Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis, Apa Saja?

Efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis, apa saja?. Jeruk nipis memang terkenal manfaatnya yang mampu memutihkan gigi yang kuning atau hitam secara alami dan cepat. Hal ini dikarenakan pada jeruk nipis memiliki keasaman yang tinggi karena kandungan vitamin C nya. Dengan keasamannya tersebut maka air jeruk nipis memiliki sifat pemutih alami yang ampuh menjadikan gigi kuning kembali putih.

Loading...

Cara alami memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini bukan berarti aman tanpa efek samping. Dengan adanya kandungan asam yang tinggi tersebut jika digunakan pada gigi terlalu sering maka akan menimbulkan bahaya. Apa saja bahayanya?. Dibawah ini akan diinformasikan beberapa efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis.

Beberapa Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Sebetulnya efek samping memutihkan gigi dengan memakai jeruk nipis dapat dicegah yaitu dengan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang benar. Nah sebelum Anda tahu apa saja efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara yang benar memutihkan gigi pakai jeruk nipis.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dapat dilakukan dengan mencampurkan bahan lain seperti garam atau bisa juga dengan baking soda. Namun pada kesempatan ini akan diulas salah satunya yaitu cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis.

Baca juga: Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Garam yang Sebaiknya Anda Tahu

Loading...

Mencampur air jeruk nipis dengan garam selain ampuh memutihkan gigi, campuran tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Diantara manfaat campuran jeruk nipis dan garam yaitu dapat menghilangkan masalah bau mulut, dan mencegah sariawan. Namun seperti yang disebutkan diatas, ada efek samping yang bisa timbul baik untuk campuran jeruk nipis dan garam ataupun kombinasi jeruk nipis dan baking soda. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam yang benar untuk mencegah efek sampingnya, yaitu:

  • Pertama, siapkan 1 butir jeruk nipis dan 1 sendok makan garam dapur.
  • Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras untuk diambil airnya.
  • Campurkan air jeruk nipis tadi dengan garam dan aduk hingga tercampur rata.
  • Siapkan sikat gigi dan basahi sikat gigi dengan air jeruk nipis dan garam.
  • Gosok pelan secara merata kemudian bilas dengan berkumur sampai bersih.
  • Lakukan 2 kali sehari sampai gigi menjadi putih dan hentikan penggunaannya.

Efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis akan terjadi jika menggunakan komposisi bahan yang berlebihan seperti memakai 2 sendok makan garam atau memakai 2 buah jeruk nipis. Selain itu, terlalu sering pemakaiannya seperti melakukan gosok gigi dengan jeruk nipis dan garam ini lebih dari 2 kali dalam sehari. Pada umumnya pemakaian yang berlebihan tersebut akan menimbulkan kerusakan gigi yaitu akan terkikis bagian email gigi. Tipisnya email gigi akan rentan dengan gigi menjadi sensitif yang terasa ngilu saat makan. Biasanya ngilu akan terasa saat makan makanan yang dingin atau panas.

Dengan efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis tersebut maka tidak disarankan untuk seseorang yang memiliki gigi sensitif untuk memakai jeruk nipis dan garam untuk pemutih gigi. Memutihkan gigi dengan campuran jeruk nipis dan garam juga bisa mengakibatkan bahaya lain pada gigi yaitu akan mudah berlubang jika dilakukan terlalu sering. Demikianlah beberapa efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen Tanpa Efek Samping

Loading...

Leave a Comment