11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

Cara menghilangkan stres dan beban pikiran secara alami dan mudah. Stres adalah keadaan pikiran dengan beban pikiran yang bisa mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Stres bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak kecil, orang dewasa baik itu pria maupun wanita. Penyebab stres sangat banyak dan sebagian besar diakibatkan oleh faktor lingkungan, situasi yang dihadapi dan pekerjaan. Bahkan stres karena cinta. Dan pada tingkat yang parah stres menjadikan seseorang menjadi depresi.

Cara menghilangkan stres pun bisa dilakukan dengan banyak banyak hal sesuai dengan penyebabnya. Misalnya, Anda mengalami stres yang disebabkan oleh pasangan hidup dalam berumah tangga maka untuk solusinya yaitu dengan cara mengatasi stres bersama pasangan Anda, untuk temukan penyelesaiannya. Lalu bagaimana yang semestinya dilakukan saat Anda mengalami stres berat. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres dan depresi.

Cara Menghilangkan Stres dan Depresi dengan Cepat dan Ampuh

Untuk mengatasi  stres bukan perkara yang sulit, jika Anda mau melakukan langkah-langkah mudah penghilang stres sebagai berikut:

1. Bangun pagi

Loading...

Cara menghilangkan stres yang pertama yaitu dengan bangun pagi atau lebih awal dari biasanya. Bangun pagi dengan perasaan tidak enak, tentu hal ini membuat Anda kesal. Lupakan kekesalan tersebut. Buka tirai kamar Anda, supaya paparan sinar matahari menerpa tubuh Anda. Hal ini dipercaya akan membangkitkan mood. Selain itu cara mudah menghilangkan stres dengan sering sering Anda keluar rumah juga. Tetapi ingat jangan berjemur di siang bolong. Cobalah tidur siang dengan tirai terbuka juga akan lebih baik.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi makanan penghilang stres, yaitu makanan  yang mengandung karbohidrat. karena karbohidrat adalah penyedia energi yang bagus untuk tubuh dan otak Anda. Cara menghilangkan stres ini terbukti manjur mengatasinya. Orang akan cepat marah atau mudah emosi pada saat lapar, maka makan yang baik dan tepat waktu bisa cara ampuh mencegah terjadinya stres.

3. Mendegarkan Musik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medicine menemukan cara menghilangkan stres yaitu dengan cara mendengarkan musik favorit selama 30 menit. Hal ini  berguna untuk melepaskan hormon stres (endorphin) yang mengurangi tingkat stres dan menghilangkan rasa sakit. Dengan mendengarkan musik, tubuh akan mengalami keadaan rileks, otot menjadi tidak tegang, detak jantung stabil dan energi pun meningkat menyesuaikan irama lagu. Maka Lakukan dengan rileks untuk mendengarkan musik.

4. Tidur

Cara menghilangkan stres berikutnya yaitu tidur. Tidur merupakan satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi stres yang mampu menambah produktivitas. Selain menyembuhkan stres, tidur bermanfaat memperbaiki tubuh dan meremajakan stamina guna melakukan aktivitas esok hari. Bahkan orang bisa akan mudah stres manakala kurang istirahat atau tidur.

5. Berolahraga

Dengan olahraga dipercaya mampu membuat suasana hati lebih nyaman dan menyenangkan. Dan olahraga merupakan cara menghilangkan stres paling ampuh untuk dilakukan. Lakukan olahraga ringan sebelum bekerja, ini akan bermanfaat mengurangi stres di kantor. Manfaat olahraga memang banyak, dengan berolahraga maka otot-otot menjadi lebih rileks. Jadi jika Anda mengalami stres karena pekerjaan maka lakukanlah olahraga sebelum berangkat bekerja.

Olahraga merupakan cara yang sederhana dan paling murah untuk mengurangi stres atau menghilangkan beban pikiran. Menurut pakar kesehatan, olahraga mampu mempengaruhi hormon yang dapat mengubah mood Anda menjadi lebih baik. Aktivitas bergerak pada saat olahraga akan menguntungkan untuk kesehatan secara keseluruhan.

6. Tertawa

Meskipun melakukan sesuatu dengan terpaksa, tertawa bisa membuat Anda akan menjadi keadaan stres menjadi lebih baik. Tertawa mempunyai efek yang sangat baik untuk mengurangi stres. Menurut penelitian menuturkan bahwa cara menghilangkan stres yang cepat adalah dengan tertawa. Lakukan tertawa selama 5 menit akan merangsang hormon endorpin, serotonin dan metanonim keluar. Bahwasanya tiga hormon tersebut bermanfaat menenangkan otak. Bahkan dengan tertawa bisa menyembuhkan orang yang mengalami stres berat dan depresi.

Baca juga: Bahaya Stres Bagi Kesehatan Tubuh

selain itu, tertawa juga bermanfaat untuk meningkatkan sejumlah sel yang memproduksi antibodi dan meningkatkan efektivitas. T-Cells atau sel yang masuk ke dalam grup sel darah putih, yang diketahui sebagai limfosit yang berperan pada sistem kekebalan tubuh. inilah cara menghilangkan stres  dengan ketawa. Maka tertawalah selagi tertawa tidak dilarang. Penelitian medis menyebutkan bahwa dengan tertawa adalah cara yang efektif menghilangkan stres. Tertawa bisa menjadi terapi dalam pengobatan. Dengan tertawa dapat merangsang dan meningkatkan pelepasan endorphin atau hormon bahagia yang menekan tingkat stres kita.

7. Meditasi

Meditasi merupakan cara menghilangkan stres yang ampuh. Dengan melakukan meditasi berguna menjernihkan pikiran sehingga mampu membuat seseorang lebih berkonsentrasi. Dengan meditasi bermanfaat membuat pernapasan menjadi lebih teratur, irama detak jantung dan tekanan darah menjadi normal sehingga dapat menurunkan hormon stres.

8. Rekreasi

Berlibur atau rekreasi merupakan cara menghilangkan stres yang cepat. Lakukan rekreasi bersama keluarga agar lebih menyenangkan. Dengan jalan-jalan suasana hati menjadi senang dan rileks, oleh sebab itu rekreasi termasuk perlu dilakukan saat Anda tengah mengalami stres.

9. Aromaterapi

Aroma atau bau dapat mempengaruhi emosi manusia. Hal ini karena indera penciuman berhubungan langsung dengan pusat pengendali emosi dalam otak. Salah satu cara menghilangkan stres yaitu dengan melakukan aromaterapi tersebut. Biasanya aromaterapi yang dilakukan seperti aroma lavender, mawar dan melati.

10. Karaoke

Karaoke bukan hanya bisa dijadikan ajang tarik suara, ternyata karaoke dengan teman bisa jadi cara menghilangkan stres dengan mudah dan menyenangkan. Berkaraoke juga bisa menghilangkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Berkaraoke atau bernyanyi mempunyai banyak manfaat untuk Anda. Salah satunya mampu mengendorkan otot-otot yang tegang serta mengatasi stres, sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar. Risiko penyakit jantung dan stroke yang terjadi karena penyumbatan darah menjadi kecil, bahkan tidak ada. Ketika Anda bernyanyi, secara tidak langsung Anda akan mengatur napasnya dengan baik. Hal ini ternyata juga dapat memperbaiki syaraf-syaraf yang tegang

cara menghilangkan stres

11. Yoga

Latihan yoga telah diwariskan selama ribuan tahun yang lalu. Dan menurut penelitian dan dikembangkan secara ilmiah, yoga terbukti ampuh menjadi terapi kesehatan fisik dan mental yang efektif, dan sebagai cara mudah menghilangkan stres. Inilah beberapa tips cara menghilangkan stres dengan yoga, adalah sebagai berikut:

  • Waktu terbaik melakukan yoga adalah saat pagi hari atau larut malam.
  • Melakukan yoga saat keadaan perut kita kosong. Puasa makan selama 3 sampai 4 jam sebelum latihan.
  • Idealnya yoga dilakukan pada tempat yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Bebas dari suasana bising atau pun berisik dan gangguan lain.
  • Pakaian yang nyaman dan santai akan membantu kulit bernapas dan tidak mengganggu gerakan.
  • Bertelanjang kaki.
  • Minum air putih yang cukup, minimal 1 sampai 2 gelas selama latihan.
  • Jadikan yoga sebagai kebiasaan.

Tips Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah dan Menyenangkan

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi stres dengan kebiasaan yang mudah dan terbukti ampuh. Apa saja kebiasaan menyenangkan tersebut:

  •  Memasak.Kegiatan memasak selain mampu menjadikan orang lebih kreatif, tapi juga memberi efek menyenangkan. Dengan memasak membuat orang lupa dengan kejenuhan dan stres.
  • Menulis. Cara menghilangkan stres dengan menulis. Cukup Anda menulis tentang apa yang terjadi setiap hari dengan Anda. Maka dengan menulis akan mengatasi stres tersebut.
  • Membaca. Selain menulis, membaca juga merupakan salah satu cara menghilangkan stres. Dengan membaca, kita akan dibawa oleh tulisan tersebut untuk melupakan permasalahan yang terjadi.
  • Meluangkan waktu sendiri. Sebagai manusia kadang membutuhkan kesendirian. Saat Anda atau pasangan Anda mengalami stres, maka  cara menghilangkan stres nya dengan menjauhi keramaian agar menjadi lebih tenang.

Demikianlah cara mengatasi stres yang efektif dan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam Dengan Talbinah

Loading...

4 Responses for 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

  • Syamsu says:

    Cara menghilangkan stress yang nomor 12 adalah ngeblog kali ya mas Agus?, he he.
    Ahaa, tidur memang termasuk ampuh utuk menghilangkan stres, namun sepertinya kalau lagi stres kan susah untuk tidur mas???.

    • ngeblog juga termasuk mas. Secara luas ya semua kegiatan menulis yang dapat mengalihkan perhatian penyebab stresnya dan membuat kenyamanan hati menjadi senang. Seperti menulis karangan atau diary, atau chating banyak pokoknya. ya kadang saat kita stres maka yang terjadi susah tidur, tapi jika kita paksakan untuk pejamkan mata dan rileks maka bisa tidur juga dan nantinya pas bangun hormon stres menjadi normal kembali. Trimakasih mas syamsu.

      • Syamsu says:

        Oh berarti blogwalking juga termasuk bisa menghilangkan stres ya mas???, terlebih jika dalam berkunjung ke blog lain bisa selalu meninggalkan komentar?

        • bener banget mas, namanya juga blokwalking kan artinya jalan-jalan. nah, rekreasi itu tak harus mengunjungi tempat di dunia nyata saja. Dengan jalan-jalan di internet kayak blogwalking itu juga menghibur dan menyenangkan. Ditambah dengan komentar makin sip terjalin silaturahimnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *