10 Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengobati demam berdarah Secara alami. Demam berdarah atau  DBD. (demam berdarah dengue) adalah salah satu penyakit yang pesat penyebarannya. Penanggulangan dan cara mengatasinya bisa dengan ramuan tradisional obat demam berdarah. Pada kesempatan ini waras sehat akan membagikan cara mengobati demam berdarah alami menggunakan ramuan herbal.

Ramuan tersebut terbuat dari bahan-bahan herbal seperti daun jambu biji dan daun pepaya. Namun sebelum saya bagikan tips cara mengobati demam berdarah secara alami. kita bahas terlebuh dahulu pengertian dan penyebab demam berdarah. Satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini, penyebarannya di beberapa negara tropis. Termasuk di kawasan Asia tenggara, di indonesia sendiri kasus dbd masih tergolong tinggi. Pengaruh kebersihan yang buruk masih menjadi penyebabnya.

Pengertian Demam Berdarah Dan Penyebabnya.DBD disebabkan oleh virus yang berjenis flavivirus, yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albapictan. Biasanya Gejala yang dialami oleh penderita dbd adalah kondisi demam yang tinggi selama bebeerapa hari. Selain itu sakit kepala terutama pada  bagian belakang, belakang mata dan kepala bagian depan.

cara mengobati demam berdarah secara alami

Loading...

Penderita juga mengalami mual dan muntah, nafsu makan berkurang, rasa nyeri pada seluruh persendian, tulang, otot dan mulut menjadi kering. Namun tipe DBD beraneka macam. Oleh karena itu, diagnosisnya melalui pemeriksaan tes darah. Kondisi menjadi berbahaya, manakala terjadi penurunan trombosit dan meningkatnya resiko pendarahan. Pada keadaan ini maka butuh obat dbd menaikkan trombosit untuk solusinya.

Saat tubuh diserang virus demam berdarah, organ liver dan ginjal bekerja keras karena sistem daya tahan tubuh sedang berusaha melawan virusnya. Dalam cara mengobati demam berdarah secara alami, kita memerlukan bahan-bahan alam yang mampu meningkatkan trombosit, bersifat antivirus, dan melindungi fungsi liver dan ginjal. Saat ini belum ada obat dbd menaikkan trombosit di apotik. Jadi, untuk kasus dbd yang berat, sebaiknya penderita dirawat dirumah sakit.

Baca juga: Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Ramuan Herbal Alami

Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami dengan Tanaman Herbal

Ada beberapa obat dbd paling ampuh yaitu dengan ramuan herbal tradisional. Hal ini berlaku pada penderita yang mengalami gejala awal saja. Jika sudah dalam keadaan berat, obat ini hanya berfungsi membantu dalam penyembuhan saja. Berikut ini obat dbd paling ampuh dengan ramuan tradisional:

1. Daun Jambu Biji

Sama seperti beberapa tanaman alami di atas jambu biji juga mengandung flavonoid, yang berkhasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Daun jambu biji mengandung beberapa senyawa yang kaya manfaat, seperti tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Sedangkan buahnya kaya akan vitamin c.
Dalam beberapa penelitian, tanin yang terkandung dalam daun jambu biji telah terbukti melambat dan bahkan menghambat aktivitas enzim transcripstase ereverse dari virus dengue

Obat dbd paling ampuh yang pertama dengan ramuan daun jambu biji. Ramuan ini berbahan antara lain, satu genggam daun jambu biji dan 3 gelas air. Cara membuatnya sebagai berikut: Rebus daun biji dengan 3 gelas air hingga menjadi tersisa 1 gelas, minum sehari 2 kali selama empat hari.

2. Buah Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru. Lalu, karena pasien demam berdarah sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna, sebaiknya proses dulu jambu biji jadi jus yang lembut. Kandungan airnya juga baik untuk mencegah dehidrasi.

Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

Cara mengobati demam berdarah secara alami dengan buah jambu biji adalah seperti berikut. Siapkan 1 buah jambu biji, 10 gram kunyit, 10 gram temulawak dan air secukupnya. Cara membuatnya, cuci terlebih dahulu semua bahan, lalu diblender, kemudian saring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Daun Pepaya

Dua peneliti dari India telah meninjau laporan penelitian yang telah dilakukan dan menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah seseorang yang memiliki demam berdarah dengue. Hal ini diduga karena daun pepaya dapat membantu menstabilkan dinding sel trombosit sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa menggunakan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan mencuci dulu menggunakan air sampai bersih. Bahan yang diperlukan, 2 helai daun pepaya muda bagian tengah dan air secukupnya. Cara membuatnya, blender daun pepeya dengan air putih, lalu saring. Minum 30 ml, minum 3 kali sehari sampai sembuh.

4. Meniran

Salah satu tanaman herbal yang diyakini mampu mengatasi demam berdarah. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya berkhasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Selain flavonoid, meniran juga mengandung beberapa senyawa yang kaya manfaat seperti alkaloid, asam fenolik, tanin dan triterpenoid.

5. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa yang kaya manfaat dan salah satunya ialah membantu mengobati demam berdarah. Manfaat lain dari kunyit adalah sebagai obat alami untuk infeksi saluran kemih, anti-mikroba, anti-virus, anti-oksidan, anti-tumor, anti-invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan meningkatkan sistem pencernaan yang terserang penyakit.

6. Angkak

Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami. Perlu diketahui, angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.

7. Echinacea

Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

8. Buah dan Sayuran Vitamin C

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. ini membantu dalam perbaikan, pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel tubuh. Pentingnya lagi, vitamin C daoat memberi kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

Anda bisa mengonsumi buah seperti jambu, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi dan mangga untuk membantu proses penyembuhan DBD. Sedangkan sayuran kaya vitamin C yang bisa dikonsumsi saat terkena DBD adalah, kubis, brokoli, kembang kol, dan labu kuning

9. Minum Jus

Penderita demam berdarah cenderung mengalami dehidrasi yang tidak bisa ditanggulangi dengan hanya minum air putih. Dianjurkan setengah diperoleh dari air putih dan setengahnya dari minuman. Minuman tersebut antara lain, air kelapa muda, jus segar, air tebu, air jeruk nipis atau air seduhan beras merah.

10. Makanan Makanan yang Mudah Dicerna

Makanlah  makanan yang mudah untuk dicerna, seperti sup sayur dan ayam, bubur kacang hijau, bubur beras merah dan sayuran pahit seperti pare dan bunga pepaya. Ini akan mempercepat penyembuhan DBD. Hindari makanan jenis olahan, seperti gorengan, berminyak, daging dan bumbu pedas selama masa penyembuhan

Selain makanan pedas, jauhi juga makanan yang terlalu asam, minuman dingin karena akan memperparah dan menjadi lama proses penyembuhannya. Yang lebih penting lagi, istirahatlah yang cukup dan hindari tekanan stres.

Demikianlah Cara mengobati demam berdarah secara alami, semoga cara mengatasi demam berdarah bermanfaat dan Salam Sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Herbal Alami

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *