Apa Efek Samping Masker Kopi Jika Menggunakannya Setiap Hari?

Apa efek samping masker kopi jika menggunakannya setiap hari?. Bubuk kopi yang selama ini dibuat sebagai minuman ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan sebagai scrub alami. Penggunaan kopi sebagai scrub akan membuat wajah menjadi lebih cerah karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bukan itu saja, ada banyak manfaat bubuk kopi untuk wajah yang bisa didapatkan dengan membuatnya menjadi masker wajah. Masker kopi dipercaya mampu mengatasi masalah pada kulit wajah seperti menghilangkan  jerawat dan bekasnya, mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak.

Loading...

Namun dari manfaat kopi untuk wajah tersebut jika pemakaian masker dilakukan dengan cara-cara yang tidak benar maka akan menimbulkan efek samping pada kulit. Namun sebelum membahas lebih lengkap tentang apa efek samping masker kopi pada kulit wajah, ada baiknya Anda mengetahui cara pemakaian masker kopi yang benar akan terhindar dari bahayanya pada kulit.

Efek Samping Masker Kopi dan Cara Mencegahnya

Sebetulnya efek samping penggunaan masker kopi tak perlu terjadi jika Anda memakainya dengan cara yang benar. Intinya, Anda memperhatikan berapa sering seharusnya pemakaian masker kopi tersebut. Untuk lebih melengkapi info tentang pencegahan efek samping masker kopi berikut ini adalah panduan cara membuat masker kopi dan aturan pemakaian yang benar, yaitu:

  • Sebaiknya Anda memilih bubuk kopi yang halus tidak kasar, sebagai contoh menggunakan bubuk kopi kapal api.
  • Hal ini bertujuan agar tidak melukai kulit saat mengoleskannya.
  • Lakukan pemakaian masker kopi 1 sampai 2 kali dalam seminggu, jangan Anda menggunakannya setiap hari.
  • Hindari Menggosok saat mengoles masker kopi dengan keras, sebaiknya gunakan kuas lembut khusus wajah.
  • Jika terjadi iritasi yang disebabkan tidak cocok pada kulit Anda maka segera mungkin untuk dihentikan pemakaiannya.
  • Gunakan bubuk kopi sesuai dengan takaran dan jangan terlalu berlebihan (Banyak).
  • Untuk lebih mengetahui cara pembuatan masker kopi dengan takaran bahan yang pas maka simak ulasan pada artikel ini : Masker Kopi Untuk Wajah – Manfaat dan Cara Membuatnya dengan Benar

Selanjutnya, apa efek samping masker kopi jika dilakukan setiap hari?. Seperti diketahui memakai masker kopi setiap hari atau terlalu sering maka bisa menimbulkan kulit wajah menjadi kering, terlihat kusam dan bahkan iritasi. Biasanya iritasi yang disebabkan oleh masker kopi disebabkan oleh jenis kulit wajah yang sensitif. Oleh sebab itu, untuk menggunakan masker kopi sebaiknya Anda perhatikan jenis kulit wajah Anda termasuk jenis kulit sensitif atau tidak. Lantas, apakah kulit sensitif tidak boleh menggunakan masker kopi?. Boleh saja memakai masker kopi untuk kulit sensitif dengan aturan pemakaian 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Untuk lebih baiknya bagi yang memiliki kulit sensitif dan ingin mencoba memakai masker kopi maka dicoba dulu dengan pemakaian 1 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari iritasi. Jika dirasakan pemakaian 1 kali dalam seminggu tidak menimbulkan efek samping masker kopi yaitu iritasi maka bisa dilanjutkan dengan pemakaian 2 kali dalam seminggu.

Loading...

Lantas bagaimana efek samping masker kopi yang dicampur dengan madu, minyak zaitun, yoghurt, susu dan lainnya. Meskipun menggunakan campuran bahan alami namun jika takaran berlebihan dan penggunaan yang terlalu sering seperti setiap hari maka tetap menimbulkan efek samping. Bahkan untuk kulit sensitif pakai masker kopi setiap hari dengan bahan lain dapat menimbulkan alergi (gatal-gatal).

Kesimpulannya, efek samping masker kopi bisa menyebabkan alergi, iritasi dan kulit kering jika dipakai setiap hari. Cukup lakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan semua manfaatnya. Sebagai tambahan info bahwa manfaat masker kopi untuk wajah diantaranya dapat membantu mengatasi wajah berminyak dan kusam, menghilangkan komedo, jerawat dan bekasnya. Anda bisa memakainya dengan bubuk kopi saja atau dengan tambahan bahan lain seperti madu dan lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang efek samping masker kopi dan pencegahannya. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Masker Kopi Kapal Api-Manfaat dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

Loading...

Leave a Comment