9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita dan Pria serta Cara mengatasinya

Penyebab kemandulan pada wanita dan pria serta cara mengatasinya. Ketidaksuburan disebut juga infertilitas atau kemandulan. Tidak sedikit pasangan suami istri yang harus menanti lama, bertahun-tahun dengan beragam usaha dilakukan untuk bisa mempunyai anak. Itu pun belum bisa memastikan ada hasilnya. Apa sebenarnya penyebab kemandulan tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya untuk segera mendapat momongan?.

Loading...

Kemandulan pada wanita dan pria yang terjadi seperti baru berhasil hamil setelah 3 tahun menikah. Ada juga yang sudah hampir 7 sampai 8 tahun menikah, tetapi sang istri tak kunjung mengandung. Padahal sudah banyak cara dilakukan. Kasus-kasus tersebut menurut Dr. Boyke Dian Nugraha, sp.OG, merupakan ciri dan tanda kemandulan pada wanita dan pria.

Pengertian Kemandulan Pada Wanita dan Pria

kemandulan pada wanita dan pria

Ketidaksuburan (infertilitas/Kemandulan) merupakan ketidakmampuan pasangan suami istri dalam mendapatkan keturunan, setelah dua tahun menikah dengan intensitas berhubungan secara teratur tanpa upaya mencegah kehamilan (pemakaian alat kontrasepsi). Kesulitan mendapat anak sering kali ditimpakan pada kemandulan pada wanita sebagai kambing hitam.

Kasus kemandulan pada wanita dan pria yang sudah menikah, biasanya ada anggapan bahwa istri dinilai tidak subur, sehingga tidak bisa cepat hamil. Pemahaman seperti ini membuat wanita diharuskan menjalani terapi ini itu, sementara suami tidak mau untuk diperiksa. Padahal, baik suami maupun istri memiliki peluang sama dalam menimbulkan kejadian ini.

Loading...

Keberhasilan kehamilan tidak dapat diandalkan hanya pada pihak wanita saja. Faktor penyebab kemandulan atau ketidaksuburan dapat berasal dari suami, istri atau keduanya. Tercatat dalam data, penyebab kemandulan 30-40 persen berasal dari pihak pria dan wanita, dan 33-48 persen dari pihak pria.

Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Pria

Prof. Wimpie, Ahli andrologi sekaligus Ahli kandungan, mengatakan bahwa banyak penyebab gangguan kesuburan pada wanita maupun pria. Berikut ini adalah penyebab kemandulan pada wanita dan pria, yaitu:

1. Ovulation Disorder

Kemandulan pada wanita antara lain disebabkan oleh kondisi yang disebut Ovulation Disorder. Itu merupakan gagalnya pelepasan sel telur atau indung telur benar-benar tidak menghasilkan sel telur matang, sehingga sulit dibuahi dan masuk ke saluran telur.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketidaksuburan Wanita Agar Cepat Hamil

2. Tertutupnya Tuba Falopi

Faktor lain penyebab kemandulan pada wanita adalah tertutupnya tuba falopi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada perviks, infeksi sel telur, serta gangguan pada selaput lendir rahim dan leher rahim yang disebut endometriosis akibat kista.

3. Azoospermia

Sementara penyebab kemandulan pada pria bisa terjadi karena azoospermia atau tak adanya produksi sel airmani sama sekali. Ada pula yang airmaninya terproduksi, namun airmani yang dihasilkan terlalu lemah dan jumlahnya sedikit atau di bawah angka cukup (20-200 juta per ml). Kondisi yang disebut juga dengan oligosspermia ini membuat sel airmani tidak mampu berenang mencapai telur atau mati sebelum menembus sel telur.

4. Penyakit Genetik

Penyebab kemandulan pada wanita dan pria bisa juga disebabkan oleh  ketidaknormalan kromosom atau Cystic Fibrosis. Hal ini merupakan dari faktor keturunan. Untuk mengatasinya memang sangat sulit dan hampir tidak bisa diusahakan penyembuhannya.

5. Gaya Hidup Sehat

Menurut penelitian medis bahwa 20 persen faktor penyebab kemandulan pada wanita atau pria belum diketahui secara pasti, disebutkan bahwa sekitar 60 persen sampai 70 persen persoalan yang terkait dengan gaya hidup. Sangat masuk akal bila mengubah gaya hidup dibantu dengan obat bisa meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

6. Cara Berhubungan yang Tidak Sehat

Penyebab Kemandulan pada wanita atau pria, bisa terjadi akibat perilaku jimak yang tidak sehat yang berulang-ulang. Contohnya, suami istri cenderung menggunakan pelumas, saat berjimak. Pelumas ini bisa mempengaruhi kondisi sel airmani. Maka cara mengatasinya dengan melakukan hubungan dengan cara yang sehat atau tanpa menggunakan bahan atau alat bantu.

7. Sering Berhubungan

Terlalu sering melakukan senggama bisa menjadi penyebab kemandulan pada wanita dan pria. Hal ini mengakibatkan menurunnya mutu atau kualitas sel airmani. Untuk menghasilkan keturunan, sebaiknya senggama dilakukan seminggu 1 sampai 2 kali seminggu pada saat wanita dalam keadaan subur.

8. Kebiasaan Buruk atau Tidak Sehat

Perilaku lain yang menjadi penyebab kemandulan pada wanita dan pria yaitu kebiasaan yang tidak sehat, seperti minum alkohol,  merokok, dan mengkonsumsi obat-obatan psikotropika/narkoba, diet yang berlebihan atau anoreksia. Demikian juga kebiasaan Anda memakai celana dalam atau celana pendek yang terlalu ketat.

9. Stres

Penyebab kemandulan pada wanita dan pria bisa dikarenakan tingkat stres yang parah atau terlalu sering mengalaminya. Stres menjadi kondisi yang sangat rawan yang dialami pria maupun wanita. Pada wanita stres bisa menyebabkan haid tidak teratur yang akhirnya mengganggu proses ovulasi. Sementara pada pria, stres mempengaruhi produksi dan kualitas sel airmani.

Nah, dengan mengetahui penyebab-penyebab kemandulan pada wanita dan pria, maka cara mengatasinya yang benar adalah dengan menjauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut. Selain itu lakukanlah pola hidup sehat, dengan konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Penting juga untuk melakukan olahraga secara teratur.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa faktor penyebab kemandulan  wanita dan pria dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Dan Resiko Menunda Kehamilan Pada Wanita

Loading...

3 thoughts on “9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita dan Pria serta Cara mengatasinya”

Leave a Comment