9 Cara Merawat Wajah Agar Sehat Putih (Tidak Kusam) dan Awet Muda Secara Alami

Cara merawat wajah agar sehat putih (tidak kusam) dan awet muda secara alami. Kulit wajah yang putih, cerah, dan kenyal merupakan ciri kulit yang sehat dan awet muda. Hal itu tentunya menjadi keinginan setiap orang baik pria dan khususnya para wanita. Namun masalah kesehatan kulit wajah sering diabaikan sehingga menjadi kusam, berminyak, berjerawat dan lainnya. Padahal untuk perawatan kulit wajah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah, sederhana dan murah. Maka salah, jika ada anggapan merawat wajah itu butuh banyak biaya. Nah, jika Anda ingin memiliki wajah yang putih dan awet muda sebaiknya lakukan perawatan rutin dan teratur setiap hari.

Loading...

Cara merawat wajah agar sehat dan putih bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke klinik kecantikan. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayur untuk dibuat masker wajah, dan masih banyak lagi lainnya. Agar lebih jelas tentang bagaimana cara merawat wajah agar sehat putih dan awet muda, simak yang berikut ini.

Cara Merawat Wajah Agar Sehat dan Putih Secara Alami

cara merawat wajah agar sehat

Kurang memperhatikan perawatan wajah akan membuatnya menjadi kusam, suram dan nampak tua. Tentu hal itu bisa menjadi permasalahan serius khususnya bagi wanita. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat kulit wajah menjadi tidak sehat, kusam dan terlihat gelap antara lain, malas cuci muka sebelum tidur, kurang istirahat atau sering begadang, dan sering terkena sinar matahari. Jika Anda saat ini mengalami kulit kusam, gelap dan kendur, berikut ini ada cara merawat wajah agar sehat putih dan bikin awet muda, yaitu:

1. Cuci Muka

Loading...

Cuci muka atau membersihkan wajah merupakan salah satu cara merawat wajah agar sehat dan putih yang ampuh. Bahkan membersihkan wajah ini harus menjadi ritual yang harus dilakukan setiap hari bagi wanita yang mendambakan kulit sehat. Ternyata tidak hanya membuat wajah lebih putih saja, mencuci muka bisa juga membantu menenangkan atau membuat mood lebih baik. Namun perlu diketahui bahwa sering membersihkan wajah dengan sabun akan berdampak kurang baik maka sebaiknya cukup lakukan 2 sampai 3 kali sehari saja.

Baca juga: 7 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Cepat dan Aman

2. Kurangi Penggunaan Kosmetik

Cara merawat wajah agar sehat berikutnya yaitu dengan mengurangi pemakaian kosmetik. Penggunaan kosmetik terlalu sering ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Salah satu dampak buruk yang ditimbulkan dengan seringnya memakai bahan kosmetik akan menimbulkan kulit wajah menjadi cepat keriput dan kusam. Jadi, Jika Anda terbiasa menggunakan kosmetik hendaknya kurangi pemakaiannya. Selain itu, Penting untuk menggunakan produk kosmetik yang telah memiliki ijin dari BPOM (badan pengawasan obat dan makanan) agar terhindar dari produk kosmetik berbahaya.

3. Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup termasuk cara merawat wajah agar sehat berseri. Maka usahakan untuk selalu mencukupi asupan cairan yaitu minum air putih yang banyak. Ukuran yang baik untuk kebutuhan air minum setiap hari adalah 8 sampai 9 gelas per hari. Selain membuat wajah sehat, minum air putih memiliki manfaat menyegarkan kembali tubuh yang penat, mencegah dehidrasi, menjaga kelembaban kulit agar tidak kering dan menghaluskan kulit Anda.

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Disamping minum air putih yang cukup, cara merawat wajah agar sehat putih dan awet muda yaitu dengan banyak makan buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin. Jenis buah yang baik untuk kulit wajah antara lain pisang, melon, dan alpukat.  Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit, buah dan sayuran dapat membantu membuat awet muda. Hal itu dikarenakan pada buah dan sayuran tersebut memiliki antioksidan yang tinggi yang mencegah kulit keriput dan kusam karena pengaruh radikal bebas.

5. Istirahat yang Cukup

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab kulit wajah menjadi tidak sehat dan kusam yaitu begadang atau kurang tidur. Istirahat yang cukup adalah cara merawat wajah putih dan sehat yang tepat. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan istirahat Anda yaitu dengan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap hari. Selain membuat wajah kusam, efek samping kurang tidur lainnya adalah menimbulkan kantung mata atau mata panda. Maka oleh karena itu lakukan istirahat yang cukup agar kulit wajah menjadi lebih sehat.

6. Olahraga

Cara merawat wajah agar sehat dan segar berikutnya yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Dengan berolahraga maka tubuh menjadi sehat dan bugar. Tidak hanya itu saja, ternyata berolahraga dapat membantu membuat kulit wajah lebih segar dan putih. Hal ini dikarenakan saat kita berolahraga maka produksi keringat akan meningkat dan keluar melalui pori-pori. Saat itu, keringat yang keluar akan membuka pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan debu. Akibatnya, sirkulasi darah dan oksigen menjadi lebih lancar dan kulit bisa menjadi cerah putih dan sehat. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur minimal 1 kali dalam seminggu untuk mengatasi kulit kusam dan keriput pada wajah.

7. Memakai Masker Putih Telur dan Madu

Manfaat masker putih telur dan madu yaitu mencerahkan kulit dan mengatasi kulit wajah yang kusam. Selain itu masker dari campuran putih telur dan madu bisa mengencangkan kulit yang keriput sehingga dapat mencegah penuaan dini dan membuat awet muda. Cara merawat wajah agar sehat dan putih dengan masker putih telur dan madu sangat mudah, Anda cukup memakai masker tersebut pada malam hari. Lakukan perawatan secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu. Untuk lebih jelasnya tentang masker ini, silahkan baca: 5 Cara Membuat Masker Putih Telur dan Memakainya Untuk Wajah yang Benar

8. Menggunakan Masker Tomat

Cara merawat wajah agar sehat dan putih yang terbukti ampuh yaitu dengan memakai masker tomat. Masker yang dibuat dari tomat yang dilembutkan ini kaya akan nutrisi kulit. Dengan rutin memakai masker tomat akan banyak manfaat yang bisa didapat, antara lain membuat kulit wajah, lembut, mengatasi kulit kusam dan membuat awet muda. Cara merawat kulit wajah dengan masker tomat sangat mudah yaitu dengan menggunakan masker tomat 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Untuk lebih jelasnya tentang masker ini, silahkan baca: 7 Cara Membuat Masker Tomat Untuk Wajah dan Manfaatnya

9. Menguapi Wajah

Cara merawat wajah agar sehat  putih dan awet muda yang baik yaitu dengan melakukan pengasapan atau penguapan wajah. Terapi uap ini, bisa dilakukan dengan mudah sendiri di rumah. Caranya, cukup dengan menuangkan air panas ke dalam baskom kemudian mendekatkan wajah ke wadah tersebut agar terkena uap panasnya. Manfaat menguapi wajah sangat baik untuk kulit, diantaranya dapat mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berminyak dan menghilangkan komedo.

Demikianlah cara merawat wajah agar sehat putih, tidak kusam dan awet muda. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Merawat Wajah Sebelum Tidur Agar Awet Muda Cantik dan Menghilangkan Kerutan

Loading...

1 thought on “9 Cara Merawat Wajah Agar Sehat Putih (Tidak Kusam) dan Awet Muda Secara Alami”

Leave a Comment