8 Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungannya

Khasiat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan dan kandungannya. Semua orang pasti mengenal dengan buah yang satu ini, iya semangka. Buah yang menyegarkan saat dahaga karena banyak kandungan airnya. Ternyata bukan hanya menghilangkan haus saja, buah semangka memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan pria dan wanita. Dengan mengkonsumsinya maka akan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain itu semangka juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan pada wanita.

Loading...

Ada banyak khasiat buah semangka dari mulai membantu meningkatkan metabolisme menjadi lebih baik, semangka juga dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit salah satunya sebagai obat panas dalam alami yang ampuh untuk anak-anak dan orang dewasa. Masih banyak manfaat buah semangka yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya dengan rutin. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja kandungan dan khasiat buah semangka?. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Khasiat Buah Semangka Untuk Tubuh Pria dan Wanita

khasiat buah semangka

Seperti yang kita ketahui ada dua jenis buah semangka yaitu yang dagingnya berwarna merah dan kuning. Namun meski berbeda warna namun kandungan dan manfaatnya adalah sama. Semangka memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan berikut ini beberapa khasiat buah semangka dan kandungan lengkap di dalamnya, yaitu:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Loading...

Orang yang daya tahan tubuhnya menurun rentan dan mudah terserang penyakit. Salah satu khasiat buah semangka bisa meningkatkan daya tahan tubuh semakin baik. Hal ini tidak terlepas dari kandungan pada semangka tersebut. Buah semangka memiliki kandungan senyawa antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E yang disebut likopen. Likopen adalah pigmen berwarna merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat pada buah tomat, semangka dan buah-buah yang berwarna merah lainnya. Dengan sering mengkonsumsi buah semangkan akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

2. Menyembuhkan Lemah syahwat

Manfaat buah semangka untuk pria bisa membantu meningkatkan stamina dan kemampuan ereksi. Kandungan semangka ini selain memiliki likopen terdapat zat lain yang disebut sitrulin. Sitrulin bekerja dengan meningkatkan produksi nitrit oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pria, sehingga dapat memulihkan lemah syahwat (impotensi). Maka tak heran jika buah semangka  memiliki manfaat semangka seperti viagra.

3. Mencegah Kanker Prostat

Khasiat buah semangka yang lain yang tak kalah luar biasa yaitu mampu mencegah risiko terkena penyakit kanker prostat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi berupa senyawa likopen. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan semangka dibarengi dengan makan  makanan lainnya yang mengandung karotenoid mengurangi resiko terkena kanker prostat.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi maka semangka bisa dijadikan menu buah yang Anda konsumsi setiap hari. Pasalnya buah semangka memiliki senyawa yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal Senyawa tersebut bernama kukurbositrin. Khasiat buah semangka Selain dapat mengontrol tekanan darah juga bisa memacu kerja ginjal agar menjadi lebih sehat.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tidak hanya menjaga tekanan darah tetap stabil saja, khasiat buah semangka juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Karena selain mempunyai kandungan senyawa kukurbositrin, semangka juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang berguna membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.

6. Mengatasi Summer Heat

Summer heat merupakan gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu badan meningkat,warna urine putih, diare dan mudah marah. Dengan membuat semangka menjadi jus dan dikonsumsi secara teratur mampu meringankan gejala-gejala tersebut. Selain itu khasiat buah semangka akan meningkatkan urine dan membersihkan ginjal. Bahkan memakan Bijinya berkhasiat sebagai peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Ternyata mengkonsumsi buah semangka secara langsung atau meminumnya dengan dibuat jus dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker. Tidak hanya kanker prostat saja bahkan semua macam kanker. Riset yang dilakukan di korea membuktikan bahwa laki-laki yang sering mengkonsumsinya, disertai dengan buah lainnya dapat mengurangi resiko terkena kanker usus.

8. Melembabkan Kulit

Khasiat buah semangka untuk kecantikan salah satunya yaitu menjaga kelembaban kulit. Anda cukup membuatnya menjadi jus kemudian meminumnya secara rutin. Dengan membiasakan mengkonsumsi jus semangka bisa menjaga kesehatan kulit tetap sehat, putih dan mencegah kulit kering.

Demikianlah beberapa khasiat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca setia dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment