Cara Mengobati Anemia Secara Alami yang Mujarab dan Cepat

Cara mengobati anemia secara alami yang mujarab dan cepat. Anemia atau kurang darah adalah kondisi tubuh dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Penderita anemia merasa cepat lelah, pusing, kaki dan tangan dingin, dan sakit kepala. Gejala anemia lainnya seperti lemas, lesu, sesak nafas, konsentrasi buruk, kulit dan kuku pucat, bahkan vertigo.

Loading...

Anemia terjadi disebabkan kadar hemoglobin atau Hb<14 gram/DL pada laki-laki dan untuk wanita Hb<12. Gejala Anemia ini jika tidak ditangani secara langsung maka akan berakibat buruk pada kesehatan yaitu rusaknya organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Anemia merupakan masalah kesehatan yang bisa mengancam keselamatan jiwa, jika tidak diatasi dengan cepat dan benar. Nah, bagaimana  cara mengatasi anemia berat dan ringan dengan cepat?.

Cara mengobati anemia selain mengkonsumsi obat anemia di apotik, seperti sangobion dan macam-macam obat anemia lainnya, sangat penting juga untuk memperhatikan pantangan makanan bagi penderita anemia. Jenis makanan pantangan untuk penderita anemia antara lain makanan yang mengandung gula berlebih, makanan yang asam, mie instans dan minuman alkohol, kafein dan bersoda. Dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita anemia tersebut makan kurang darah akan cepat disembuhkan, tentu diimbangi dengan minum obat anemia kurang darah. Pada kesempatan ini, akan dibagikan cara mengobati anemia dengan cepat dan alami.

Cara Mengobati Anemia Secara Alami dengan Buah-Buahan

cara mengobati anemia

Faktor penyebab anemia bisa dipengaruhi oleh keadaan stres dan banyak tekanan pikiran, pekerjaan atau aktivitas yang menguras tenaga, kurang tidur atau kurang istirahat. Kondisi tersebut menjadikan kandungan sel darah merah atau hemoglobin menurun. Kurangnya sel darah merah menjadikan terganggunya sirkulasi oksigen ke organ yang akhirnya terjadilah anemia. Namun jika Anda mengalami anemia, ada beberapa obat kurang darah dari bahan-bahan alami. Berikut ini cara mengobati anemia yang ampuh dan alami, adalah sebagai berikut.

Loading...

1. Buah Kiwi

cara mengobati anemia dengan buahCara mengobati anemia secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Diantara buah yang bisa menjadi obat alami anemia yaitu kiwi. Kiwi sangat baik dikonsumsi wanita yang menstruasi. Hal itu bisa mencegah kurang darah saat haid. Seperti yang diketahui bahwa penyebab anemia paling umum terjadi pada wanita adalah menstruasi atau haid. Anda bisa membuatnya menjadi jus dan meminumnya setiap hari selama haid. Dengan rutin minum jus untuk anemia ini akan mengobatinya dengan cepat dan aman.

Baca juga: 16 Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Secara Alami

2. Buah Bit

cara mengobati anemia dengan buah

Buah bit juga termasuk salah satu buah untuk kurang darah yang ampuh. Bit memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, bahkan kandungan buah bit kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin, belerang, kalsium dan kalium. Dengan membuatnya menjadi jus akan menyembuhkan anemia dengan cepat. Untuk lebih makin maksimal, Anda bisa membuat jus untuk anemia dengan mencampurkan buah kiwi yang akan menjadi obat anemia yang ampuh dan alami. Nah, berikut ini cara mengobati anemia dengan jus buah bit dan cara membuatnya, yaitu:

  • Siapkan bahan-bahannya yaitu: 50 gram buah bit yang dipotong kecil-kecil, 75 gram  buah kiwi yang sudah dikupas.
  • Cara membuatnya cukup mudah. Yaitu dengan mencampur dan menghaluskan buah bit, dan kiwi dalam blender sampai halus. Jus  pun siap untuk diminum. Minum jus kiwi dan bit selama mengalami anemia.
  • Minum teratur setiap hari selama mengalami kurang darah.

3. Delima

Buah selanjutnya yang bisa mengatasi anemia secara alami adalah buah delima. Maka memakan buah delima sangat dianjurkan selama mengalami kurang darah. Sama halnya buah bit, delima merupakan buah sumber zat besi yang berguna mengatasi kurang sel darah merah di dalam tubuh. Delima juga memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang berfungsi membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga tak mengherankan delima menjadi buah untuk anemia yang ampuh. Cara mengobati anemia dengan delima cukup mudah, yaitu dengan konsumsi secara langsung atau membuatnya menjadi minuman jus.

4. Labu Siam

Gejala Anemia ini bisa diketahui dengan mudah, seperti keadaan badan, letih, lemah dan lesu. selain itu nafas pendek dan nyeri pada lambung. Pada keadaan tersebut mengkonsumsi olahan buah siam bisa menjadi obat tradisional anemia yang ampuh. Buah labu siam memiliki banyak kandungan zat besi dan vitamin B12 yang terbukti berguna sebagai penambah darah. Nah, cara mengobati anemia dengan labu siam yaitu dengan membuatnya menjadi hidangan seperti kolak, atau dibuat bahan untuk jus.

5. Kurma

Buah kurma memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa dijadikan obat ampuh untuk anemia. Hal itu karena pada buah kurma memiliki kandung banyak zat besi. vitamin B kompleks, vitamin C. Selain itu, kurma memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga kurma dikenal  sebagai buah terbaik bagi anemia. Cara mengobati anemia dengan kurma yaitu dengan membuat minuman dari rebusan kurma dan susu. Minum secara rutin dan teratur setiap hari selama mengalami anemia.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Anemia Secara Alami dengan Obat Tradisional

6. Pisang

Cara mengobati anemia yang ampuh lainnya yaitu dengan mengkonsumsi pisang. Buah pisang termasuk buah untuk kurang darah yang mujarab menyembuhkan. Selain kandungan kalium, vitamin dan mineral, pisang juga tinggi zat besi. Dengan makan pisang  setiap hari menjadi cara mudah menyembuhkan anemia. Disamping kita memakannya, bisa juga dengan membuat jus dari pisang atau olahan minuman lain dari buah tersebut.

7. Apel

Apel termasuk buah sumber zat besi untuk anemia. Selain zat besi, apel juga memiliki nutrisi penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus apel merupakan salah satu cara mengobati anemia yang ampuh dan mudah. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi apel secara langsung mampu mencegah mengalami kurang darah.

Cara Mengobati Anemia dengan Bahan Alami

Menyembuhkan anemia atau kurang darah secara alami tidak hanya dengan mengkonsumsi buah saja. Ada beberapa jenis sayuran juga bisa menjadi obat obat anemia kurang darah. Bahkan jenis umbi-umbian juga bisa berguna mengatasi anemia secara alami. Untuk lebih jelasnya cara mengobati anemia dengan bahan alami, adalah sebagai berikut:

1. Ubi Jalar

Jenis umbi-umbian yang bisa menjadi makanan obat anemia yaitu ubi jalar. Ubi jalar mengandung kalium dan folat, serta kandungan seratnya yang tinggi membantu mempermudah proses penyembuhan anemia. Cara mengobati anemia dengan ubi jalar bisa dilakukan dengan membuat olahan ubi jalar seperti dibuat kolak, atau dibuat menjadi bahan tambahan untuk menu minuman sehat lainnya seperti jus.

Baca juga: Pengertian Penyebab Dan Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

2. Madu

Produk lebah ini memang bisa disebut sebagai obat segala macam penyakit. Mengkonsumsi madu setiap hari selama mengalami anemia akan membantu menyembuhkannya dengan cepat. Madu mengandung tinggi zat besi yang terbukti mampu menambah sel darah merah. Cara mengobati anemia dengan madu yaitu menjadikan madu tersebut bahan tambahan atau campuran berbagai macam makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

3. Gula Merah

Cara mengobati anemia yang ampuh secara alami yaitu dengan mengkonsumsi gula merah. Gula merah atau gula aren tersebut kaya kandungan zat besi yang ampuh meningkatkan hemoglobin. Dengan mengkonsumsinya setiap hari maka akan menyembuhkan kurang darah dengan cepat. Caranya, sama halnya dengan madu yaitu dengan menjadikannya bahan campuran pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

4. Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran untuk kurang darah. Mengkonsumsi tomat secara mentah atau membuatnya menjadi jus atau olahan dalam masakan bisa membantu mengatasi anemia secara alami. Tomat kaya kandungan lycopene dan vitamin C. Dua nutrisi tersebut bisa membantu penyerapan zat besi  dalam darah dan menambah sel darah merah. Cara mengobati anemia dengan tomat yaitu dengan membuatnya menjadi jus atau memakannya secara langsung.

5. Jeroan Hewan

Jeroan ternyata mampu menjadi obat alami anemia yang mujarab. Diantara jeroan tersebut yaitu hati, hati kaya kandungan zat besi, vitamin B12, fosfor dan seng. Dengan kandungan tersebut, mengkonsumsi olahan masakan hati bisa menjadi cara mengobati anemia dengan bahan alami yang ampuh dan cepat.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati anemia secara alami yang mujarab dan cepat. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya yang sedang mengatasi kurang darah. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Anemia Pada Masa Kehamilan

Loading...

Leave a Comment