Ciri-Ciri Orang Hamil Menurut Tanda dan Gejala Kehamilan

Ciri-ciri orang hamil menurut tanda dan gejalanya. Kehamilan tentu sangat ditunggu-tunggu bagi ibu yang sudah menginginkan kehadiran si bayi. Mengetahuinya lebih awal tentu akan lebih baik, karena ibu dapat menjaganya dengan baik sejak awal kehamilannya. Ada beberapa ciri-ciri wanita hamil muda yang bisa diketahui pada  1 minggu awal kehamilannya. Tanda-tanda yang muncul dengan adanya perubahan fisik dan non fisik seperti tingkah laku pada wanita hamil (psikis).

Loading...

Pengertian kehamilan sendiri merupakan sebuah masa dimana seorang wanita membawa embrio pada rahimnya. Bagi pasangan yang sudah nikah, kehamilan ini adalah saat-saat yang dinantikan. Meskipun ada pada beberapa pasangan nikah merencanakan menunda kehamilanya. Tak jarang bagi pasangan yang menginginkan kehamilan mencari tahu tentang ciri-ciri wanita hamil muda itu seperti apa?.

Gejala hamil muda atau tanda-tanda wanita sedang hamil, tidak sedikit wanita yang kurang menyadarinya bahwa dirinya sedang memasuki masa kehamilan, baik itu merupakan gejala hamil muda 1 minggu atau bahkan gejala hamil 1 bulan dimana ciri-ciri orang hamil bagi sebagian calon ibu dianggap sebagai gejala tubuh yang lumrah terjadi atau hal yang biasa. Disini waras sehat akan mengulas tentang gejala hamil muda yang bisa dijadikan rujukan untuk para calon ibu agar dapat mengetahui tanda-tanda wanita sedang hamil sejak dini dilihat dari macam gejala yang terjadi pada fase awal kehamilannya.

Ciri-Ciri Orang Hamil (Wanita hamil)Menurut Gejala Awal Kehamilan

Berikut ini ada beberapa gejala awal kehamilan yang umum dialami ibu hamil, yaitu:

ciri-ciri orang hamil
Ciri-Ciri Orang Hamil Menurut Tanda dan Gejala Kehamilan

Perubahan Organ Intim

Loading...

Ciri-ciri orang hamil yaitu adanya perubahan pada organ intim, perubahan yang terjadi adalah perubahan warna menjadi lebih merah atau lebih ungu dari biasanya. Hal ini terjadi karena banyak peredaran darah ke arah tersebut. Kemudian ditandai juga dengan bercak warna putih susu yang bukan merupakan bercak keputihan. ini terjadi karena adanya penebalan pada organ tersebut. Dua perubahan tersebut terjadi setelah pembuahan sehingga bisa dijadikan acuan bahwa sedang mengalami awal kehamilan.

Rasa Geli Pada Puting

Biasanya gejala ini dialami pada awal kehamilan, yaitu seminggu setelah pembuahan. hal ini disebabkan karena hormon kehamilan menyebabkan suplai darah ke [email protected]@ meningkat, sehingga menimbulkan rasa geli.

Flek saat Menstruasi

Ketika menstruasi yang seharusnya tiba, hanya menimbulkan adanya flek berwarna kemerahan atau coklat. Pada umumnya akan dibarengi dengan kram seperti saat menstruasi.

Mual

Mual adalah gejala awal kehamilan yang paling umum di alami seorang wanita. Biasanya di mulai pada minggu keempat sampai keenam kehamilan. Mual yang hebat bisa menyebabkan muntah. Rasa mual pada ciri-ciri orang hamil ini disebut dengan moorning sickness. Meskipun dengan nama itu, rasa mual ini bisa datang dan terjadi kapan saja selama awal kehamilan.

[email protected][email protected]@ Sensitif dan Terasa Bengkak

Gejala ini mirip dengan saat wanita menstruasi. [email protected]@ menjadi sangat sensitif dan terasa nyeri saat tersentuh.

Mudah Lelah dan Sering Buang Air Kecil

Hormon yang muncul saat hamil membuat wanita cepat lelah dan capek serta emosional. Selain itu, sering buang air kecil.  Gejala ini dialami ibu hamil saat usia kehamilan mencapai enam minggu.

Areola Lebih Gelap

Gejala ini dimulai pada usia kehamilan delapan minggu, area puting yang disebut juga areola terlihat lebih hitam atau gelap dan puting lebih menonjol.

Ngidam

Ciri-ciri orang hamil muda yang umum terjadi adalah ngidam. Ibu hamil memiliki keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu yang biasanya dibarengi dengan indra penciuman yang lebih sensitif, seperti tidak menyukai bau parfum atau lainnya.

Jadwal Menstruasi Terlambat

Semua wanita pasti pernah mengalaminya. Namun bagi wanita yang mempunyai jadwal haidnya tidak teratur, maka gejala ini bisa tidak terlihat atau dirasakan.

Baca juga: Tanda Tanda Kehamilan Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Fisik dan Psikis

Ada beberapa ciri-ciri wanita hamil yang dilihat dari kegiatan respon fisik atau bentuk fisik yang bisa dilihat. Seperti yang disebutkan diatas, ibu hamil akan mudah lelah. Selain itu, mudah mengantuk meskipun dalam keadaan yang prima. Hal ini adalah sesuatu yang wajar dan umum dialami oleh ibu hamil yang terjadi saat awal kehamilan.

Selain rasa kantuk, pada masa kehamilan muda indera ibu hamil menjadi sangat peka dengan mencium sedikit bau-bauan akan sangat mengganggu perasaannya. Kulit juga mengalami perubahan menjadi lebih sensitif. Ditambah lagi dengan frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal ini terjadi pada cici-ciri orang hamil pada usia kehamilan minggu keenam.

Selain ciri-ciri secara fisik, pada wanita hamil memiliki gejala atau tanda perubahan perilaku atau sikap (psikis). Adapun gejala ini termasuk ngidam atau keinginan memakan sesuatu yang sangat diinginkan. Banyak kejadian yang manarik dan unik yang terjadi selama wanita ngidam. Ada yang meminta makan buah yang tidak biasa ia sukai, atau meminta jenis makanan yang paling ia tidak suka selama ini. Hal ini oleh sebagian masyarakat mempercayai bahwa permintaan ibu hamil merupakan permintaan dari si bayi. Mitos ini sampai saat ini masih ada dalam masyarakat dan masih ada yang mempercayainya. Meskipun secara medis hal ini belum ada pembuktiannya secara ilmiah.

Ciri-ciri orang hamil muda berikutnya adalah terjadinya mood yang mudah naik turun, dari yang semula bahagia tiba-tiba merasa sedih, menangis dan lainnya. Hal ini umum terjadi karena adanya pengaruh hormon kehamilan. Namun tidak semua ciri-ciri wanita hamil tersebut tidak mesti dialami. Ada sebagian ibu hamil yang tidak mengalaminya.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan (Ciri-Ciri Orang Hamil Muda)

1. Perubahan Bentuk Tubuh

Perubahan tubuh yang terjadi bukan hanya perut yang mulai membesar atau membuncit ketika seorang wanita hamil. Namun terjadi juga pada daerah-daerah lainnya, seperti paha, pantat, dada dan lengan, biasanya mengalami pembengkakan.

2. Kram Perut

Ciri-ciri orang hamil ditandai juga dengan mengalami kram perut.  Kram perut pada awal kehamilan terjadi secara teratur. Kondisi ini akan terus terjadi hingga usia kehamilan trimester kedua.

3. Sakit kepala dan Pusing

Gangguan ini terjadi pada ibu hamil karena pengaruh rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah rendah. juga bisa disebabkan karena pasokan darah yang meningkat di seluruh tubuh, hal ini juga bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing ibu hamil. BahayaTekanan darah rendah pada ibu hamil harus diwaspadai karena hal ini akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Begitu juga tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil juga bisa berpengaruh pada ibu dan janin.

4. Sembelit dan Sering Meludah (hipersalivasi)

Ciri-ciri orang hamil muda adalah mengalami susah buang air besar atau BAB. Hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron. Hormon ini selain dapat mengendurkan otot-otot rahim, juga mengakibatkan pengenduran otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit. Namun sembelit ini bermanfaat pada ibu hamil. Diantara fungsi kendurnya otot dinding usus dimungkinkan penyerapan nutrisi akan lebih maksimal oleh usus.

Selain itu gejala kehamilan juga ditandai dengan sering meludah. Ini terjadi karena pengaruh perubahan dari hormon estrogen pada umumnya sering meludah pada ibu hamil terjadi pada trimester pertama. Kondisi suka meludah ini akan menghilang manakala usia kehamilan memasuki trimester kedua.

5. Naiknya Temperatur Basal Tubuh

Jika sedang hamil, maka temperatur basal tubuh pada wanita akan naik atau meningkat. Kondisi ini terjadi selama kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi seperti sebelum terjadi kehamilan.

6. Sakit Punggung

Biasanya pada sebagian ibu hamil akan mengalami sakit punggung yang mungkin tidak pernah ia alami sebelumnya. Sakit ini terjadi pada bagian bawah punggung terasa nyeri. dan kondisi ini akan bertahan selama masa kehamilan hingga waktu persalinannya nanti.

7. Gejala PMS

Gejala PMS biasanya terjadi pada wanita yang akan mengalami menstruasi atau haid. Ibu hamil akan merasakan PMS seperti, perut kembung, sakit pada pinggang yang dibarengi rasa nyeri pada dada. Namun haid tak kunjung terjadi.

Untuk lebih memastikan Apakah Anda hamil atau tidak maka lakukan test pack  yang bisa Anda beli alatnya pada apotek-apotek terdekat dan dilanjutkan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk lebih memantapkan hasilnya. Demikianlah pembahasan tentang Ciri-Ciri Orang Hamil Menurut Tanda dan Gejala Kehamilan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mendapat Anak Laki-Laki Saat Hamil Paling Ampuh

 

Loading...

Leave a Comment