Hipertensi-Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Alami

Hipertensi adalah keadaan tekanan darah tinggi  yang bisa menjadi penyebab penyakit lain seperti penyakit stroke dan jantung. Pengertian hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Pada kondisi ini disebut dengan keadaan yang membunuh secara diam-diam, karena jarang mempunyai gejala-gejala yang jelas.

Loading...

Penyakit hipertensi atau darah tinggi banyak dialami oleh banyak orang. Khususnya orang yang sudah lansia atau lanjut usia. Penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya. Jika Anda mengalami darah tinggi.  sebaiknya Anda lakukan tensi darah. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui tekanan darah di tubuh Anda.

Jika tekanan darah Anda di atas batas normal maka Dapat dipastikan Anda mengalami penyakit darah tinggi. Saat mengalami darah tinggi ada beberapa gejalanya. Gejala hipertensi yang biasa dirasakan atau dialami penderitannya adalah sebagai berikut.

Gejala Hipertensi

Hipertensi

Gejala darah tinggi sebaiknya Anda ketahui, dengan mengetahui apa saja gejala hipertensi yang biasa dialami oleh penderitanya. Maka jika Anda merasakan atau mengalaminya, maka Anda bisa  melakukan pengobatan tekanan darah tinggi dengan segera dan cepat untuk menurunkannya.

Loading...

Berikut ini adalah macam gejala hipertensi yang dirasakan oleh penderitanya, yaitu:

  • Mengalami sakit kepala dan pusing karena tekanan darah yang tinggi melebihi batas ukuran tekanan darah normal.
  • Pada sebagian orang akan mengalami jantung yang berdebar kencang.
  • Rona wajah menjadi kemerahan.
  • Mengalami pandangan kabur atau menjadi tidak jelas.
  • Sulit untuk konsentrasi dan sering buang air kecil.
  • Mudah lelah saat melakukan aktivitas.
  • Sering mengalami pendarahan pada hidung, seperti mimisan.
  • Mudah marah dan lebih sensitif terhadap sesuatu yang kurang disukai.
  • Pada keadaan yang parah, seseorang akan mengalami vertigo.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas maka sebaiknya Anda lakukan tensi darah. Setelah jelas mengalami gejala darah tinggi tersebut maka lakukanlah pengobatannya. Namun, selain itu ada baiknya Anda mengetahui juga penyebab tekanan darah tinggi.

Penyebab Hipertensi

Penyebab hipertensi

Penyebab hipertensi belum bisa dipastikan pada lebih 90 persen dari kasus tekanan darah tinggi. Dalam kasusnya tidak ada faktor penyebab yang pasti dan jelas. Ada beberapa faktor yang diyakini bisa meningkatkan resiko terkena kondisi ini, yaitu:

Faktor Keturunan

Orang yang mempunyai keluarga pengidap darah tinggi maka memiliki risiko tinggi untuk mengalami hal yang sama. Seperti jika Anda memiliki orangtua yang salah satu atau keduanya memiliki  tekanan darah tinggi, maka peluang besar Anda juga akan mengalaminya.

Usia

Selain faktor keturunan, faktor umur juga berpengaruh. Menurut hasil penelitian, dengan bertambahnya umur, maka seseorang akan berisiko terkena hipertensi.

Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan tekanan darah sekaligus menjadikan dinding arteri menyempit. Jika Ingin menghindari tekanan darah tinggi maka jauhilah kebiasaan yang tidak sehat ini.

Obesitas Atau Kelebihan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan akan membutuhkan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan yang punya berat normal. Sehingga volume darah yang dibutuhkan juga lebih banyak. Nah, volume darah yang meningkat akan meningkatkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Obat Darah Tinggi Secara Alami Dan Cepat

Kurang Olahraga

Orang yang jarang atau tidak pernah melakukan olahraga cenderung memiliki detak jantung yang lebih cepat. Hal ini akan membuat kerja jantung menjadi lebih keras. Kerja jantung yang keras mengakibatkan tekanan darah.

Kadar Garam Tinggi

Kadar garam yang tinggi dalam makanan bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, kemudian hal tersebut akan meningkatkan tekanan darah.

Stres

Peningkatan stres yang dialami seseorang menyebabkan penyebab hipertensi. Karena Saat stres memicu tekanan darah

Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras termasuk pemicu tekanan darh tinggi. Kandungan alkohol dalam minuman keras dapat memicu kerusakan pada organ jantung. Selain itu, penyebab hipertensi bisa disebabkan oleh yang lain. Diantaranya, diabetes, penyakit lupus, gangguan hormon tiroid dan penyempitan pembuluh darah arteri.

Penyebab tekanan darah tinggi bisa diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan. Obat yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi adalah pil kontrasepsi, analgesik atau obat pereda sakit, obat pilek dan dekongestan.

Pengobatan Hipertensi Secara Alami

Pengobatan hipertensi

Cara mengobati hipertensi bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat hipertensi tradisional yaitu ramuan dari tanaman herbal. Berikut ini beberapa ramuan yang bisa Anda buat untuk mengobati darah tinggi.

1. Daun Pegagan

Daun pegagan bisa untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Dan inilah cara membuat obat alami darah tinggi dengan daun pegagan. Pertama, siapkan 20 lembar daun pegagan, lalu cuci bersih. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, minum ramuan daun pegagan ini 2 kali sehari. Anda bisa menambahkan gula secukupnya saat meminumnya. Sangat bagus pakai gula aren.

2. Mentimun

Mentimun atau yang biasa disebut timun ini, bisa mengatasi darah tinggi. Siapkan 2 buah ketimun atau mentimun, lalu cuci bersih. Kemudian parut dan peras lalu saring dan minum perasan air mentimun tersebut. Minum 2 sampai 3 kali sehari.

3. Pisang

Buah pisang tidak hanya untuk membantu melancarkan buang air besar dan meringankan sembelit, namun bisa digunakan untuk hipertensi juga. Cara mengatasi darah tinggi dengan pisang, yaitu dengan menyiapkan 3 buah pisang lalu makan. Lakukan 1 buah untuk 1 kali makan. Jenis pisang yang bagus untuk tekanan darah tinggi adalah jenis musa basyoo sieb dan musa sapientum L.

4. Bunga Dan Daun Jeruk Nipis

Bunga dan jeruk nipis bisa bermanfaat untuk darah tinggi. Caranya, siapkan bunga jeruk nipis sebanyak 20 kuntum bunga dan daun jeruk nipis 30 kuntum. Cuci bersih semua bahan tadi dan potong-potong, lalu rebus dengan menggunakan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring dan minum dalam keadaan hangat. Minum 2 kali sekali dan bisa menambahkan madu secukupnya.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki nutrisi dan zat untuk mengobati hipertensi. Caranya siapkan 2 siung bawang putih dan kupas. Lalu kunyah mentah sampai halus lalu telan dengan dibarengi minum air hangat sebanyak satu gelas bertahap. lakukan 3 kali sehari. Dengan makan bawang putih mentah dipercaya akan menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah Mengkudu

Selain bawang, Anda juga bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi. Caranya siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak. Cuci bersih lalu parut lalu peras dan saring ambil airnya. Minum 2 sampai 3 kali setiap hari. Bagi Anda yang mengalami kencing manis ramuan ini juga bisa untuk dijadikan obatnya.

Demikianlah info tentang hipertensi atau tekanan darah tinggi dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Darah tinggi Pada Ibu Hamil

 

Loading...

Leave a Comment