Diabetes Melitus- Penyebab, Gejala, Pencegahan Dan Pengobatannya

Diabetes melitus (DM) adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula yang tinggi dalam darah yang diakibatkan oleh gangguan sekresi insulin. Diabetes melitus biasa disebut dengan penyakit kencing manis. Dalam kamus bahasa indonesia, pengertian kencing manis adalah penyakit yang menyebabkan air seni atau urin yang diproduksi bercampur zat gula. Kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat menjadi gejala atau tanda awal penyakit diabetes melitus.

Loading...

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab diabetes melitus

Penyebab diabetes melitus pada umumnya disebabkan pola konsumsi makanan yang tidak terkendali, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis yang banyak mengandung kadar gula tinggi. Penyebab diabetes karena kekurangan hormon insulin oleh pangkreas. Insulin mengatur kadar gula dalam darah, ketidakseimbangan insulin menyebabkan timbulnya diabetes.

Penyebab diabetes melitus bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan gula darah tinggi atau hiperglikemia,  yaitu:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung gula, yang mudah diserap oleh tubuh, misalnya permen, es krim dan kue kering.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan seperti minuman bersoda.

Selain itu, penyebab diabetes melitus bisa juga dikarenakan mengonsumsi makanan-makanan lain, yaitu sebagai berikut:

Loading...

1. Gorengan

Sering makan gorengan atau makanan yang digoreng. Gorengan yang kita konsumsi merupakan satu penyebab timbulnya diabetes. Ditambah lagi dengan adanya riwayat keluarga yang mempunyai penyakit diabetes.

Gula makin terikat dengan minyak pada makanan gorengan. Minyak yang menjadi lemak di dalam pembuluh darah akan menghambat sirkulasi darah dan hal itu menyebabkan laju gula darah semakin meningkat.

2. Makanan Manis

Sering ngemil makanan manis juga menjadi penyebab diabetes, karena pada produk-produk manis yang beredar sekarang ini banyak yang menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Ketika seseorang sering ngemil makanan yang bersifat manis, akan memiliki risiko terhadap penyakit diabetes. Disamping itu, gula darah pun cenderung akan meningkat.

3. Kurang olahraga

Aktifitas yang mendukung tubuh untuk meningkatkan kesehatan adalah berolahraga. Saat tubuh jarang melakukan aktivitas dan tidak berolahraga maka kadar gula darah akan naik. Dengan berolahraga seminggu sekali akan membantu mengurangi kadar gula darah.

Gejala Diabetes Melitus

Gejala diabetes melitus

Gejala diabetes melitus bisa dirasakan oleh penderitanya. Ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda jika seseorang terkena penyakit diabetes, yaitu:

1. Mudah Lelah Dan Lemas

Ketika kadar gula darah naik maka efek yang ditimbulkan adalah tubuh menjadi lemas dan mudah lelah. Hal ini merupakan pertanda atau gejala awal diabetes. Hormon insulin yang terproduksi sedikit menyebabkan mudah lelah dan kurang tenaga.

2. Rasa Lapar Yang Berlebihan

Selain lemas dan mudah lelah, gejala diabetes mellitus lainnya adalah cepat merasa lapar. Nafsu makan juga bertambah. hal ini disebabkan karena insulin dalam tubuh kurang sehingga seseorang akan mudah lapar.

3. Kesemutan

Tanda gejala diabetes adalah mengalami kesemutan. Sering mengalami kesemutan maka perlu kita waspada dengan timbulnya penyakit kencing manis atau diabetes.

4. Sering Haus

Mengalami haus wajar setelah kita melakukan aktivitas seperti olahraga misalnya. Namun, jika sering haus tanpa melakukan kegiatan apa apa maka hal itu bisa menjadi gejala diabetes.

5. Sering Buang Air Kecil

Tanda gejala diabetes adalah sering buang air kecil. Masalah ini biasa disebut juga anyang-anyangan. Jika Anda sering merasa ingin kencing dan seringnya melebihi ukuran normal, itu bisa jadi gejala diabetes mellitus. Buang air kecil normalnya adalah kurang dari 1o kali.

Baca juga: Cara Mengobati Diabetes Dengan Minyak Jintan Hitam

6. Pandangan Menjadi Kabur

Gejala diabetes berikutnya adalah gangguan penglihatan. Seseorang yang akan mengalami penyakit diabetes sering mengalami hal tersebut. Pandangan menjadi kabur juga bisa menjadi penyebab penyakit rabun.

Pencegahan Diabetes Melitus

Pencegahan diabetes melitus

Untuk melakukan pencegahan diabetes mellitus , ada hal yang penting untuk Anda ketahui.  Dan inilah cara untuk mencegah penyakit diabetes:

1. Berolahraga

Melakukan aktivitas seperti olahraga akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Dalam beberapa kasus diabetes memang karena kurang melakukan olahraga. Dengan berolahraga setiap hari akan meningkatkan kepekaan Anda terhadap insulin, dan  membantu mengontrol gula darah. Pencegahan diabetes mellitus sangat efektif dengan olahraga teratur.

2. Atasi Stres

Jika Anda mengalami stres, baik karena persoalan pekerjaan atau masalah keluarga, Maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Ketika seseorang itu mengalami kondisi stres jangan anggap remeh, karena jika dibiarkan berlarut-larut maka akan terganggu kesehatannya seperi stroke dan darah tingginya naik. Tidak hanya itu saja, mengatasi stres akan berpengaruh pada pencegahan diabetes mellitus

3. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat dikaitkan gejala diabetes. Dan bahkan menjadi ancaman serius terserang penyakit diabetes. Orang gemuk cenderung mudah terkena penyakit. Nah, salah satu efek gemuk adalah diabetes.

Pengobatan Diabetes Melitus Secara Alami

Pengobatan diabetes melitus

Ada obat untuk mengobati diabetes. Obat alami yang terbuat dari tanaman herbal dan sayuran. Berikut adalah cara mengobati diabetes melitus, yakni:

1. Buncis

Buncis merupakan obat alami untuk diabetes kering yang sangat efektif. Kandungan B-sitosterol pada buncis berkhasiat untuk mempercepat produksi hormon insulin di dalam tubuh dan menjaganya dalam keadaan normal. Manfaat buncis untuk mengurangi gula darah, berikut cara mengolah buncis untuk obat diabetes.

Siapkan setengah kilo buncis lalu bersihkan. Rebus menggunakan 2 gelas air, setelah mendidih angkat buncis dan saring. Minum air rebusan buncis tersebut. Minum 2 kali sehari pagi dan malam. Untuk buncisnya bisa dikonsumsi sebagai menu makanan.

2. Daun Kemangi

Untuk pengobatan diabetes melitus selanjutnya adalah kemangi. Daun kemangi merupakan tanaman alami yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit diabetes. Daunnya bisa digunakan untuk lalapan. Dengan menggunakan daun kemangi sebagai lalapan bisa menormalkan insulin dan mengurangi gula darah dalam tubuh.

3. Mengkudu

Buah mengkudu mengandung proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel sehingga nutrisi akan mudah diserap oleh tubuh. Karena inilah mengkudu bisa bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Pengobatan diabetes melitus menggunakan mengkudu sangat mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, Ambil 1 buah mengkudu, kemudian blender dan peras ambil airnya. Tambahkan madu dan minum. Lakukan sehari 1 sampai 2 kali sehari.

4. Kunyit

Pengobatan diabetes melitus dengan menggunakan kunyit dengan membuatnya menjadi obat tradisional atau ramuan. Kunyit merupakan obat diabetes paling mudah digunakan, dan cara membuat ramuannya pun gampang.

Caranya, ambil 2 ruas/rimpang kunyit dan tambahkan setengah sendok garam. Kemudian rebus dengan satu liter air hingga mendidih. Saring air rebusan kunyit dan biarkan dingin. Setelah dingin minum rebusan kunyit tersebut cukup dengan setengah gelas saja. Minum secara rutin dan teratur 2 kali dalam seminggu.

Demikianlah pembahasan tentang penyakit diabetes melitus dan cara pengobatannya. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Diabetes Dengan Ramuan Herbal

 

Loading...

Leave a comment