3 Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya dengan Benar

Manfaat jus seledri dan cara membuatnya dengan benar. Batang dan daun seledri memiliki banyak kandungan vitamin dan kaya nutrisi. Dengan membuatnya menjadi jus dengan cara yang benar maka akan berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan perawatan kulit. Diantara manfaat seledri untuk kulit salah satunya mengatasi kulit kering dan mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan pada seledri banyak mengandung vitamin A, B, C, K, niasin dan folatĀ  yang berguna untuk memproduksi kolagen untuk kekenyalan kulit dan mencegah kerutan pada kulit.

Loading...

Manfaat jus seledri tidak hanya untuk kulit saja, dengan mengkonsumsinya secara rutin bisa membantu membersihkan ginjal, menurunkan darah tinggi dan kolesterol. Bahkan minum jus daun seledri dapat membantu untuk diet menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Untuk mendapatkan khasiat-khasiat tersebut, tentu harus mengetahui cara membuat jus seledri dengan baik dan benar. Caranya cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tidak hanya itu, membuat jus dengan seledri agar lebih menyehatkan dengan menambahkan bahan lain seperti buah lemon, wortel dan dan timun (mentimun). Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat jus seledri dan bagaimana cara membuatnya dengan benar, simak berikut ini.

Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya yang Benar dan Mudah

jus seledri

Mungkin selama ini sebagian orang hanya membuat dan mengkonsumsi jus dari buah-buahan saja. Padahal jus sayuran juga memiliki manfaat yang tak kalah baiknya untuk kesehatan, salah satunya jus dari sayur seledri. Berikut ini cara membuat jus seledri dan manfaatnya, yaitu:

1. Diet Menurunkan Berat Badan

Loading...

Manfaat jus seledri yang pertama yaitu untuk diet menurunkan berat badan. Dengan meminumnya rutin minimal 1 kali sehari akan menurunkan berat tubuh secara cepat dan alami. Membuat jus penurun berat badan dengan seledri agar lebih ampuh harus ditambahkan buah lemon. Perpaduan seledri dan lemon akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih cepat dibandingkan dengan berolahraga. Berikut ini cara membuat jus seledri untuk menurunkan berat badan, yaitu:

  • Siapkan 400 gram atau ikat kecil seledri dan 2 buah lemon
  • Potong-potong seledri menjadi ukuran kecil kecil dan rebus dengan menggunakan 2 liter air dengan api yang sedang
  • Tambahkan perasan melon dengan dibelah dan peras
  • Setelah itu, saring dan ambil air rebusannya, lalu simpan dalam kulkas
  • Minum jus seledri dan lemon 3 kali sehari sebelum atau setelah makan dalam waktu seminggu berturut-turut
  • Imbangi dengan banyak konsumsi air putih dan juga jogging agar cepat menurunkan berat badan dan melangsingkan perut.

Baca juga: 15 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

Untuk menurunkan hipertensi dengan mudah yaitu dengan minumĀ  jus sayur seledri dan timun. Dengan membuat dan meminumnya secara teratur selama mengalami darah tinggi, manfaat jus seledri dan timun bisa membantu menekan darah tinggi normal kembali. Timun sudah terkenal sejak lama dalam membantu mengatasi hipertensi dan dengan seledri yang juga bisa untuk darah tinggi akan membuat jus penurun darah tinggi ini semakin ampuh. Selain itu,bermanfaat juga untuk kolesterol tinggi. Berikut ini cara membuat jus seledri untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol, yaitu:

  • Siapkan segenggam seledri batang dan daunnya, 1 buah timun ukuran sedang
  • Cuci bersih semua bahan dan potong-potong menjadi ukuran kecil
  • Blender seledri dan timun hingga lembut dengan menambahkan air matang
  • Minum jus seledri dan timun secara rutin selama hipertensi berlangsung 2 kali sehari, maka tekanan darah dan kolesterol tinggi akan segera normal kembali

3. Membersihkan Ginjal

Manfaat jus seledri untuk ginjal bisa menambahkan 1 sendok madu asli. Seledri dikenal juga sebagai pembersih ginjal alami dengan cukup memakannya mentah akan berguna membersihkan ginjal dari racun dan kotoran. Oleh karena itu mengkonsumsi seledri untuk menu makanan harian sangat dianjurkan untuk penderita gagal ginjal. Atau bisa juga dengan meminum jus dari sayur seledri. Berikut ini cara membuat jus seledri untuk membersihkan ginjal, yaitu:

  • Sediakan segenggam seledri cuci dan potong kecil
  • Masukkan dan blender hingga lembut dan tuang ke dalam gelas
  • Tambahkan 1 sendok madu, aduk kemudian minum
  • Minum secara rutin dan teratur 2 kali seminggu untuk membersihkan ginjal dan menyehatkannya.

Perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi jus seledri ini, jangan terlalu sering dan minum dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena mengkonsumsi seledri dalam jumlah banyak dan lama akan menimbulkan efek samping seperti alergi pada kulit, kulit menjadi sensitif dan banyak lagi lainnya. Oleh karena itu penting untuk minum jus sesuai aturan minumnya.

Demikianlah manfaat jus seledri dan cara membuatnya yang benar. Semoga informasi ini bisa berguna bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Seledri-Manfaat dan Khasiatnya Untuk Wajah Rambut dan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment