Kegunaan Akar Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Obat Penyakit

WarasSehat.com – Kayu manis merupakan sejenis pohon penghasil rempah-rempah dan termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis juga salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu sudah digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Loading...

Tidak hanya kayunya saja yang berkhasiat, akarnya pun mengandung berbagai nutrisi. Tak perlu diragukan lagi kandungan akar kayu manis ini. Akar kayu manis dipercaya dapat berkhasiat bagi kesehatan dan bisa digunkan sebagai obat penyakit.

Kandungan kayu manis  yang kaya zat gula, yang jika ditumbuk lalu direndam di dalam air, akan terhidang sebagai minuman, yang sangat manis rasanya dan sedap untuk dipandang.

Diantara ciri-ciri tanaman kayu manis adalah bahwasannya tanaman kayu manis ini mempunyai umur yang panjang. Kayu manis bergantung pada tanah, menghujam ke dalam sehingga sulit untuk mencabutnya. Tanaman ini mempunyai akar-akaran dan juga buah.

Kegunaan Akar Kayu Manis Bagi KesehatanKegunaan akar kayu manis

Akar kayu manis mempunyai manfaat yang banyak sekali, dan inilah beberapa manfaat kayu manis:

Loading...

Manfaat akar kayu manis berkhasiat untuk menghilangkan noda putih mata, bisa dijadikan celak, menyembuhkan seluruh penyakit dada, menyembuhkan batuk dan pilek, juga bermanfaat untuk mengeluarkan dahak atau lendir secara sempurna.

Khasiat kayu manis juga bisa mengobati penyakit pada organ hati dan limfa, ia pun mampu mengobati nyeri dan peradangan saat buang air seni, melancarkan sirkulasi  darah haid pada wanita, dan menyembuhkan penyakit wasir.

Baca juga: Khasiat  Kayu Manis Bagi Kesehatan Dan Penyembuhan

Selain itu manfaat akar  kayu manis sebagai pembersih  setiap otot-otot tubuh, mengobati batuk kering dan penyakit asma, serta membasmi bakteri-bakteri jahat di dalam rongga perut.

Sementara itu air perasan dari tanaman ini sangat bermanfaat dalam mengobati luka luar, melembutkan rongga paru-paru dan menjernihkannya. Kegunaan akar kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit paru-paru, tenggorokan dan peradangan pada perut.

Manfaat Dan Kegunaan Akar Kayu manis Menurut Islam

Pemuka Ahli medis, yaitu Ibnu Sina melalui dalam kitabnya Al-Qanun Fi At-Thibb menyebutkan tentang manfaat akar kayu manis, sebagai berikut.

Sesungguhnya air dari perasannya, berkhasiat sebagai penyembuh luka-luka luar, ia bisa memperluas rongga paru-paru dan membersihkannya. Berkhasiat pula dalam mengobati penyakit paru-paru dan tenggorokan, menjernihkan suara, meredakan haus dan dahaga.

Kandungan airnya yang melimpah maka kayu manis berkhasiat untuk mengobati radang pada perut, berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada saat buang air kecil, mengobati luka-luka pada organ ginjal dan kandung kemih, serta efektif menurunkan demam yang tinggi.

Kegunaan akar kayu manis bisa dijadikan sebagai minuman untuk mengatasi kesulitan tubuh dalam mencerna makanan, juga pada saat kondisi lambung dan usus mengalami luka karena maag. Rendaman akar tanaman kayu manis sangat berkhasiat dalam memperkuat sel-sel darah dan membersihkannya. Ia pun dimanfaatkan oleh orang-orang yang tengah mengalami penyakit anemia.

Manfaat akar kayu manis sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit radang bronkhitis dan batuk. Ia juga memiliki efek khusus terhadap sel-sel pada organ hati, yaitu memperkuat dan memperbaiki sel-sel tersebut.

Sementara bubuk dari akar kayu manis yang ditumbuk halus digunakan dalam pengolahan kapsul-kapsul atau tablet di dunia farmasi. Adapun penambahan air perasan dari akar kayu manis ke dalam obat-obatan adalah sebagai pemanis rasa. Bubuk akar kayu manis ini banyak dperjualbelikan di berbagai apotik.

Penggunaan akar kayu manis jika dikonsumsi perasan airnya sering digunakan pada musim panas tiba, karena kelembapan kandungan airnya yang berlimpah. Telah terbukti secara medis, bahwasanya dengan mengkonsumsi satu sendok teh bubuk akar kayu manis setiap hari dapat menyembuhkan luka pada lambung.

Demikianlah manfaat atau kegunaan akar kayu manis untuk pengobatan dan kesehatan kita, semoga bermanfaat dan salam sehat.

Loading...

Leave a Comment