6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Pada Wajah Dengan Perawatan Alami

Cara mengatasi kulit kering dan kusam pada wajah dengan perawatan alami. Kulit kering memang salah satu masalah kulit selain jerawat. Apalagi kulit kering tersebut menjadikan kulit wajah menjadi kusam dan mudah terkena iritasi. Iritasi di wajah yang disebabkan kulit kering dan kusam tersebut menimbulkan rasa gatal dan kemerahan yang akan mengganggu penampilan Anda. Untuk itu perlu untuk segera diatasi. Cara menghilangkan kulit kering bisa Anda lakukan dengan menggunakan pelembab alami yaitu masker alami untuk kulit kering. Diantaranya dengan membuat masker pisang dan lain sebagainya.

Loading...

Cara mengatasi kulit kering secara alami bisa dengan mudah anda membuatnya sendiri di rumah. bahan-bahan yang digunakannya gampang ditemukan di pasar. Nantinya bahan-bahan alami tersebut digunakan  sebagai pelembab untuk kulit wajah kering. Nah untuk lebih jelasnya tentang cara mengatasi kulit kering dan kusam di wajah, simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar serta Mengelupas Pada Wajah

cara mengatasi kulit kering

Cara mengatasi kulit kering dan kasar yang benar tepat dapat memperbaiki dan membuat kulit kering menjadi cantik dan bersinar. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk merawat kulit kering pada wajah, agar keindahan dan kecantikan wajah Anda menjadi nyata. Berikut ini cara mengatasi kulit kering yaitu:

1. Hindari Produk Kulit Berbahan Sulfur

Loading...

cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar yang pertama adalah dengan menghindari produk yang mengandung sulfur, usahakan produk perawatan kulit dan make up yang Anda gunakan tidak mengandung sulfur. Sebab sulfur atau belerang dapat meningkatkan kondisi kekeringan kulit Anda.

2. Memakai pelembab untuk kulit wajah kering

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya yaitu menggunakan pelembab. Setiap akan beraktivitas, baik di luar atau pun di dalam ruangan, Anda harus memakai pelembap. Saran untuk pelembap yang berbahan dasar air (water bassed formula) dan mengandung nutrisi kulit (moisture rich). Sebelum menggunakan pelembap, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dulu dengan air hangat.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Pada Musim Hujan agar Tidak Kering dengan Perawatan Mudah

3. Perbanyak Minum

Minumlah air 8 gelas dalam sehari karena tubuh kita 75 persen terdiri dari air dan harus terus tercukupi. Jika tidak  Anda bisa mengalami dehidrasi yang akan membuat kulit menjadi lebih kering.

4. Facial Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering secara tradisionalyaitu dengan melakukan facial khusus kulit kering agar menghilangkan  kulit kering lebih maksimal. Untuk itu, Anda harus rutin melakukan facial khusus untuk kulit kering. Anda tidak perlu ke salon untuk melakukan facial tersebut, Anda bisa melakukan facial wajah sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami yang lebih aman. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana facial sendiri dirumah, silahkan baca artikelnya disini:

Dengan melakukan facial wajah sendiri tersebut terbukti ampuh sebagai cara mengatasi kulit kering .Selain itu akan membuat kulit lebih segar, juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Lakukan dua kali dalam sebulan.

5. Mengkonsumsi Cukup Vitamin

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik serta kusam selanjutnya adalah meningkatkan asupan vitamin. Pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah jenis makanan yang mengandung cukup vitamin. Seperti buah yang banyak mengandung vitamin D, makanan yang bervitamin A, dan E. Khusus vitamin E sangat dibutuhkan karena pada memang manfaat vitamin E bisa membantu mengembalikan kesehatan  kulit. Ketiga jenis vitamin ini sangat membantu dan berguna bagi kulit. Vitamin A berguna untuk mendorong proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang membuat permukaan kulit selalu terlihat lebih segar.

6. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai cara merawat kulit kering dan kusam. Caranya cukup mudah yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua, lalu menggosoknya pelan pada kulit wajah. Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

Inilah Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Ada beberapa langkah-langkah untuk cara mengatasi kulit kering dengan benar dan  tepat, adalah sebagai berikut:

  • Sebelum Anda tidur di malam hari, bersihkan wajah Anda dengan pembersih yang lembut sekali. Pada pagi harinya, Anda cukup membasuh wajah dengan menggunakan air hangat, lalu gunakan pelembab yaitu masker alami untuk kulit kering.
  • Jenis kulit kering memang cenderung terlihat kusam, jadi cara mengatasi wajah kering dan bersisik ini, Anda harus melakukan pengelupasan atau peluruhan sel kulit mati setiap seminggu sekali. Untuk melakukan proses ini, Anda bisa menggunakan scrub yang butir-butirannya kecil, halus dan lembut.
  • Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan menghindari penggunaan scrub yang terkandung partikel-partikel garam maupun kacang-kacangan karena cenderung kasar sehingga mampu merobek permukaan kulit. Hindari juga membersihkan kulit dengan menggunakan air panas, maupun sering menguapi wajah karena akan menyebabkan kulit wajah semakin kering.
  • cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar selanjutnya adalah dengan menggunakan susu pembersih dan yang tidak mengandung penyegar yang mengandung alkohol. Jika Anda menggunakan air untuk membersihkan wajah, maka saat mengeringkannya dengan handuk yang halus. Jangan dikeringkan seluruhnya jika kulit masih terasa lembap.
  • Satu hal lagi dalam cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar, Anda harus rajin mengkonsumsi vitamin E dan suplemen yang mengandung, fatty acid seperti ektrak ikan maupun avokad.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Tradisional

Ada beberapa langkah mudah dalam menghilangkan kulit kering dan kusm pada wajah tersebut. Diantaranya dengan membuat pelembab alami. Pelembab alami ini berupa masker alami untuk kulit kering. Dan berikut ini adalah jenis masker alami untuk kulit kering yaitu:

1. Masker Kentang

Masker alami untuk kulit kering menggunakan manfaat kentang.Kentang merupakan bahan alami yang berkhasiat melembabkan kulit kering dan kusam. Berikut cara membuat masker alami untuk kulit kering dengan kentang, yaitu:

  • Cuci bersih dulu kentang, lalu kupas dan parut.
  • Setelah halus gunakan parutan kentang sebagai masker wajah selama kurang lebih 5 atau 10 menit.
  • Gosok pelan-pelan kemudian Anda bilas dengan air, dan kemudian Anda cuci wajah dengan facial foam yang biasa Anda gunakan.

2. Masker Pisang

Selain kentang penggunaan pisang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi kulit kering pada wajah. Dan berikut ini cara membuat masker alami untuk kulit kering, adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahannya, 1 buah pisang dan 1 sendok makan madu.
  • Kupas buah pisang dan lumatkan hingga lembut.
  • Campurkan madu lalu aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan masker pisang pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan perawatan kulit wajah untuk kulit kering ini seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

Demikianlah ulasan lengkap tentang cara mengatasi kulit kering dan kusam.Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua , selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Khasiat Masker Dan Lotion Buah Serta Cara Membuatnya.

Loading...

5 thoughts on “6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Pada Wajah Dengan Perawatan Alami”

  1. Saya suka artikelnya..
    Apalagi kalau masuk musim pancaroba seperti sekarang, kulit juga jadi kering dan butuh dirawat

    Reply
  2. sangat mengganggu penampilan jika kulit wajah sangat kering,,,
    dan harus berhati-hati jika ingin memilih produk perawatan wajah, karena kulit wajah sangat sensitif,,,
    sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami atau seperti buah-buahan.

    Reply
  3. Sering berada di ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Bagus banget tipsnya, apalagi cara tradisional konon lebih aman dan bebas efek samping.

    Reply
    • memang benar, tetapi cara alami lebih aman.

      Reply

Leave a comment