11 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif Berminyak dan Berjerawat dengan Perawatan Mudah

Cara merawat kulit wajah sensitif berminyak dan berjerawat dengan perawatan mudah.  Pengertian kulit sensitif yaitu jenis kulit yang memiliki kondisi yang tipis dan sangat peka terhadap pengaruh lingkungan sekitar, baik suhu atau iklim serta produk kosmetik tertentu. Dengan keadaan yang tersebut orang yang memiliki kulit wajah  sensitif akan rentan atau rawan terhadap iritasi, alergi gatal yang kemerah-merahan. Selain mudah gatal, kulit sensitif pada umumnya mudah berminyak dan berjerawat. Oleh karena itu, cara perawatan kulit wajah  sensitif berbeda dengan perawatan jenis kulit lainnya.

Loading...

Cara merawat kulit wajah sensitif agar tidak gatal, diantaranya dengan menggunakan tabir surya untuk beraktivitas di luar ruangan serta memakai pelembab yang cocok untuk kulit sensitif tersebut. Penggunaan produk-produk untuk kulit sensitif bisa dilakukan, namun kadang tetap membawa efek samping pada kulit wajah tersebut. Anda bisa memilih produk dengan melakukan tes terlebih dahulu dengan menggunakan kulit tangan dan lihat reaksinya dalam beberapa menit. Cara tersebut dilakukan agar pemakaian produk kosmetik kulit sensitif benar-benar aman. Jika Anda memiliki kulit wajah sensitif yang mudah gatal, berminyak dan berjerawat, perawatannya bisa dengan cara alami. Untuk lebih jelasnya tentang cara merawat kulit wajah  sensitif simak bahasan di bawah ini.

Cara Merawat Kulit Wajah  Sensitif  Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

cara merawat kulit wajah sensitif

Penggunaan bahan alami untuk perawatan kulit sensitif menghindarkan alergi dan iritasi. Bahan alami untuk kulit sensitif sangat aman, meskipun untuk digunakan perawatan harian. Berikut ini cara merawat kulit wajah sensitif secara alami, yaitu:

1. Mentimun

Loading...

Mentimun memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk untuk digunakan pada perawatan kulit sensitif. Cara merawat kulit wajah sensitif dengan mentimun bisa mengatasi mengatasi kulit sensitif gatal. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuatnya menjadi masker wajah sensitif yang dicampur dengan madu dan dioleskan merata pada kulit wajah.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Pada Musim Hujan agar Tidak Kering dengan Perawatan Mudah

2. Mangga

Selain mentimun, buah mangga berguna untuk perawatan kulit wajah sensitif dan berminyak. Dengan membuatnya menjadi masker wajah sensitif yang sangat mudah untuk membuatnya. Cara merawat kulit wajah sensitif dengan mangga yaitu dengan mencampur parutan mangga dengan air mawar, madu  dan minyak kelapa sehingga menjadi masker. Oleskan masker wajah sensitif ini merata ke seluruh bagian kulit wajah dan diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih dengan air. Selain itu, bisa Anda membuatnya menjadi bubuk atau bisa membelinya untuk dijadikan masker wajah.

3. Kentang

Kentang juga bermanfaat untuk kulit wajah sensitif. Menggunakan kentang dalam perawatan kulit sensitif bisa mengatasi dan menghilangkan minyak dan jerawat pada kulit sensitif. Cara merawat kulit wajah sensitif berminyak dan berjerawat dengan kentang sangat mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Masker wajah sensitif dari kentang yaitu dengan memarutnya hingga lembut, lalu tambahkan madu dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit wajah sensitif secara merata dan diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Tips Cara merawat  Kulit Wajah Sensitif  Berminyak dan Berjerawat

Kulit wajah sensitif  mudah terkena iritasi. Biasanya akan timbul gatal-gatal atau kulit terbakar. Pada siang hari, kulit akan kering dan berwarna kemerahan. Kulit sensitif butuh perawatan yang khusus. Penanganan dan perawatan kulit wajah sensitif yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah itu sendiri. Beberapa hal-hal yang penting cara merawat kulit wajah yang sensitif. Anda harus memperhatikan cara merawat kulit wajah sensitif  dengan baik dan benar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. produk untuk kulit sensitif

Cara merawat kulit wajah sensitif Jika ingin membeli produk untuk kulit sensitif, carilah label yang bertuliskan for sensitive skin. Produk untuk perawatan kulit wajah sensitif juga disarankan yang mengandung seperti chamomile atau aloe agar kulit tetap terjaga.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Putih Bersih dan Tidak Kusam Secara Alami dan Cepat

2. Menggunakan Pembersih Soap Free

Penting untuk menggunakan pembersih khusus. Hal tersebut sangat penting dalam cara merawat kulit wajah sensitif untuk menghindari iritasi. Sehabis bepergian dengan menggunakan make up, maka bersihkan make up tersebut dengan pembersih yang lembut yang tidak mengandung sabun ( Soap free) atau dengan  pembersih make up ( Make up remover) yang lembut.

3. Membersihkan Wajah yang Benar

Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak selanjutnya dengan memperhatikan cara membersihkan wajah.  Gunakanlah air, tisu atau  make up remover wipe (Tisu khusus pembersih make up siap beli yang sudah Anda basahi). Hindari penggunaan waslap pada perawatan kulit wajah sensitif karena terlalu keras, dan jangan gunakan air dingin atau air hangat, karena suhu ekstrim dapat mengiritasi secara cepat.

4. Hindari Pemakaian Scrub

Cara merawat kulit wajah sensitif dan jerawat dengan menghindari Scrub dengan butiran-butiran. Jika kulit Anda sangat sensitif, maka Anda harus meninggalkan eksfloasi ( pengangkatan atau pengelupasan sel kulit mati dipermukaan kulit) sama sekali.

5. Pembersih Khusus

Jika Anda memiliki kulit wajah sensitif dan berminyak, maka cara merawat kulit wajah sensitif nya dengan  gunakan pembersih yang mengandung ingredient salicylic untuk membuka penyumbatan pada pori. Karena ingredient ini lebih lembut dibandingkan dengan scrub. Hal ini akan menghindarkan kulit menjadi iritasi dan gatal-gatal

6. Penyegar Khusus Kulit Sensitif

Langkah penting cara merawat kulit wajah sensitif  gatal yaitu dengan menggunakanlah penyegar yang tidak menggunakan bahan alkohol, Karena produk yang mengandung alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitif Anda. Sebaiknya Anda memilih penyegar yang mengandung lavendel atau witch hazel.

Baca juga: Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

7. Tes Kulit

Cara merawat kulit wajah sensitif yang sangat penting jika ingin membeli produk untuk kulit sensitif yaitu dengan melakukan eksperimen tes kulit Jangan mencoba produk-produk kulit yang baru sekaligus. Jika Anda tidak yakin bagaimana reaksi kulit Anda terhadap produk tersebut. Untuk perawatan kulit wajah sensitif, sebaiknya lakukan tes kulit terlebih dahulu. Coba gunakan produk pada sebagian kecil kulit, dan tunggu 24 jam untuk melihat, apakah kulit Anda bereaksi negatif atau tidak.

8. Gunakan Sunblock

Cara merawat kulit wajah sensitif penting juga menggunakan sunblock dan juga pelembab yang mengandung anti sinar matahari. Agar wajah Anda terhindar dari sinar ultraviolet matahari. Sebaiknya gunakan sunblock yang mengandung zinc atau titanium dioxide, Karena tidak diserap oleh kulit. Keduanya cenderung mengurangi iritasi pada kulit wajah. Hentikan penggunaan produk kosmetik jika mengakibatkan iritasi kulit Anda, seperti terasa tersengat atau merubah warna kulit menjadi kemerahan.

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat kulit wajah berminyak dan berjerawat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua , selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Tidak Kering Dan Kusam

Loading...

1 thought on “11 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif Berminyak dan Berjerawat dengan Perawatan Mudah”

Leave a Comment