7 Jus yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Jus yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya. Jus buah merupakan jenis minuman yang banyak mengandung mineral, nutrisi dan vitaminnya. Buah yang baik untuk jus ibu hamil sangat banyak, seperti buah naga, jambu, tomat dan lain sebagainya. Buah yang baik untuk ibu hamil tersebut memiliki manfaat yang mendukung kesehatan selama kehamilan untuk wanita hamil dan janinnya. Dengan membuat makanan baik ibu hamil dari buah dan sayur menjadi jus kemudian mengkonsumsinya rutin sebagai minuman tambahan akan menjadikan kehamilan menjadi sehat. Selain menjaga kesehatan jus untuk ibu hamil tersebut berguna untuk mencegah kemungkinan mengalami kelainan tulang belakang dan kelainan otak pada wanita hamil tersebut. Maka mengkonsumsi jus buah untuk ibu hamil sangat penting dan dianjurkan selama kehamilannya.

Loading...

Jus yang baik untuk ibu hamil tersebut, sebaiknya dikonsumsi secara rutin mulai trimester pertama atau 1, 2 dan 3 bulan. Sebab pada masa kehamilan tersebut wanita hamil membutuhkan banyak kalori yang bisa membantu masalah mual dan muntah. Jus untuk hamil yang bisa menghindari mual dan muntah tersebut yaitu jus dari buah yang masam seperti jus apel dan jeruk. Selanjutnya jelang masa kehamilan trimester kedua atau usia kandungan 4, 5 dan 6 bulan, maka kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan.

Jus yang baik  untuk ibu hamil pada trimester kedua ini adalah jus yang berbahan buah dan sayuran yang mengandung serat agar menghindari masalah susah buang air besar atau sembelit. Berikutnya, saat usia kehamilan masuk trimester ketiga yaitu 7 dan 8 bulan kebutuhan akan mineral, nutrisi dan vitamin meningkat maka dianjurkan lebih banyak untuk mengkonsumsi jus buah dan minuman air putih. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan jaringan pada plasenta dan untuk membantu persalinan agar lebih cepat dan mudah. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja jenis jus yang baik untuk ibu hamil, simak berikut ini.

Aneka Jus yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin Serta Manfaatnya

jus yang baik untuk ibu hamil

Banyak jenis buah yang bisa digunakan sebagai menu minuman sehat untuk wanita hamil. Beberapa buah dan sayuran yang baik untuk ibu hamil tersebut antara lain, delima, buah naga, jambu biji, anggur, buah bit, tomat, pisang, apel, bayam, brokoli, alpukat dan pepaya. Pada buah dan sayuran tersebut selain memiliki kandungan kaya vitamin, ada juga kandungan lainnya seperti asam folat, zat besi dan nutrisi lainnya yang penting untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Nah, Berikut ini jenis-jenis jus yang baik untuk ibu hamil dan janin serta manfaatnya, yaitu:

Loading...

1. Jus Buah Naga

Buah bit merupakan salah satu buah yang baik untuk ibu hamil dengan membuat buah naga menjadi  jus untuk ibu hamil akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan selama kehamilan. Jus buah naga termasuk jus yang baik untuk ibu hamil, diantara kebaikan mengkonsumsi jus buah naga untuk ibu hamil akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, membantu pertumbuhan gigi dan tulang pada janin dan sekaligus sebagai sumber protein selama kehamilan. Cara membuatnya cukup mudah dengan memblender 1 atau 2 buah naga dan rutinkan minum 1 kali sehari.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Jus Yang Sehat Dan Enak

2. Jus Jambu

Jus yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah jus jambu biji. Jus jambu untuk ibu hamil ini bisa memiliki manfaat, diantaranya bisa membantu ibu hamil mencegah mengalami permasalahan pada pencernaan, dan masalah susah buang air besar atau sembelit yang pada umumnya dialami ibu hamil pada trimester kedua. Dengan meminumnya rutin selama kehamilan usia 4 bulan sampai 6 bulan akan membantu mengatasi masalah sembelit pada kehamilan.

3. Jus Tomat

Tomat memiliki kandungan kaya vitamin A, C dan vitamin E. Selain itu, kandungan asam folat, asam sitrat dan likopennya dapat membantu ibu hamil dalam menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Jus yang baik untuk ibu hamil ini memiliki banyak manfaat untuk wanita hamil, seperti Mengatasi dan mencegah anemia pada kehamilan, mencegah dan mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi dan membantu mencegah risiko terkena sel kanker pada ibu hamil. Jus Tomat untuk ibu hamil juga mampu membantu pembentukan sel-sel jarungan tubuh pada janin, hal tersebut karena tomat mengandung likopen.

4. Jus Apel

Apel merupakan jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi, dan antioksidan pada buah apel mampu membantu menjaga kesehatan fisik ibu hamil. Bukan hanya fisik saja, Jus yang baik untuk ibu hamil ini juga membantu memelihara kesehatan psikis ibu hamil dan janinnya. Jus apel adalah jus untuk ibu hamil trimester pertama  atau saat kandungan usia kehamilan 1 bulan sampai 3 bulan dapat mengatasi rasa mual dan muntah yang umumnya terjadi.

5. Jus Pisang

Buah pisang juga termasuk salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil.  Dengan membuatnya menjadi jus akan membantu pemenuhan akan kalsium. kandungan kalsium pada jus pisang untuk ibu hamil bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Jus yang baik untuk ibu hamil ini juga bisa berguna untuk mencegah masalah tulang ibu hamil selama kehamilannya agar tulang lebih kuat. Jus pisang juga sangat bagus dikonsumsi pada masa kehamilan 1 bulan sampai 3 bulan karena bisa membantu mengatasi morning sickness.

6. Jus Bit

Buah bit memiliki manfaat yang sama seperti buah pisang. Jika dibuat menjadi jus bit untuk ibu hamil akan membantu memperkuat tulang pada ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada janin. Selain itu, jus yang baik untuk ibu hamil ini akan menjadikan tubuh lebih sehat, segar dan bugar pada wanita hamil. Mengkonsumsi jus bit pada masa kehamilan trimester ketiga sangat membantu memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan energi saat perut mulai besar dan berat.

7. Jus Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil. Karena pada wortel tersebut mengandung vitamin yang tinggi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan membuatnya menjadi jus tomat untuk ibu hamil bisa bermanfaat untuk mencegah letih dan lesu, meningkatkan kebugaran dan mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil. Wortel merupakan jus yang baik untuk ibu hamil untuk dijadikan menu minuman yang menyehatkan. Selain wortel jus dari jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil yaitu jus bayam, dan brokoli. Dengan mengkonsumsinya setiap hari akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, B dan C serta magnesium sehingga mampu mencegah masah-masalah pencernaan selama kehamilan.

Cara Membuat Jus yang Baik Untuk Ibu Hamil

Untuk membuat jus yang dikonsumsi saat kehamilan maka perlu juga mengetahui tips cara yang benar. Buah yang dibuat sudah baik, dan waktu meminumnya sudah tepat. Namun jika langkah-langkah pembuatan jus untuk ibu hamil kurang baik maka akan tidak maksimal khasiatnya. Berikut ini cara membuat jus yang baik untuk ibu hamil yang baik dan benar, yaitu:

  • Gunakanlah buah-buahan yang segar dan sebisa mungkin memilih buah dan sayur organik. Hal itu penting untuk menghindari kandungan kimia yang terdapat pada pestisida yang digunakan. Jika tidak dimungkinkan maka pilihlah buah yang kualitas yang baik dan dibersihkan dengan benar untuk menghilangkan bahan kimia yang mungkin menempel pada buah tersebut.
  • Hindari mengkonsumsi buah nanas atau minum jus nanas selama kehamilan karena kandungan bromelain pada nanas dikhawatirkan menimbulkan masalah keguguran
  • Bersihkan alat-alat pembuat jus sebelum pemakaian dan sesudahnya.
  • membuat jus yang baik untuk ibu hamil dengan buah dan sayur tersebut bisa mencampurkan dalam takaran yang pas. Menambahkan jahe sangat berguna jika diminum pada usia kehamilan muda untuk mencegah mual muntah pada ibu hamil atau morning sickness.

Demikianlah pembahasan tentang jus yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang hamil. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Ibu hamil Muda Agar Tetap Sehat

Loading...

Leave a Comment