efek samping makan belerang

Efek Samping Makan Belerang dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping makan belerang dan bahayanya bagi kesehatan tubuh. Kegunaan belerang untuk kulit memang sudah dikenal luas sebagai obat alami kulit. Diantara manfaat belerang untuk kulit antara lain bisa membantu mengobati panu, kadas, dermatitis, borok dan menghilangkan jerawat. Bahkan penggunaan olesan belerang diyakini bisa menghilangkan ketombe. Dari sekian banyak manfaatnya, ternyata belerang juga bisa menimbulkan bahaya belerang jika dimakan atau ditelan. Sebagian orang atau masyarakat masih menggunakan cara-cara ekstrim dalam penyembuhan masalah kulit, yaitu dengan memakan belerang.

Loading...

Apa efek samping makan belerang ini?. Pada kasus cara menyembuhkan kurap dan panu, Masyarakat atau sebagian orang masih menganggap khasiat efek samping makan belerang ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit. Sebagai contoh makan belerang untuk obat panu dan kurap. Pengobatan penyakit kurap dan panu tersebut, dengan memakan 1 sendok belerang yang dihaluskan dan dicampur dengan telur goreng. Hal ini tentu akan menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh. Nah, untuk jelasnya tentang apa saja bahaya belerang atau efek samping makan belerang untuk pengobatan penyakit kulit tersebut. Berikut ini informasinya.

Bahaya dan Efek Samping Makan Belerang Pada Tubuh

efek samping makan belerang

Manfaat makan belerang kuning untuk menyembuh penyakit kulit dengan cara dimakan adalah tidak benar. Belerang yang di telan akan membahayakan tubuh dan mukosa lambung. Efek samping makan belerang akan lebih meluas dan membahayakan seiring jumlah takaran yang digunakan dan seberapa sering memakannya.

Untuk mencegah efek samping makan belerang tentu dengan menghindari memakannya. Dianjurkan untuk cara aplikasi yang benar dalam menggunakannya seperti pada penyembuhan masalah kulit seperti eksim, borok dan gatal-gatal atau yang lainnya. Kegunaan belerang untuk kulit telah diakui bisa mengatasi masalah pada kulit seperti panu, kadas atau pun lainnya dan terbukti benar, namun bukan dengan cara di makan atau dikonsumsi.

Loading...

Baca juga: Wajib Baca, Inilah Rahasia Pengaruh Belerang Bagi Manusia

Penggunaan atau kegunaan belerang untuk kulit yang benar untuk obat kulit yaitu dengan mengolesnya sebagai krim atau salep kulit. Selain mengoles atau membalurkan belerang pada kulit, Ada cara lain mengatasi masalah kulit dengan belerang yang disarankan yaitu dengan berendam di air belerang. Dan berikut ini adalah efek samping makan belerang yaitu:

1. Merusak Lambung

Efek samping makan belerang yang paling utama adalah merusak lambung. Dengan mengkonsumsi belerang meski dalam takaran yang sedikit maka akan berpengaruh pada mukosa lambung. Dalam jangka waktu yang lama dan intensitas mengkonsumsi belerang yang semakin sering akan memicu kerusakan yang lebih parah pada dinding lambung.

2. Proses Pencernaan Terganggu

Bahaya makan belerang akan mengakibatkan rusaknya mukosa dan dinding lambung. Hal tersebut tentu akan mengganggu proses pencernaan makanan. Akibat memakan belerang organ lambung dan usus akan mengalami penurunan kinerja dari akibat atau efek samping makan belerang yang dilakukan.

3. Masalah Pada Ginjal

Efek samping makan belerang selanjutnya juga akan menimbulkan masalah pada ginjal. Ginjal atau filter tubuh yang menyaring racun atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh akan mengalami penumpukan zat sulfur dan hal tersebut tentu akan mengganggu kesehatan dan kinerja jantung. Bahkan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

4. Menyebabkan Diare

Pada kasus yang lain efek samping dari makan belerang yaitu menyebabkan diare. Apalagi memakan belerang dilakukan oleh ibu hamil maka akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan juga. Seperti gangguan organ-organ penting pada janin tersebut. Apakah boleh ibu hamil mengoles belerang pada kulit?. Jika penggunaannya dengan dioles atau dibalurkan maka akan aman. Namun dalam kadar yang wajar dan tidak terlalu sering. Karena penggunaan dengan cara dioles pun kan menimbulkan efek sampingnya, yaitu kulit menjadi kering dan bersisik. Demikianlah ulasan singkat tentang bahaya dan efek samping makan belerang dalam menyembuhkan penyakit kulit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Comments

    dedi santosa

    ( - )

    dulu waktu kecil saya sering makan belerang campur telur ayam kampung,
    saya mengkonsumi nya 3 hari sekali selama -+ 10 thn,
    tpi alhamdulillah sya tidak merasakan efek samping apapun, dan sya sekarang baru tahu klo belerang tidak boleh dikonsumsi, terimakasih infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *