6 Cemilan Sehat Untuk Diet dan Keluarga Tercinta di Rumah

Cemilan sehat untuk keluarga di rumah dan manfaatnya. Tidak semua jenis cemilan itu buruk untuk kesehatan dan diet. Bahkan cemilan yang sehat dapat membantu untuk diet  udan untuk memenuhi gizi untuk tumbuh kembang anak kecil 1 tahun sampai 2 tahun dan anak-anak sekolah yang disajikan untuk perbekalan jajan mereka dari rumah. Selama ini bagi wanita diet dan orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih aktivitas ngemil masih menjadi sesuatu yang harus dihindari. Namun sekali lagi tidak semua jenis cemilan yang kita konsumsi berpengaruh buruk pada berat badan dan kesehatan.

Loading...

Ada beberapa jenis cemilan sehat yang bagus dikonsumsi oleh keluarga baik orang tuan maupun untuk anak mereka. Nah, jika Anda penasaran dengan makanan atau cemilan yang sehat yang baik dikonsumsi untuk tubuh, simak ulasan lengkapnya tentang macam-macam cemilan sehat untuk diet dan manfaat lainnya  di bawah ini.

Jenis Cemilan Sehat yang Bagus Untuk Diet dan Kesehatan

cemilan sehat

Dengan memilih jenis makanan yang dimakan sebagai cemilan tentu akan menguntungkan untuk kesehatan tubuh kita. Dan berikut ada beberapa jenis cemilan sehat dan manfaatnya yaitu:

1. Apel dan susu.

Loading...

Buah apel dan susu merupakan jenis cemilan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apel yang dipercaya ampuh membantu untuk diet karena berkhasiat membuat kenyang lebih lama dan susu yang berkalori rendah juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Apel dan susu merupakan dua jenis makanan yang membantu diet menurunkan berat badan. Menyandingkan cemilan apel dan susu murni tanpa krim merupakan cemilan yang sehat yang bisa memberikan 10 gram protein dan 5 gram serat hanya dengan 200 kalori. Selain untuk diet, susu termasuk jenis cemilan untuk anak kecil usia pertumbuhan antara 1 sampai 2 tahun dan bekal jajan yang bagus untuk anak di sekolah.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Pantangan Diet yang Wajib Dihindari Selama Diet

2. Popcorn.

Popcorn ternyata merupakan salah satu jenis makanan cemilan sehat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian ahli gizi, dengan ngemil 3,5 gelas popcorn, akan mendapat serat sebanyak 4 gram dan protein. Popcorn tidak mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu dengan makan popcorn tidak akan menimbulkan masalah pada kadar kolesterol. Dengan kandungannya tersebut makan popcorn saat diet tidak akan berpengaruh pada berat badan Anda malah sebaliknya bisa membantu pemenuhan gizi dan protein untuk menjalani program diet tersebut.

Manfaat ngemil popcorn dengan kandungan proteinnya akan memaksimalkan kinerja hormon dan menambah energi untuk tubuh. Disamping itu, popcorn dapat mencukupi kebutuhan serat dan protein. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan untuk menghindari masalah susah buang air besar. Maka tak salah jika Anda menjadikan makanan ini sebagai cemilan sehat untuk keluarga Anda.

3. Pisang.

Pisang memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin B6 dan serat yang bagus untuk pencernaan. Pisang merupakan cemilan sehat untuk diet yang membantu melancarkan pencernaan dan menyehatkan. Selain itu, pisang juga bagus untuk jantung kita, kandungan kalium pada pisang bermanfaat menyehatkan jantung. Hal ini menjadikan buah pisang termasuk jenis cemilan yang sehat untuk anak dan orang tua (keluarga).

Perlu diketahui manfaat ngemil pisang sebagai buah ditambah sayuran hijau membantu untuk mencukupi vitamin dan nutrisi penting. Memperbanyak ngemil pisang ditambah sayuran hijau akan menjaga stabilnya metabolisme tubuh. Sebaiknya mengkonsumsi pisang sebagai cemilan sehat sebaiknya yang setengah mayang. Hal itu lebih bagus dibandingkan pisang yang benar-benar matang. Pisang setengah matan dapat membantu mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

Baca juga: Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan dengan Mudah dan Praktis Tanpa Olahraga

4. Sayuran Hijau.

Jenis cemilan sehat untuk diet dan untuk anak kecil yaitu sayuran hijau. Tidak hanya utuk diet dan anak-anak saja, sayur hijau sangat bagus untuk orang dewasa. Jenis Cemilan yang bagus untuk keluarga ini akan menjaga kesehatan anak dan orang tua yang mengkonsumsinya. Namun bagi penderita asam urat ada jenis sayuran yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebagai cemilan antara lain,  bayam, selada dan seledri. Ngemil sayur bisa disajikan menjadi salad, sup ataupun untuk jus.

5. Sereal.

Bahan dasar gandum pada sereal. Hal ini yang menjadikan sereal termasuk salah satu cemilan sehat untuk keluarga. Gandum mengandung serat yang tinggi yang baik untuk meningkatkan energi dan membantu pencernaan kita. Dengan menjadikan sereal sebagai bahan untuk ngemil setiap hari akan membuat badan sehat dan bertenaga.

6. Coklat

Coklat termasuk jenis cemilan sehat untuk keluarga namun tidak termasuk cemilan yang baik untuk diet. Manfaat ngemil coklat mampu menurunkan tekanan darah. Nah, jika Anda sedang bermasalah dengan tekanan darah, maka makanlah coklat sebagai cemilan. Disamping itu, manfaat ngemil coklat bisa meningkatkan mood, mengurangi stres dan tekanan fikiran. Perlu diketahui jenis coklat yang sehat untuk cemilan adalah coklat yang memiliki kepekatannya mencapai 72%.

Dengan memakan coklat sebagai cemilan juga akan mencegah dari penyakit jantung, mengurangi tekanan darah dan menekan masalah stres dan emosi Anda. Demikianlah beberapa hal penting tentang cemilan sehat untuk diet dan keluarga. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Salam sehat!!

Baca juga: 6 Langkah Cara Diet Yang Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment