6 Cara Diet bagi Penderita Asam Urat yang Benar dan Menu Makanannya

Cara diet bagi penderita asam urat yang benar dan menu makanannya. Gangguan asam urat atau Gout ini  jika tidak diatasi akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, pengaturan pola makan dapat Anda jadikan pilihan untuk mengatasi masalah asam urat. Menu makanan yang diatur sedemikian rupa agar lebih banyak makanan dengan kandungan purin yang rendah.

Loading...

Diet bagi penderita asam urat merupakan hal yang wajib dilakukan agar tidak selalu merasakan rasa nyeri yang sangat pada sendi dan seluruh bagian tubuhnya. Pada prinsipnya menu diet asam urat yaitu dengan mengurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung purin tinggi yang bermanfaat untuk mengontrol produksi asam urat di dalam tubuh. Diantara salah satu contoh menu makanan yang harus dihindari yaitu jenis makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat, seperti semua jenis makanan sea food dan lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang cara diet bagi penderita asam urat yang benar, simak berikut ini.

Cara Diet Bagi Penderita Asam Urat dan Menu Makanan

diet bagi penderita asam urat

Diet untuk penderita asam urat sebaiknya hanya mengkonsumsi makanan dengan kandungan kaya karbohidrat kompleks, protein kadar sedang, dan lemak rendah. Berikut ini cara diet bagi penderita asam urat, yaitu:

1. Pembatasan Purin

Diet bagi penderita asam urat tinggi apabila telah terjadi pembengkakan sendi, maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Diet ini sedikit susah karena semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein, maka hal ini tidak mungkin dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari. pada diet normal biasanya mengandung 600-100 mg per hari.

Loading...

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

2. Kalori Sesuai Kebutuhan

Cara diet bagi penderita asam urat selanjutnya adalah menyesuaikan kebutuhan untuk kalori. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyesuaikan jumlah asupan kalori dengan kebutuhan tubuh Anda, yang berdasarkan tinggi dan berat badan penderita. Penderita asam urat yang mempunyai kelebihan berat badan, berat badannya harus diturunkan dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori. Jumlah asupan kalori yang cukup sedikit, juga bisa meningkatkan kadar asam urat, karena adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin.

3. Tinggi Karbohidrat

Cara Diet bagi penderita asam urat selanjutnya  yaitu meningkatkan konsumsi karbohidrat kompleks. Seperti nasi, roti dan ubi. Makanan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Diet bagi penderita asam urat, Sebaiknya Konsumsilah karbohidrat kompleks ini tidak kurang dari 100 gram per hari. Karbohidrat jenis fruktosa, seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup sebaiknya Anda hindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

4. Rendah Protein

Protein yang terutama dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat Anda. Untuk itu sebaiknya dikurangi sebagai upaya diet bagi penderita asam urat. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi, misalnya hati, ginjal, otak, paru dan limfa. Asupan protein dalam diet bagi penderita asam urat yang dianjurkan adalah sebesar 50 sampai 70 gram per hari. Protein yang disarankan untuk Anda konsumsi adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.

5. Rendah Lemak

Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui urin. Diet bagi penderita asam urat yang baik, yaitu dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Karena hal itu Anda disarankan untuk menghabiskan minuman minimal 2,5 liter atau 10 gelas per hari. Air minum ini bisa berupa seperti, air putih masak, teh atau kopi.

Selain dari minuman tersebut, mengkonsumsi cukup cairan juga bisa diperoleh dari buah-buahan segar yang banyak mengandung air. Buah-buahan yang baik untuk diet bagi penderita asam urat adalah semangka, melon, blewah, nanas, blimbing manis dan jambu air. Selain buah-buah tersebut, buah-buahan lain juga boleh dikonsumsi karena pada buah sangat sedikit kandungan purin nya. Namun ada buah yang sebaiknya Anda hindari. Yaitu, alpukat dan durian, karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

6. Tanpa Alkohol

Cara diet bagi penderita asam urat yang selanjutnya adalah menjauhi konsumsi alkohol. Menurut penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengkonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh Anda.

Demikianlah pembahasan singkat tentang bagaimana cara diet bagi penderita asam urat yang benar dan yang disarankan untuk membantu mengurangi kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca semua, khususnya bagi Anda penderita asam urat tinggi. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat Dengan Pengobatan Tradisional

Loading...

Leave a Comment