5 Efek Samping Teh Hijau untuk Diet pada Wanita

Efek samping teh hijau untuk diet pada wanita. Teh hijau atau green tea memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan cara minum yang benar yaitu dengan minum cukup 2 kali sehari saja. Teh hijau memang telah menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau diet, menekan kadar darah tinggi dan menurunkan kolesterol. Bagi Wanita teh hijau adalah minuman populer untuk membantu mengurangi timbunan lemak dan mengurangi berat badan. Maka tidak mengherankan sebagian besar wanita memutuskan untuk mengembalikan tubuh langsing mereka dengan minum teh hijau setiap hari.

Loading...

Banyak pertanyaan seputar efek samping teh hijau untuk diet pada wanita ini. Mulai dari pertanyaan bolehkan ibu hamil atau menyusui mengkonsumsi teh hijau?. Apakah teh hijau akan membuat rahim kering yang akan menyebabkan berkurangnya kesuburan pada wanita?. selain itu, apa bahaya minum teh hijau saat haid?. Dari beberapa pertanyaan tersebut, Berikut ini bahasan tentang efek samping teh hijau untuk diet pada wanita.

Beberapa Efek Samping Teh Hijau Untuk Diet Pada Wanita

efek samping teh hijau untuk diet

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan rutin minum teh hijau dapat menurunkan indeks masa tubuh dan mengurangi persentase timbunan lemak selama 12 minggu. Teh hijau mengandung kafein tinggi yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Selain kafein teh hijau juga mengandung tanin apa bila diasup dalam jumlah berlebih bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan mulut kering. Berikut ini efek samping teh hijau untuk diet pada wanita, yaitu:

Gangguan Kehamilan dan Janin

Loading...

Minum teh hijau sangat tidak disarankan untuk wanita hamil. Kandungan kafein yang tinggi pada teh hijau bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada janin yang dikandungnya. Efek samping teh hijau untu diet pada ibu hamil bisa menimbulkan gangguan otak janin atau bayi menjadi sulit untuk berkembang. Selain itu, juga bisa menyebabkan cacat tabung saraf pada janin. Maka saat Anda hamil jauhi mengkonsumsi teh hijau.

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau yang Benar Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Mual dan Diare

Efek samping teh hijau untuk diet selanjutnya adalah bisa menimbulkan diare dan mual , jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tidak hanya itu, minum teh hijau terlalu sering bisa mengakibatkan jantung berdetak cepat, gelisah  dan mudah tersinggung. Hal ini karena pengaruh kafein dan tanin dalam teh hijau tersebut.

Gangguan Perut

Cara minum teh hijau yang kurang baik atau terlalu sering dan banyak akan menimbulkan gangguan perut. Tidak hanya itu, efek samping teh hijau untuk diet wanita bisa mengakibatkan iritasi pada selaput perut yang biasanya menimbulkan rasa perih dan mual. Umumnya hal ini disebabkan karena terlalu banyak dan sering minum tehnya, terlalu kental dan terlalu lama menyeduhnya.

Dehidrasi Pada Ibu menyusui

Efek samping teh hijau untuk diet pada ibu menyusui akan menimbulkan beberapa gangguan. Maka perlu diperhatikan, saat Anda memutuskan untuk diet teh hijau saat menyusui maka akan berisiko. Diantara efek samping teh hijau pada ibu menyusui yaitu, dehidrasi pada ibu dan gangguan pola tidur bayi karena ASI tercampur kandungan kafein teh hijau. Jika Anda menginginkan tetap diet selama menyusui maka dengan cara lain yang lebih sehat dan aman, yaitu konsumsi air putih dan konsumsi buah kaya serat. penelitian efek samping teh hijau untuk diet ibu menyusui, kandungan kafein pada teh hijau yang tercampur ASI bisa mengakibatkan bayi bisa teriritasi dan meningkatkan aktivitas usus bayi.

Baca juga: 13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gangguan Kesuburan wanita

Mengkonsumsi teh hijau dalam takaran yang terlalu banyak dan meminumnya dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan efek samping untuk rahim dan mempengaruhi kesuburan wanita. Maka sangat dianjurkan untuk melakukan diet dengan teh hijau ini dengan cara yang benar, seperti minum hanya 2 kali sehari dan jangan terlalu lama melakukan diet teh hijau tersebut. Efek samping teh hijau untuk diet pada wanita juga bisa menimbulkan masalah saat menstruasi seperti haid kurang lancar.

Wanita haid juga perlu menghindari atau mengurangi mengkonsumsi teh hijau untuk diet. Menurut penelitian dengan banyak minum teh hijau akan menyebabkan penurunan penyerapan zat besi antara 20 sampai 25 persen dalam tubuh. Bahaya minum teh hijau saat haid bisa menimbulkan anemia dan bahkan bisa berpengaruh pada rahim menjadi kering, serta kesuburan menurun. Demikianlah pembahasan tentang efek samping teh hijau untuk diet pada wanita, termasuk saat hamil, menyusui dan haid. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Membuat Teh Hijau Sendiri yang Baik dan Benar Untuk Diet

Loading...

Leave a Comment