Pengertian Olahraga Kesehatan dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Pengertian olahraga kesehatan dan jenisnya menurut para ahli. Merupakan hal penting untuk mengetahui apa itu olahraga, fungsi dan tujuannya yang jelas. Banyak dari kalangan masyarakat kurang paham dengan definisi olahraga sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah. Sebagai contoh orang menyapu dianggap sebagai gerakan olahraga namun hal itu tidak benar. Menyapu merupakan aktivitas bukan termasuk olahraga karena  tanpa ada rencana dan struktur yang sistematis. Hal ini yang sering dipahami oleh sebagian orang yang tidak mau berolahraga dikarenakan mereka sudah cukup melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari yang mereka anggap sebagai berolahraga.

Loading...

Pengertian olahraga merupakan kegiatan atau aktivitas jasmani yang disertai dengan terencana dan terstruktur dan sistematis. Nah, Untuk lebih jelasnya apa pengertian olahraga, tujuan dan fungsinya menurut para ahli, simak penjabarannya dibawah ini.

Pengertian Olahraga, Tujuan dan Fungsinya Serta Jenisnya

pengertian olahraga

Olahraga menurut para ahli adalah segala suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang untuk tujuan meningkatkan kesehatan. Berolahraga pada hakikatnya adalah aktivitas otot-otot besar yang menggunakan energi tertentu untuk meningkatkan kualitas hidup. Pada pengertian umum tersebut jelas disebutkan tidak hanya terencana dan terstruktur namun dengan tujuan dan fungsi yang jelas.

Baca juga: Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Mental dan Rohani Manusia

Loading...

Sedangkan pengertian olahraga secara umum yaitu proses sistematis yang  berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan dan membina potensi-potensi jasmani dan rohani seseorang. Dalam bentuk permainan, perlombaan, pertandingan, dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh rekreasi, kemenangan dan prestasi. Disamping itu, hal penting yang lain adalah  berolahraga melibatkan perasaan riang  dan hati gembira saat melakukan gerakannya. Tidak hanya fisik yang menjadi bugar, namun kondisi psikis dan kejiwaan pun akan menjadi sehat.

Jenis Olahraga dan Manfaatnya

Setelah kita mengetahui pengertian olahraga menurut para ahli dan secara umum, selanjutnya kita perlu juga mengetahui jenis-jenis atau macam olahraga tersebut. Olahraga dibagi menjadi dua macam yaitu  olahraga aerobik dan Olahraga anaerobik. Keduanya memiliki tujuan dan fungsi serta karakter yang berbeda. Berikut ini jenis olahraga yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Olahraga  Aerobik

Pengertian olahraga aerobik adalah Olahraga yang membutuhkan oksigen untuk memproduksi energi untuk membentuk otot kita bisa berkontraksi. Bentuk  berolahraga jenis aerobik adalah berjalan, berlari, melompat, bersepeda dan berenang. Karena sifatnya yang ritmis, aerobik akan membuat kita terengah-engah.

Tujuan dan fungsi olahraga aerobik sangat bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan fungsi jantung di bandingkan berolahraga anaerobik.  berolahraga ini tidak bisa untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot-otot. Fungsi olahraga aerobik sangat baik untuk pembakaran lemak sehingga bagus untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Paling Ampuh

2. Berolahraga  Anaerobik

Pengertian olahraga anaerobik yaitu olahraga membutuhkan sumber energi di otot yang dibakar tanpa oksigen dari udara. Berolahraga ini membutuhkan latihan yang lebih sering dalam waktu yang lebih singkat. Contohnya adalah angkat beban dan push up.

Fungsi dan tujuan olahraga anaerobik antara lain untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot-otot rangka. Dalam waktu yang lama, masa otot rangka bertambah banyak yang membuat berat badan turun. Sumber energinya untuk pembakaran adalah protein dalam otot.

Demikianlah pembahasan pengertian olahraga dan fungsinya menurut para ahli. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahayanya Berolahraga pada Daerah dengan Polusi Udara Tinggi

Loading...

Leave a Comment