9 Manfaat dan Khasiat Apel Hijau dan Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan khasiat Apel hijau dan merah untuk kesehatan. Apel merupakan buah yang populer dan banyak disukai di kalangan masyarakat baik pria dan wanita dari anak kecil sampai yang tua atau dewasa. Buah yang memiliki warna hijau dan merah ini memiliki rasa yang renyah, enak dan segar ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya yang komplit dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit bahkan untuk rambut agar sehat. Penting untuk Anda ketahui bahwa Flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan banyak terdapat pada kulit buahnya dibandingkan pada dagingnya. Sehingga disarankan untuk mencuci bersih dan memakannya tanpa dikupas.

Loading...

Khasiat apel juga bisa membantu untuk diet karena bisa membuat orang yang memakannya merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan pada buah apel ini memiliki banyak serat yang berguna mengurangi nafsu makan dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita. maka ada istilah” cukup makan satu buah apel, cukup membuat tetap kenyang.”, selain itu manfaat buah apel untuk diet dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar, melancarkan BAB sehingga dapat memaksimalkan hasil diet menurunkan berat badan Anda. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat dan khasiat apel untuk kesehatan tubuh, yuk simak lebih lanjut dibawah ini.

Khasiat  Apel Hijau dan Merah Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungannya

khasiat apel

Buah apel hijau dan merah memiliki kandungan yang hampir sama dan tentunya manfaat dan khasiat apel juga sama. Dan berikut manfaat dan khasiat buah apel hijau dan merah untuk kesehatan, yaitu:

1. Melancarkan Pencernaan

Loading...

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa khasiat apel baik untuk pencernaan. Hal itu juga yang membuat buah ini termasuk jenis buah yang baik untuk diet. Kandungan apel adalah serat yang tinggi, sebanyak 5 gram pada setiap buah apel berukuran sedang. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan produk sereal. Serat inilah yang akan membantu untuk diet menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.

Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Efek Samping Memakannya

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Buah apel merah atau hijau memiliki kandungan zat fitokimia. Fitokimia berfungsi sebagai antioksidan yang melawan koresterol jahat atau LDL (low density lipoprotein), yang memicu penyumbatan pembuluh darah. Antioksidannya akan mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah. Antioksidannya juga akan meningkatkan kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) yang berguna mencegah serangan penyakit jantung. Oleh karenanya khasiat apel ampuh sebagai pencegahan penyakit jantung dan penyakit yang disebabkan oleh pembuluh darah lainnya.

3. Mencegah Kerusakan Gigi dan Gusi

Manfaat dan khasiat apel merah dan hijau lainnya yaitu baik dikonsumsi untuk pencegahan kerusakan gigi dan gusi. Hal ini dikarenakan pada kandungan apel memiliki zat tanin berkonsentrasi tinggi. Penelitian Jurnal American Dental Assocition pada tahun 1998 mengungkapkan bahwa tanin mampu menghindari kerusakan pada gigi dan gusi yang menyebabkan plak.

4. Memperkuat Ketahanan Tubuh

Orang yang sering makan apel merah atau hijau tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan manfaat dan khasiat apel ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah apel hijau dan merah memiliki kandungan quercetin yang berfungsi meningkatkan kadar antioksidan. Dengan kandungannya tersebut maka dengan mengkomsumsi apel  tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari sakit. Quercetin pada buah apel akan memproduksi oksigen lebih banyak yang meningkatkan antioksidan yang memperkuat ketahanan tubuh Anda. Bukti Quercetin yang di kemas pada kapsul suplemen dapat membuat pesepeda lebih kuat dan lebih lama mengayuh sepedanya.

5. Membunuh Bakteri

Khasiat apel untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membantu membunuh bakteri penyebab masalah kesehatan atau penyakit. Hal ini dikarenakan pada buah apel hijau dan merah memiliki kandungan asam tartar. Asam ini berfungsi mampu membunuh bakteri-bakteri kurang baik pada  saluran pencernaan dengan itu maka pencernaan akan semakin sehat.

6. Memenuhi Kebutuhan Kalori

Khasiat apel jika dikonsumsi setiap hari akan memenuhi kebutuhan akan buah-buahan yang diperlukan oleh tubuh. Apel memiliki Kandungan 95 kalori dan 4 gram serat yang mudah larut sehingga menjadikan buah ini sebagai cemilan yang sehat dan mengenyangkan. satu buah apel setara dengan segelas jus buah. Dengan mengkonsumsi dua buah dapat melengkapi kebutuhan buah-buahan harian, yaitu sekitar 2ooo kalori pada orang yang sedang diet.

7. Menyehatkan Wanita Menopause

Manfaat dan khasiat apel hijau dan merah untuk wanita khususnya para ibu yang sudah mengalami masa menopause yaitu mampu mempertahankan hormon estrogen pada saat menopause. Hal itu dikarenakan pada kandungan apel memiliki boron. Menurut penelitian US apple Association pada tahun 1992, bahwa apel mengandung boron yang membantu tubuh wanita mempertahankan hormon estrogen pada wanita saat menopause. Ancaman penyakit pada menopause bisa terhindarkan dengan konsumsi buah apel seperti ancaman penyakit jantung, kekeroposan tulang.

8. Melawan Virus

Khasiat apel merah dan hijau menurut penelitian Konowalchuck pada tahun 1978 menyebutkan Bahwa sari buah tersebut baik untuk melawan infeksi virus karena stamina meningkat dan daya tahan tubuh juga baik. Oleh karena itu mengkonsumsi apel  mampu menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh serangan penyakit jantung koroner dan gangguan kardiovaskuler.

9. Menghambat Pertumbuhan Kanker Kolorektal

Manfaat dan khasiat apel hijau dan merah yang tak kalah luar biasa yaitu dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah penelitian baru di Polandia mengungkapkan bahwa memakan buah apel secara teratur dapat mengurangi resiko perkembangan kanker kolorektal yaitu kanker yang menyerang rektu pada saluran cerna.

Demikianlah ulasan tentang ragam khasiat apel untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kandungannya

Loading...

Leave a Comment