiasaan merokok, dan olahraga teratur, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Semua hal tersebut akan membuat rambut semakin sehat.

Baca juga: Cara Mencuci Rambut Yang Benar Agar Rambut Sehat Menawan

2. Istirahat yang Cukup

Termasuk cara merawat rambut secara alami adalah dengan tidur nyenyak setiap malam. Jangan biasakan membawa beban pikiran sebelum tidur, karena hal itu akan menyebabkan tidur Anda terganggu, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Sehingga rambut Anda menjadi kusam.

3. Hindari Bahan Alkohol

Penting dalam cara merawat rambut secara alami yaitu dengan menghindari semua jenis produk untuk rambut yang berbahan kimia, seperti alkohol dalam kadar yang tinggi. Alkohol dengan kadar tinggi seperti pada produk pewarna rambut akan membuat rambut menjadi rusak, rontok dan bercabang. Selain itu, akan menjadikan rambut menjadi kering dan kusam. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghitamkan rambut seperti dengan menggunakan minyak kemiri atau dengan kulit kentang.

4. Jangan Mengoles Kulit Kepala

Cara merawat rambut secara alami dan benar yaitu dengan mencegah bahan-bahan penata rambut menempel pada kulit kepala. Dengan mengoleskan produk penata rambut langsung di kulit kepala akan menutupi pori-pori kulit kepala yang bisa menyebabkan iritasi, gatal-gatal dan rambut menjadi bercabang dan rusak.

5. Keramas

Keramas merupakan cara merawat rambut secara alami agar rambut menjadi sehat, hitam berkilau. Keramaslah secara teratur dengan menggunakan shampo berkualitas baik dan gunakan conditioner setelah keramas. Jika Anda hobi berenang, sebaiknya keramas langsung setelah selesai berenang dan pakailah conditioner.

Baca juga: Tips Hijab Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok Dan Tetap Sehat

6. Menggunakan Sisir Kayu

Cara merawat rambut secara alami yang benar yaitu dengan gunakanlah sisir yang terbuat dari kayu. Sisir dengan bahan kayu ini bagus untuk menjaga agar rambut Anda tidak mudah rontok. Selain itu jaga kebersihan sisir Anda dengan mencuci sisir rambut menggunakan sabun atau shampo secara teratur. Jangan lupa tentang cara menyisir yang benar yaitu selalu menyisir rambut dengan arah ke bawah.

Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Benar dengan Bahan Alami

Untuk menjaga kesehatan rambut agar sehat dan aman, perlu memperhatikan penggunaan bahan-bahan yang digunakan sebagai perawatan rambut. Untuk membuat rambut sehat dengan aman yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk perawatannya. Banyak bahan alami yang bisa berguna dan memiliki manfaat yang baik untuk rambut. seperti buah alpukat dan pisang. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara merawat rambut secara alami dengan bahan alami, yaitu:

1. Alpukat

Cara merawat rambut secara alami dengan bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan buah avokad. Buah yang disebut juga dengan alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Buah ini direkomendasikan untuk daya hydrating dan kaya protein. Salah satu manfaatnya adalah untuk merawat rambut secara alami agar lembut dan menawan. Cara merawat rambut dengan alpukat sangat mudah dan aman, yaitu:

  • Haluskan satu buah avokad yang sudah matang
  • Campurkan satu sendok makan perasan atau jus lemon, satu sendok teh garam laut, satu sendok makan lidah buaya yang di haluskan seperti pasta.
  • Sisirkan ramuan tersebut di rambut Anda menggunakan jari.
  • Tutup rambut dengan plastik dan handuk, diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Buka rambut yang telah dilembabkan, bilas dengan air.
  • Bersihkan dengan menggunakan shampo dan bilas sekali lagi untuk mendapatkan hasil rambut lembut dan menawan.

2. Pisang

Selain buah alpukat, buah pisang  sering digunakan untuk perawatan rambut. Cara merawat rambut secara alami dengan pisang tidaklah sulit dan tidak butuh banyak uang untuk perawatan tersebut. Nah, agar lebih jelasnya berikut ini cara merawat kulit secara alami dengan pisang, yaitu:

  • Aambil beberapa potong pelepah pisang, korek, dan ambil cairannya.
  • Gunakan cairan tersebut untuk membasahi kulit kepala secara merata.
  • Lakukan setiap hari selama 20 hari. Hal itu akan menjadikan rambut Anda lebih sehat dan lembut.

Sebagai tambahan cara merawat rambut secara alami yaitu selain untuk rambut, buah pisang juga bisa untuk pelembab kulit wajah Anda. Caranya ambil satu buah pisang ambon yang sudah masak. Lalu hancurkan, tambahkan sedikit minyak zaitun. Gunakan ramuan tersebut untuk bedak. Anda tertarik untuk mencobanya?

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat rambut secara alami yang baik dan benar dengan mudah. Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan herbal Alami

Loading...

Leave a Comment