Cara Meruqyah Diri Sendiri yang Benar Sesuai Sunnah dan Manfaatnya

Cara meruqyah diri sendiri yang benar sesuai sunnah dan manfaatnya. Ruqyah merupakan metode penyembuhan atau pengobatan dari berbagai penyakit yang diajarkan oleh rasulullah SAW. dengan cara membaca doa lafadz khusus dari ayat suci alqur’an dan doa-doa dari hadist dengan niat meminta pertolongan hanya kepada Allah. Ruqyah bisa dilakukan untuk diri sendiri dan orang lain, Nah jika Anda ingin ruqyah diri sendiri maka ada metode yang mudah untuk dilakukan.

Loading...

Sebelum membahas tentang cara meruqyah diri sendiri, Ada baiknya untuk mengetahui manfaat dari ruqyah tersebut. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan ruqyah diri sendiri ataupun orang lain. Manfaat ruqyah antara lain untuk penyembuhan penyakit fisik dan bathin, dan gangguan jin. Ibnul Atsir mengatakan ruqyah adalah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit, seperti demam, kerasukan, atau penyakit lainnya. (an-Nihayah fi Gharib al-Atsar, 2/254). Setelah mengetahui manfaat ruqyah, dan Anda ingin mengetahui  tata cara meruqyah diri sendiri sesuai sunnah nabi, dibawah ini penjelasan tentang langkah-langkahnya.

Cara Meruqyah Diri Sendiri dan Aturannya

cara meruqyah diri sendiri

Selama ini ruqyah yang diketahui oleh sebagian orang sebagai cara mengusir dari dalam tubuh manusia. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ruqyah sendiri bisa dijadikan sebagai pengobatan dan penangkal dari penyakit. Untuk meruqyah diri sendiri sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena diantara syaratnya bisa membaca alqu’an. Selain itu butuh juga kondisi hati yang tenang (suasana hati yang baik), tawakal, dan percaya bahwa Allah akan mengabulkannya. Syarat tersebut sangat penting agar peluang terkabulnya ruqyah semakin besar. Berikut ini cara meruqyah diri sendiri yang benar, yaitu:

Baca juga: 13 Tata cara Ruqyah Yang Benar Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Loading...
  • Pertama dengan menyucikan diri dari hadats yaitu berwudhu karena sangat dianjurkan untuk melakukan ruqyah dengan melaksanakan wudhu terlebih dahulu, pastikan pakaian serta tempat bersih dari najis.
  • Gabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan ayat-ayat ruqyah dari al Quran. Surah pertama adalah Al Fatihah, kemudian Al Baqarah sebanyak enam ayat pertama, dilanjutkan ayat kursi, kemudian ayat Al Baqarah terakhir.
  • Selanjutnya baca¬† Al Ikhlas sebanyak 3 kali, Al Alaq tiga kali dan An Nas sebanyak tiga kali.
  • Kemudian tiupkan ke kedua telapak tangan dan usapkan kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan.
  • Lakukan berulang sampai 3 kali dari mulai membaca ayat hingga mengusapkan tangan keseluruh bagian tubuh atau ke anggota tubuh yang sakit.
  • Bisa juga cara meruqyah diri sendiri dengan menggunakan air. Caranya, kita membaca ayat-ayat ruqyah dengan mendekatkan segelas air bersih di mulut. setelah selesai airnya diminum.
  • Langkah terakhir ruqyah yaitu dengan bertawakal berserah diri dan percaya semua doa dan keinginan akan terkabul.

Demikianlah cara meruqyah diri sendiri sesuai dengan sunnah. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Ruqyah Syariah Untuk Mengobati Penyakit Ain Dalam Islam

Loading...

Leave a Comment