10 Jus Untuk Darah Tinggi yang Paling Ampuh dan Cara Membuatnya

Jus untuk darah tinggi yang paling ampuh dan cara membuatnya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita dalam masyarakat modern sekarang ini. Pada umumnya penyebab paling umum yaitu pola hidup yang kurang sehat dan tingkat stres yang tinggi. Perlu diketahui bahwa hipertensi bisa menyebabkan penyakit seperti stroke dan penyakit jantung yang merupakan penyakit mematikan. Oleh sebab itu, penanganan darah tinggi harus dilakukan dengan tepat dan benar seperti pola hidup sehat dan mengurangi stres. Selain itu, penting untuk melakukan cek tensi darah agar tetap normal ditambah lagi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Diantara minuman yang sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi yaitu jus buah. Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah saat mengalami tensi yang tinggi. Adapun jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi antara lain seperti mentimun (timun), tomat, belimbing, dan masih banyak yang lainnya. Nah, pada kesempatan ini akan dibagikan tentangjus untuk darah tinggi yang paling ampuh serta cara membuatnya.

Cara Membuat Jus Untuk Darah Tinggi dan Aturan Minumnya

jus untuk darah tinggi yang ampuh

Jika selama ini penderita hipertensi minum obat untuk mengendalikan tekanan darahnya namun was-was dengan efek samping yang diakibatkan nantinya maka pilihan minum jus adalah solusinya. Ada aneka jus yang bermanfaat menurunkan darah tinggi dengan cepat tanpa efek samping. Langsung saja, berikut ini adalah cara membuat jus untuk darah tinggi dan aturan minumnya, yaitu:

Loading...

1. Jus Timun (Mentimun)

Mentimun merupakan buah untuk menurunkan darah tinggi dengan cepat. Dengan memakannya langsung atau dibuat menjadi jus maka tensi darah akan berangsur-angsur normal kembali. Oleh karena itu, timun merupakan jenis buah yang dianjurkan unuk dikonsumsi penderita hipertensi. Agar lebih ampuh khasiatnya, mentimun dibuat menjadi jus dengan tambahan buah lain kemudian diminum secara teratur setiap hari selama tensi darah meningkat. Berikut ini cara membuat jus untuk darah tinggi dengan mentimun, yaitu:

  • Siapkan 1 buah mentimun, segenggam batang seledri dan 1 buah wortel.
  • Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender kemudian haluskan hingga lembut.
  • Saring dan ambil airnya untuk diminum sebagai jus. Anda bisa menyajikannya dalam keadaan dingin setelah disimpan dalam kulkas.
  • Minum 1 gelas sehari saat tensi darah meningkat maka akan secara cepat menurunkannnya menjadi normal kembali.

Baca juga: Daftar Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) yang Ampuh dan Paling Cepat

2. Jus Tomat

Minum jus tomat berguna untuk menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat. Hal ini dikarenakan pada buah tomat ini memiliki nutrisi yang dapat menekan tensi darah yang sedang naik. Perlu diketahui bahwa manfaat jus tomat untuk darah tinggi selain menurunkan tensi darah dengan cepat juga membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Berikut ini cara membuat jus untuk darah tinggi dengan tomat, yaitu:

  • Siapkan 7 buah tomat segar, 2 buah mentimun, ketumbar dan seledri secukupnya.
  • Tumbuk ketumbar dan potong-potong seledri menjadi kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan tomat dan timun kemudian haluskan.
  • Saring ambil airnya lalu minum sekali sehari jus tomat ini secara teratur.

3. Jus Belimbing

Manfaat buah belimbing untuk darah tinggi sudah diketahui banyak orang. Dengan membuatnya menjadi jus kemudian diminum secara teratur mampu menurunkan tensi darah yang tinggi menjadi normal. Agar jus belimbing lebih ampuh maka ditambahkan dengan buah lain yaitu semangka. Dan berikut ini cara membuat jus untuk darah tinggi dengan belimbing, yaitu:

  • Siapkan 1 buah belimbing manis yang matang dan 250 gram buah semangka.
  • Masukkan ke dalam blender dan haluskan.
  • Saring kemudian ambil sarinya lalu minum secara teratur sekali sehari untuk menjaga agar tensi darah tetap stabil dan minum 2 kali saat tensi darah meningkat.

4. Jus Wortel

Mengkonsumsi wortel baik untuk penderita hipertensi karena mampu menjaga tensi darah tetap terkontrol. Disamping itu, dengan meminum jus wortel saat tensi darah naik mampu dengan cepat menurunkannya menjadi normal kembali. Berikut ini cara membuat jus untuk darah tinggi dengan wortel dan cara minumnya sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan 1 buah wortel segar, seledri secukupnya dan 2 siung bawang putih ditambah lagi setengah gelas air putih.
  • Haluskan semua bahan dengan blender tambahkan air putih kemudian saring.
  • Minum sehari sekali saat tensi darah naik dan untuk menjadikan tekanan darah agar tetap normal bisa dikonsumsi dalam 3 kali seminggu.

5. Jus Seledri

Seledri merupakan tanaman herbal yang ampuh untuk menurunkan tensi darah yang sedang tinggi. Tekanan darah yang naik bisa dengan cepat dinormalkan kembali dengan seledri. Salah satu cara mengolah seledri untuk hipertensi yaitu dengan membuatnya menjadi jus. Jus seledri untuk darah tinggi ini terbukti secara cepat dan aman untuk mengontrol tensi darah agar tetap normal. Jika diminum saat tekanan darah sedang tinggi dengan cepat menurunkannya. Berikut cara membuat jus untuk darah tinggi dengan seledri dan aturan minumnya, yaitu:

  • Siapkan 7 lembar daun seledri, 1 buah mentimun, 1 buah belimbing manis, satu sendok madu asli dan air putih secukupnya.
  • Haluskan semua bahan dengan dimasukkan ke dalam blender tambahkan air kemudian saring.
  • Minum sekali sehari untuk mencegah tensi darah naik dan untuk menurunkan darah tinggi minum 2 kali sehari.

6. Jus Buah Bit

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi satu gelas jus bit (250 ml) dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi secara signifikan. Ini karena bit diketahui mengandung zat yang bernama nitrat, yang dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh, yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, maka otomatis tekanan darah pun akan menurun.

Para pasien hipertensi yang mengonsumsi jus bit tercatat mengalami peningkatan pelebaran pembuluh darah sebesar 20 persen. Kekerasan pembuluh darahnya pun berkurang sebanyak 10 persen. Efek tersebut diperoleh setelah meminum segelas jus bit setiap hari selama minimal 4-8 minggu.

7. Jus Mangga

Menurut penelitian baru, buah mangga bisa menjadi kunci menurunkan tekanan darah. Penelitian baru ini diterbitkan dalam EurekAlert, newsletter ilmiah dari American Association for the Advancement of Science. Dalam newsletter tersebut dikemukakan bahwa orang-orang yang makan mangga mengalami penurunan tekanan darah tinggi hanya dalam waktu 2 jam.

8. Jus Buah Naga

Penderita gangguan gula darah biasanya mendapat masalah lain seperti resiko darah tinggi dan kolesterol. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya konsumsi buah naga secara teratur. Buah naga terbukti ampuh untuk menurunkan dan menyeimbangkan gula darah. Selain itu juga memperlancar metabolisme tubuh.

9. Smoothie minty berry
Resep lain yang mungkin bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi Anda adalah smoothie berry minty. Buah beri memiliki antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Anda akan membutuhkan 5 hingga 6 stroberi utuh, secangkir kefir, sejumput bubuk kayu manis, secangkir raspberry beku dan blueberry yang dicampur, 30 daun pepermin, satu sendok makan madu, dan setengah cangkir air kelapa atau air. Campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan. Pastikan Anda memilih bahan organik sebanyak mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Jus heartbeet
Jus ini ramah jantung, dan Anda akan membutuhkan 1 buah bit, 3 hingga 4 lobak (opsional), satu inci jahe, 1 apel hijau, 2 wortel sedang, dan satu lemon. Beetroot atau bit memainkan peran dalam mengurangi tekanan darah seseorang ke tingkat normal. Semua yang harus Anda lakukan adalah mengolah semua bahan dalam juicer, dan mencampurnya secara menyeluruh. Minumlah segelas untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Demikianlah macam-macam jus untuk darah tinggi yang ampuh dan cara membuat serta aturan minumnya yang benar. Semoga info tadi bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Obat Darah Tinggi Tradisional Paling Mujarab dengan Ramuan Herbal

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *