5 Gejala Panas Dalam Pada Anak dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Gejala panas dalam pada anak dan cara mengobatinya secara alami. Panas dalam pada anak-anak biasanya terjadi dibarengi dengan keadaan demam, susah makan dan sering mengalami sariawan. Meskipun panas dalam pada anak kecil bukan termasuk penyakit, namun hal itu akan menimbulkan masalah jika tidak diatasi dengan cepat. Penanganan panas dalam dan sariawan pada anak bisa dilakukan dengan cara tradisional menggunakan bahan alami seperti buah-buahan dan bahan lainnya.

Loading...

Gejala panas dalam pada anak bisa ditandai dengan keadaan demam yang tidak segera turun dan susah buang air besar. Pada umumnya, saat anak mengalami panas dalam mereka akan susah makan karena mengalami sariawan dan radang tenggorokan. Dan yang pasti anak mengalami rewel karena mengalami kurang enak badan. Nah, agar lebih jelasnya tentang gejala panas dalam pada anak, berikut ini penjelasannya.

Gejala Panas Dalam Pada Anak Kecil yang Perlu Diketahui

gejala panas dalam pada anak

Panas dalam yang terjadi pada anak-anak bisa diketahui dengan melihat gejala-gejalanya. Mungkin hal ini mirip dengan keadaan anak yang demam biasa, Namun penyebab demam atau meriang pada anak banyak. Tumbuh gigi juga sering menimbulkan demam yang terjadi pada anak kecil. Berikut ini adalah beberapa gejala panas dalam pada anak, yaitu:

1. Tenggorokan Sakit

Loading...

Gejala panas dalam pada anak yang umum terjadi adalah terjadinya peradangan pada tenggorokan. Radang tenggorokan tersebut bisa dirasakan seperti gatal, kering dan sakit saat menelan. Hal tersebut juga berakibat anak menjadi susah makan dan sering rewel karena sakit tenggorokan tersebut.

Baca juga: 3 Obat Panas Dalam Untuk Anak yang Alami dan Ampuh

2. Sembelit

Gejala panas dalam pada anak selanjutnya anak mengalami susah buang air besar atau sembelit. Bahkan dalam waktu yang lama masalah sembelit ini bisa menimbulkan penyakit wasir pada anak kecil. Pengobatan sembelit pada anak bisa Anda lakukan dengan memberinya buah-buahan kaya serat seperti pepaya dan lainnya. Disamping itu mengkonsumsi sayuran kaya serat juga menjadi solusi ampuh untuk susah buang air besar pada anak akibat panas dalam.

3. Sariawan

Gejala panas dalam pada anak-anak biasanya ditandai dengan timbulnya sariawan pada bibir bagian dalam. Sariawan merupakan salah satu masalah gangguan pada mulut yang bisa disebabkan oleh panas dalam pada anak atau pun dewasa. Selain sariawan dan radang tenggorokan, bibir pecah-pecah juga dialami oleh anak yang sedang panas dalam.

4. Sering Haus

Saat mengalami panas dalam anak akan sering minta minum. Hal ini dikarenakan panas yang terjadi. Cairan tubuh berkurang bahkan bisa menyebabkan dehidrasi. Gejala panas dalam pada anak yang mudah haus adalah dampak hilangnya banyak cairan. Untuk solusinya, berikan anak air minum sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi pada anak Anda.

5. Demam

Gejala panas dalam pada anak kecil biasanya dibarengi dengan terjadinya demam. Badan panas yang karena panas dalam ini akan membuat anak menjadi lemas dan sering rewel. Pada kasus panas dalam pada anak sebaiknya dilakukan penanganan dengan cepat dan benar. Jika dibiarkan maka akan mengganggu kesehatan mereka dalam pertumbuhannya.

Cara Mengobati Panas Dalam Anak

Setelah Anda tahu seperti apa gejala panas dalam pada anak, maka Anda juga harus tahu penanganannya. Cara mengobati panas dalam pada anak bisa dilakukan dengan cara alami. Cara ini bisa menggunakan manfaat tanaman seperti buah-buahan. Berikut ini cara alami untuk mengatasi panas dalam pada anak kecil, yaitu:

1. Minum Air Kelapa

Meminumkan air kelapa 1 gelas pada anak bisa membantu mencegah dehidrasi saat panas dalam. Dengan minum air kelapa juga bisa meringankan gejala panas dalam pada anak. Untuk meminumkannya, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu dan rutinkan minum 1 gelas air kelapa tersebut selama panas dalam anak yang terjadi. Biasanya pemberian 1 gelas air kelapa yang diberikan satu kali sehari akan menyembuhkannya dengan cepat.

2. Lemon dan Madu

Lemon dan madu dikenal juga sebagai obat alami panas dalam untuk anak. Selain menyembuhkan panas dalam anak, Lemon dan madu juga bisa mengatasi gejala-gejala panas dalam pada anak lainnya seperti sakit tenggorokan dan sariawan pada anak. Siapkan satu gelas air putih hangat, tambahkan setengah sendok makan perasan lemon dan dua sendok madu. Aduk hingga rata dan minumkan 2 kali sehari selama mengalami panas dalam.

Demikianlah pembahasan tentang gejala panas dalam pada anak dan cara mengobatinya secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Panas Dalam Anak Alami yang Ampuh Menyembuhkan

Loading...

Leave a Comment