7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat Dengan Pengobatan Tradisional

7 Cara mengobati asam urat secara alami dan cepat dengan pengobatan tradisional. Asam urat adalah masalah kesehatan yang disebabkan kandungan asam urat di dalam darah tinggi. Jika Anda mengalaminya dan pada taraf yang kronis, serangan asam urat akan benar-benar menyakitkan. Memang asam urat bukanlah penyakit yang menyerang semua umur. Namun perlu di waspadai penyakit asam urat ini bisa menyerang orang dewasa yang menginjak usia 30-an. Faktor usia tua sangat rawan berisiko terkena asam urat. Penyakit ini pada umunya akan menyerang otot-otot yang sering digunakan untuk beraktivitas. Sehingga tak jarang orang yang mengalami asam urat akan sangat menderita karena akan sakit melakukan gerakan.

Loading...

Cara mengobati asam urat secara alami merupakan solusinya aman dibandingkan mengkonsumsi obat asam urat yang berbahan kimia. Jika Anda sekarang menderita karena asam urat, Maka tak perlu khawatir, Ada cara menyembuhkan asam urat tanpa obat kimia yaitu dengan menggunakan obat tradisional penurun asam urat. Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara mengobati asam urat secara alami tersebut, simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dengan Cepat

cara mengobati asam urat secara alami

Sebelum kita membahas tentang menyembuhkan asam urat tanpa obat, Ada baiknya Anda mengetahui penyebab Asam urat ini. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin dan ginjal. Ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadar purin dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Kadar asam urat yang berlebih akan menjadi masalah, karena ginjal tak sanggup mengaturnya. Sehingga kelebihan itu menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan.

Baca juga: Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengatasinya

Loading...

Cara mengobati asam urat secara alami yaitu dengan menurunkan asam urat tinggi secara alami. Kandungan kadar asam urat yang tinggi menyebabkan nyeri dan sakit di persendian yang amat sangat, jika sudah kronis, akan mengakibatkan penderitanya tak bisa jalan. Jika hal ini terjadi pada Anda sekarang, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat obat tradisional penurun asam urat yang bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan tanaman herbal.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dengan obat tradisional penurun asam urat

Ada beberapa obat tradisional penurun asam urat yang yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Pilih ramuan tradisional asam urat yang sekiranya Anda mudah membuatnya. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat secara alami, yaitu:

1. Jahe Merah

Jahe merah memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat. Tanaman herbal yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati asam urat dengan Anda membuatnya  menjadi obat tradisional penurun asam urat. Cara membuatnya sangat gampang yaitu dengan meramu jahe merah bersama bahan-bahan lain. Dan berikut ini cara mengobati asam urat secara alami dengan jahe yaitu:

  • Siapkan Bahan-bahannya, 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya.
  • Rebus semua bahan di atas dengan satu setengah liter air hingga tersisa setengah liter. Airnya Anda minum, dan ubinya bisa Anda makan. Pemakaian dengan minum 2 kali sehari.

2. Daun Salam

Daun salam selain kegunaannya untuk penyedap masakan, ternyata daun salam adalah obat tradisional penurun asam urat yang ampuh. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional asam urat dan meminumnya maka akan dapat mengatasi asam urat Anda. Berikut ini, cara mengobati asam urat secara alami dengan daun salam, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun salam dan 400 cc air.
  • Rebus daun salam dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc (satu gelas) air, kemudian airnya diminum selagi hangat. Pemakaiannya diminum 2 kali sehari.

3. Seledri

Tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat biji seledri ternyata bisa untuk obat tradisional penurun asam urat yang ampuh. Berikut ini cara mengobati asam urat secara alami dengan seledri, yaitu:

  • Rebus 1 sendok biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas.
  • Minum selagi hangat, lakukan 2 sampai 3 kali sehari, tergantung berat atau tidak asam uratnya.

4. Kumis Kucing

Selain seledri, tanaman herbal berikutnya yang bisa menyembuhkan asam urat tanpa obat adalah kumis kucing. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional asam urat maka asam urat Anda akan bisa segera diatasi. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat secara alami dengan kumis kucing, yaitu:

  • cuci bersih 100 lembar daun kumis kucing segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah dingin, saring dan Anda minum. Dosis, minum sekali pada pagi hari.

5. Tempuyung

Tanaman tempuyung memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat di tubuh. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional asam urat maka asam urat mampu disembuhkan. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan tempuyung, yaitu:

  • Cuci bersih 30 gram tanaman tempuyung segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  • Minum setelah dingin 2 kali sehari selama asam urat kambuh.

6. Daun Suruhan

Tanaman obat untuk asam urat yang ampuh adalah daun suruhan. Daun suruhan yang dibuat menjadi ramuan tradisional asam urat maka akan mengatasi sakit akibat asam urat dengan cepat. Berikut ini cara mengobati asam urat secara alami dengan daun suruhan, yaitu:

  • Cuci 30 gram daun suruhan segar.
  • Tumbuk halus lalu Anda peras.
  • Minum Satu kali sehari ramuan tradisional asam urat tersebut.

7. Pare

Rasa pahit pada pare ternyata bisa bermanfaat menyembuhkan asam urat dengan cepat dan alami. Buah pare yang dibuat menjadi ramuan tradisional asam urat maka akan menghilangkan rasasakit yang ditimbulkan saat asam urat menyerang. Berikut ini cara mengobati asam urat secara alami dengan pare, yaitu:

  • Belah 1 buah pare segar. Buang bijinya setelah itu,
  • Cuci bersih dan potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa satu gelas.
  • Dinginkan dan saring, minum sekaligus, satu kali sehari.

Tips Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Mudah

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam urat yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan. Berikut ini jenis buah dan cara mengobati asam urat secara alami dengan buah-buahan yaitu:

  • Memakan buah sirsak begitu saja atau dengan cara membuatnya menjadi jus. Dimakan atau diminum setiap hari.
  • Daun salam 7 lembar, Anda rebus dengan 2 gelas air, sampai sisa 1 gelas, lalu minum pagi dan sore.
  • Labu siam Anda parut kemudian disaring, diambil airnya dan minum setiap hari.
  • Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur dengan madu dengan ukuran satu sendok madu, ditambah 2 sendok cuka apel plus air hangat dengan ukuran 50 cc dan Anda minum selama seminggu, Minum pagi setelah bangun tidur dan menjelang Anda tidur.
  • Minum jus kentang mentah dan jus apel malang.
  • mengkonsumsi takokak secukupnya dan sesuai dengan selera Anda dan dilakukan secara teratur. Saran yaitu konsumsi 2 kali sehari secara teratur.
  • Buah Leunca dengan Anda konsumsi secukupnya, saran konsumsi 2 kali sehari untuk cara pengobatan asam urat yang efektif.

Makanan Pantangan Asam Urat

Cara mengobati asam urat secara alami tidak hanya mengkonsumsi ramuan tradisional asam urat di atas. Namun Anda juga harus menghindari makanan pantangan asam urat. Nah apa saja jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Untuk lebih jelasnya berikut ini jenis makanan pantangan asam urat yang wajib dihindari yaitu:

  • Minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti, bir, wiski, anggur, tape, dan tuak.
  • Hindari makanan laut udang, remis, tiram, dan kepiting.
  • Hindari juga makanan kaleng, seperti sarden dan kornet sapi.
  • Jauhkan dari makan jeroan seperti, hati, ginjal, jantung, otak, paru, limfa dan usus.
  • Buah-buahan yang sebaiknya Anda hindari, seperti durian, alpokat dan es kelapa.

Penting juga dalam menyembuhkan penyakit asam urat yaitu dengan melakukan diet asam urat. Untuk lebih jelasnya tentang diet tersebut, Anda bisa membacanya disini: Diet Bagi Penderita Asam Urat Yang Membantu Proses Penyembuhannya .Berikut ini adalah makanan yang bisa Anda makan dengan jumlah yang sedikit. Yaitu ikan, daging sapi, kambing dan ayam. Selain itu tempe, kacang dan oncom. Dan beberapa sayuran seperti, brokoli, bayam, kangkung, kol, dan tauge. Demikianlah daftar makanan yang masih bisa Anda konsumsi tapi dengan kadar yang sedikit dan tidak terlalu sering.

Demikianlah cara mengobati asam urat secara alami dengan ramuan tradisional asam urat dan buah-buahan serta  tentang makanan pantangan bagi penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Herbal Alami

Loading...

Leave a Comment