Manfaat Seledri untuk Kesehatan Lengkap dengan Pengolahanya

Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. (WikiPedia)

Loading...

Selain mempunyai rasa yang enak, manfaat daun seledri bisa untuk membangkitkan nafsu makan. Manfaat seledri bagi kesehatan antara lain untuk perawatan wajah, perawatan rambut dan lain sebagainya. daun seledri sudah tidak asing lagi bagi Anda para ibu rumah tangga, hampir-hampir tidak ada satu dapur pun yang luput dari jenis sayuran yang satu ini.

Daun seledri mempunyai kandungan vitamin B dan vitamin A dalam kadar yang cukup tinggi, bermanfaat bagi kesehatan mata dan berkhasiat menguatkan stamina tubuh dalam “berhubungan”

Sangat menarik, di dalam tanaman seledri juga terkandung unsur-unsur yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan tersebut antara lain, kalsium, potasium, zat besi, sulfur dan fosfor. Hal ini menjadikan banyak manfaat seledri bagi  kesehatan yaitu, meningkatkan aktivitas tubuh dan otak yang paling signifikan.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat seledri bagi kesehatan

Loading...

Seledri juga berguna untuk memperbaharui sel-sel dalam jaringan tubuh, pembangkit nafsu makan, meningkatkan produksi air kemih dan melancarkan keluarnya keringat. Selain itu manfaat lainnya adalah, pereda panas dalam tubuh, melancarkan haid, pembersih racun dalam tubuh, dan berkhasiat dalam menyembuhkan macam-macam penyakit pada organ hati, sakit kuning dan gangguan limfa.

Seledri digunakan juga untuk perawatan wajah yang berkhasiat menyegarkan dan memutihkan kulit wajah. Kulit wajah menjadi lebih segar, putih dan bercahaya.

Manfaat  seledri bagi kecantikan wajah yaitu dengan cara merebus kira-kira segenggam daun seledri dalam satu liter air, selama kurang lebih 15 menit, kemudian gunakan sebagai pembersih wajah pada pagi dan sore hari dalam keadaan masih hangat.

Baca juga: Khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan

Membersihkan wajah dengan rebusan daun seledri atau perasannya mampu berkhasiat untuk mengobati jerawat dan bintik-bintik di wajah seperti flek hitam dan bekas jerawat. Bagi Anda yang ingin mempunyai kulit wajah bersih dan bercahaya, silahkan untuk mencobanya.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Saluran Kencing

Seledri juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing batu, melancarkan siklus menstruasi dan mengobati penyakit malaria. cara meramunya, 50 gram tanaman seledri (biji, akar atau daunnya) direbus ke dalam 1 liter air, selama 15 menit. Kemudian hasil rebusan, Anda minum 2 kali sehari sebelum makan. Cukup 2 gelas untuk satu hari.

Untuk membasmi cacing-cacing di dalam tubuh, dengan cara, rebus segenggam daun seledri, 100 gram biji seledri dan segenggam bunga violet dalam 3 gelas air, hingga menjadi 2 gelas. Diminum selagi hangat sehari 2 kali sebelum makan.

Sementara itu rendaman seledri yang masih hangat bisa juga digunakan sebagai obat pembersih kewanitaan yang berkhasiat sebagai antiseptik seperti daun sirih. Dan juga bisa menyembuhkan masalah keputihan.

Selain itu juga dapat sebagai obat luka luar alami, seperti bengkak-bengkak, menyembuhkan iritasi dan peradangan payudara, dan rasa nyeri pada urat syaraf, . Dengan cara daun seledri ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada luka luar tersebut.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Dari Minyaknya

Minyak tanaman seledri dapat digunakan untuk mengembalikan kelemahan gairah, menstabilkan siklus haid yang tidak teratur, dan menyembuhkan penyakit demam. Air rendaman seledri, digunakan untuk membersihkan kulit kepala, disetiap sore hari, maka ia akan bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan membasmi kutu-kutu rambut.

Sementara itu kegunaan seledri bagi perawatan kesehatan pasa ibu menyusui, yaitu bisa didapat dengan cara memakannya. hal ini akan berkhasiat membantu mengobati kongesti (tidak keluar atau berhentinya air susu) pada ibu menyusui.

Loading...

Leave a Comment