6 Efek Samping Buah Naga dan Bahayanya Pada Kesehatan Tubuh

Efek samping buah naga dan bahaya pada kesehatan tubuh. Efek makan buah naga merah secara berlebihan ternyata menimbulkan bahaya meskipun seperti diketahui bahwa buah naga termasuk makanan sehat dan memiliki banyak kandungan gizi. Buah yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi tersebut dapat memicu terjadinya masalah dengan dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah yang banyak. Hal ini tidak hanya berlaku pada buah naga merah saja namun pada jenis yang lain seperti buah naga ungu, kuning, putih dan lainnya.

Loading...

Ada banyak efek samping buah naga pada tubuh jika dimakan berlebihan diantaranya dapat memicu perut kembung, diare dan bisa menyebabkan masalah perlemakan hati. Lantas, bagaimana cara mencegah bahaya buah naga agar tidak terjadi?. Caranya dengan mengkonsumsi sesuai takaran yaitu 2 sampai 3 porsi saja perhari. Jika makan lebih dari porsi tersebut maka rentan efek samping seperti yang disebutkan tadi. Nah, untuk lebih lengkapnya tentang efek samping buah naga dan bahayanya untuk kesehatan, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bahaya dan Efek Samping Buah Naga Pada Kesehatan

Seperti diketahui bahwa mengkonsumsi buah-buahan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Seperti halnya buah naga. Buah naga banyak memberikan khasiat kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan pada buah ini memiliki kandungan serat yang banyak dan juga mengandung vitamin C tinggi. Disamping itu, buah naga memiliki antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas yang bisa mempengaruhi kesehatan. Dengan kandungannya tersebut, manfaat buah naga bisa mencegah penyakit jantung, diabetes dan masih banyak lainnya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan maka sebaiknya Anda harus mengerti juga efek samping buah naga bagi kesehatan. Apa saja bahayanya?. Berikut adalah ulasan lengkap tentang bahaya buah naga untuk tubuh jika dimakan secara berlebihan, yaitu:

1. Perut Menjadi Kembung

Loading...

Efek buah naga pada tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak yaitu perut kembung. Perut kembung atau bengah ini terjadi karena kandungan mineral pada buah naga yang diserap tubuh dalam jumlah yang banyak dan berlebih. Akibatnya perut terasa kembung seperti masuk angin dan bengah yang membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk mencegah efek samping buah naga tersebut maka penting memakannya dalam jumlah atau porsi yang dianjurkan 2 sampai 3 porsi saja.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

2. Penyebab Penyakit Diabetes

Ternyata efek samping buah naga yang dimakan dalam jumlah yang banyak dan terlalu sering dapat memicu peluang terkena penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan pada buah naga mengandung banyak gula yang cukup tinggi. Dengan demikian, seseorang yang memiliki kadar gula dalam tubuh tinggi kemudian makan buah naga secara tidak wajar maka akan meningkatkan jumlah kadar gula tersebut dan kemudian berisiko terkena penyakit diabetes.

Apalagi dalam penyajiannya ditambah pemanis seperti gula saat dibuat menjadi jus maka efek samping buah naga terhadap diabetes makin berpeluang terjadi. Oleh karenanya, sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah naga sangat disarankan untuk mengetahui keadaan kadar gula dalam tubuh Anda. Jika memang memiliki kadar gula tinggi maka jangan membiasakan makan buah naga ini.

3. Menimbulkan Diare

Mengkonsumsi buah naga dalam porsi yang banyak atau lebih dari 3 porsi sehari bisa menimbulkan gangguan pencernaan yaitu diare. Maka jangan heran jika mencret setelah makan buah naga ini akibat tidak mengontrol saat memakannya atau meminum jus buah naga. Selain diare, efek samping buah naga bisa menyebabkan tinja menjadi keras sehingga berisiko menyebabkan sakit perut karena sembelit atau susah buang air besar (BAB). Disamping itu, makan buah naga bab jadi merah dan air kencing jadi merah.

4. Menyebabkan Penyakit Maag

Sangat dianjurkan dalam mengkonsumsi buah naga sesuai takarannya jangan terlalu sering dan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan bahwa konsumsi buah naga atau minum jusnya berpotensi menyebabkan penyakit maag. Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, maka dengan mengkonsumsi berlebihan buah naga ini akan membuat maag kambuh kembali. Ini semua dikarenakan pada buah naga memiliki kandungan zat asam yang dapat memicu naiknya asam lambung. Dengan keadaan asam lambung yang tinggi maka peluang mengalami maag akan lebih tinggi.

Untuk mencegah efek samping buah naga yang bisa menyebabkan maag yaitu sangat dianjurkan sebelum memakan buah naga atau minum jusnya sebaiknya setelah makan. Jangan makan buah naga dalam keadaan perut masih kosong jika tidak ingin menderita maag setelah mengkonsumsinya.

5. Kepala Pusing

Efek samping buah naga yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan berlebihan bagi sebagian orang bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. Maka jangan kaget, jika Anda mengkonsumsi buah naga ini terlalu sering dalam porsi yang banyak maka akan mengalami pusing setelah makan buah naga tersebut.

6. Mual dan Muntah

Efek samping buah naga untuk ibu hamil biasanya akan menyebabkan mual dan muntah. Selain itu, pusing dan sembelit jika wanita hamil mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya manfaat buah naga sangat baik untuk bumil karena dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi untuk kesehatannya. Namun jika zat besi pada buah naga ini diserap oleh tubuh terlalu banyak maka akan mengalami efek pusing, mual, sembelit bahkan muntah dan feses menjadi berwarna hitam. Oleh karena itu untuk mengatasi efek bahaya tersebut maka penting untuk tidak berlebihan mengkonsumsinya dan makan buah naga bersamaan dengan minum teh, susu dan kopi.

Itulah tadi beberapa efek samping buah naga dan bahayanya. Sebagai pencegahan agar tidak mengalami efek tersebut maka sebaiknya perhatikan aturan makan buah naga tersebut seperti makan sehari cukup 2 sampai 3 porsi. Selain itu, perhatikan kondisi gula darah dalam tubuh Anda dan makan buah naga dalam keadaan perut sudah terisi. Demikianlah cara mengkonsumsi buah naga yang benar agar terhindar dari bahaya-bahayanya. Semoga info ini bermanfaat dan salam sehat!!

 

Baca juga: Bahaya Mencampur Susu Dengan Buah Dan Teh

Loading...

1 thought on “6 Efek Samping Buah Naga dan Bahayanya Pada Kesehatan Tubuh”

Leave a Comment