Daun Seledri dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kecantikan

Daun seledri dan manfaatnya untuk kesehatan kecantikan. Seledri atau apium graveolens merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya sebagai pembersih ginjal, menyehatkan rambut, diet untuk menurunkan berat badan dan untuk kecantikan wajah, serta banyak lagi lainnya. Rempah daun beraroma mengandung banyak vitamin dan kaya serat yang membuat daun seledri merupakan tanaman yang baik untuk dikonsumsi. Bahkan, sayuran hijau yang satu ini, bisa dimakan dalam keadaan segar atau bisa dikonsumsi dengan membuatnya menjadi jus. Lalu apa saja manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan?.

Loading...

Daun seledri memiliki manfaat yang luar biasa khususnya untuk ibu hamil. Salah satu manfaat seledri untuk ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit. Kandungan  kalium, vitamin C dan asam folat, serta kandungan air pada seledri juga mampu memenuhi kebutuhan cairan untuk ibu hamil dan bisa mencegah masalah dehidrasi. Simak Ulasan lengkapnya di bawa ini.

Manfaat Daun Seledri Untuk Ibu Hamil

Mencegah Sembelit

Seledri kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda mencegah sembelit dan wasir. Kedua masalah ini sangat rentan dialami oleh ibu hamil di masa kehamilan trimester pertama dan kedua. Untuk pencegahan sembelit dan wasir pada ibu hamil, konsumsilah rutin seledri selama kehamilan.

Mengontrol Tekanan Darah

Loading...

Hipertensi pada ibu hamil sebaiknya jangan sampai terjadi karena bisa membahayakan kehamilannya. Apalagi pada saat keadaan hormon meningkat, maka aliran darah menjadi tidak lancar dalam waktu sementara. Oleh sebab itu, sangat baik bagi ibu hamil mengkonsumsi seledri untuk mencegah terjadinya hipertensi pada masa kehamilan nya.

daun seledri
Daun Seledri dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kecantikan

Menenangkan Saraf

Ibu hamil rentan mengalami kekakuan saraf atau saraf tegang. Banyak penyebab dari kekakuan saraf ini, antara lain, kecapean dan juga stres pada ibu hamil. Untuk mengatasinya perbanyaklah mengkonsumsi daun seledri, jadikan seledri menu makanan Anda. hal ini akan sangat bermanfaat untuk menenangkan saraf selama kehamilan.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Selain hipertensi, ibu hamil juga rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol. Jika tidak dikendalikan, bisa menyebabkan masalah pada kehamilannya dan kesehatan pada janinnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Kandungan vitamin C pada seledri cukup tinggi, selain itu antioksidannya. Daun seledri bisa membantu ibu hamil meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsinya akan bisa menghindari flu batuk yang di sebabkan oleh cuaca, khususnya musim hujan.

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, yang selalu bekerja. Tugas ginjal adalah menyaring racun dan kotoran dan zat-zat yang akan membahayakan bagi tubuh. Maka pantaslah dengan kerja yang berat ini ginjal termasuk organ vital tubuh manusia.

Ginjal yang bekerja terus menerus membuat fungsi ginjal bisa menurun. Karena itulah banyak yang mencari cara untuk meningkatkan kinerja ginjal atau cara alami untuk mencuci ginjal. Mencuci ginjal merupakan cara terbaik untuk memelihara kesehatan ginjal agar ginjal tidak kehilangan fungsinya dan badan tetap sehat. Hal ini dikarenakan Anda akan terbebas dari racun-racun dan  zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Namun untuk mencuci ginjal dengan cara medis akan mahal harganya. namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mencuci darah Anda dengan mudah dan murah, yaitu dengan menggunakan obat tradisional pencuci darah menggunakan daun seledri.  Anda bisa mengkonsumsinya atau meminum rebusan seledri secara teratur. Seledri memang merupakan pembersih terbaik bagi ginjal Anda. Air seni yang keluar akan membawa garam dan juga racun-racun yang terkumpul dalam tubuh sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga. Betapa besar manfaat daun seledri untuk ginjal ini. Namun sayangnya masih sedikit orang mengetahuinya bahwa seledri sebagai cara alami mencuci ginjal.

Manfaat Daun Seledri Untuk Wajah

Tidak hanya bermanfaat sebagai pencuci ginjal alami saja, seledri juga bisa bermanfaat untuk Kecantikan. Khususnya  untuk kecantikan kulit wajah Anda. Ada 3 manfaat seledri untuk Wajah, yaitu:

 1. Mengatasi Wajah Berminyak

Manfaat yang pertama, bahwa seledri bisa mengatasi masalah minyak berlebih pada kulit wajah Anda, tanpa membuatnya kering dan kusam. Cara mengatasi minyak berlebih pada wajah dengan seledri sangat mudah untuk Anda lakukan di rumah. Caranya, Ambil 3 batang seledri yang masih segar, rebus  air sampai mendidih. Potong seledri bersama daunnya dengan ukuran kecil yang telah dicuci terlebih dahulu. Kemudian masukkan irisan tersebut dalam panci dan tuangkan air mendidih tersebut ke cangkir. Kemudian tutup dan diamkan hingga dingin. Selanjutnya simpan di kulkas.

Gunakan air rendaman seledri ini untuk membasuh muka menjelang Anda tidur, biarkan hingga mengering pada wajah tanpa dikeringkan pakai handuk. Besoknya bilas menggunakan air yang bersih. Dengan rutin melakukannya minimal 2 sampai 3 kali seminggu, maka wajah Anda akan terbebas dari masalah minyak berlebih pada kulit wajah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Ternyata seledri bisa mengatasi penuaan dini. Siapa sih yang mau kelihatan tua sebelum masanya, tentu Anda tidak mau bukan?. Pada seledri mengandung selenium, potassium, Magnesium, kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk peremajaannya. Seledri juga mengandung asam lemak omega 6 yang membantu menjaga kulit wajah tetap kenyal dan nampak bersih bersinar. Daun seledri akan melembabkan kulit sehingga mencegah dari kekeringan.

Cara  Alami mencegah penuaan dini dengan menggunakan seledri. Nah, berikut ini cara membuat ramuan tradisional dan alami untuk mencegah penuaan dini. Yaitu, dengan menyediakan 3 sampai 5 helai daun seledri segar dengan batangnya. Cuci bersih seledri dan potong-potong kecil lalu masukkan ke dalam blender dengan menambahkan sedikit air. Setelah halus atau membentuk pasta, lalu tuangkan pasta seledri  ke dalam mangkuk. Oleskan ramuan tersebut ke wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

3. Menutrisi Kulit Wajah

Kandungan nutrisi pada seledri  bisa membantu Anda dalam proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun  yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah Anda. Proses regenerasi sel-sel kulit pun akan sangat terbantu dengan seledri sebagai bahan perawatan wajah.

Cara menutrisi kulit wajah dengan seledri sangat mudah dilakukan, yaitu dengan meminumnya. Anda bisa membuatnya menjadi jus. Jika Anda tidak suka meminumnya, Anda masih tetap bisa memperoleh manfaatnya dengan cara membuat masker seledri. Nah, bagaimana cara membuat masker seledri untuk kulit wajah. Caranya, siapkan 2 sampai 3 helai daun seledri dan juga batangnya yang masih segar. Potong-potong kecil kemudian cuci, masukkan ke dalam blender dan haluskan hingga seperti pasta.

Tuangkan pasta seledri ke dalam mangkuk, lalu campurkan 1 sendok makan minyak almond, 1 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan oatmeal. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker seledri tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan pembilasan menggunakan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan handuk dengan cara menepuk-nepuk. Dengan melakukannya 2 sampai 3 kali selama seminggu maka wajah Anda akan sehat dan bersih serta bercahaya. Demikianlah pembahasan tentang Daun Seledri dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kecantikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Seledri : Manfaat dan Khasiatnya Untuk Wajah Rambut dan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment