8 Manfaat & Khasiat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat dan khasiat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bengkuang atau bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencegah dan mengobati penyakit. Tidak hanya itu saja, bengkoang bermanfaat juga untuk perawatan kecantikan kulit. Perawatan kulit dengan bengkuang seperti untuk masker wajah yang berguna memutihkan, mencerahkan dan menghilangkan noda hitam pada kulit wajah pria dan wanita.

Loading...

Khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit karena pada bengkoang memiliki banyak vitamin B komplek ditambah kandungan mineralnya yang tinggi yang yang baik  untuk tubuh, seperti magnesium, tembaga, zat besi dan mangan. Dengan kandungannya tersebut maka ada khasiat bengkuang yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat atau kegunaan bengkoang tersebut, simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat dan Khasiat Bengkuang Untuk Tubuh

khasiat bengkuang

Buah yang banyak mengandung air ini, mempunyai banyak manfaat pada kesehatan. Dan berikut beberapa khasiat bengkuang yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi atau mengaplikasikannya pada kulit, antara lain:

1. Mengatasi Diabetes

Loading...

Khasiat bengkuang yang pertama yaitu bisa membantu meringankan penyakit diabetes. Rasa manis pada bengkoang berasal dari inulin. Kandungan inulin telah digunakan di beberapa negara untuk digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan. Karena sifatnya yang tidak tercena ini, maka bengkuang, sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca juga: 9 Manfaat dan Khasiat Apel Hijau dan Merah Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencegah Kanker Prostat

Manfaat dan khasiat bengkuang selanjutnya yaitu untuk kanker. Dengan makan bengkoang bisa membantu mencegah risiko terkena kanker prostat. Hal itu dikarenakan bengkuang memiliki kandungan isoflavon yang mampu mencegah terjadinya kanker prostat pada pria.

3. Menurunkan Demam

Bengkuang memiliki manfaat pendingin karena kandungan airnya yang banyak yaitu 86-90%. Oleh karena sifat  pendingin tersebut khasiat bengkuang mampu menurunkan demam dengan cepat dan alami.Anda cukup membuatnya menjadi jus kemudian diminum secara teratur selama mengalami demam maka panas tubuh akan berangsur-angsur menurun.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat dan khasiat bengkuan untuk kesehatan yaitu berguna menguatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan pada umbi ini banyak mengandung, gula, pati, fosfor, dan kalsium. Kandungan tersebut sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi.

5. Meningkatkan Fungsi Usus

Manfaat dan khasiat bengkuan untuk kesehatan berikutnya yaitu meningkatkan fungsi usus. Bengkoang memiliki sifat inulin serat makanan. Sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan memperbaiki parameter lemak dalam darah yang membantu mengatasi penderita kolesterol tinggi. Inulin dan Oligosakarida pada bengkuang disebut-sebut sebagai prebiotik karena secara selektif merangsang pertumbuhan beragam bakteri baik dalam usus yang membantu untuk kesehatan usus.

6. Memutihkan Wajah dan Tubuh

Khasiat bengkuang untuk kecantikan sudah terkenal dan banyak wanita telah melakukannya seperti penggunaan masker wajah dengan bengkoang. Manfaat bengkoang untuk kulit selain digunakan sebagai masker untuk pemutih wajah, sering juga digunakan untuk lulur. Dengan lulur menggunakan bangkoang ini bisa membuat kulit tubuh menjadi lebih segar dan tampak lebih putih. Disamping itu penggunaan masker dan lulur bengkoang dapat membantu mengangkat sel-sel mati pada kulit sehingga kulit kusam dan gelap akan terlihat cerah dan putih dan membuat awet muda.

Selain digunakan untuk masker dan lulur, khasiat bengkuang untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya sebagai jus. Dengan membuatnya menjadi jus akan membuat Anda lebih mudah untuk mengkonsumsinya dan memberi manfaat lebih mudah sesuai takarannya dan lebih menyenangkan. Jika dimakan langsung mungkin akan terasa menjemukan atau membuat malas.

7. Mengobati Sembelit

Dengan membuatnya menjadi jus ternyata khasiat bengkoang bisa untuk mengatasi susah buang air besar (BAB). Membuat jus bengkoang untuk sembelit agar lebih ampuh harus ditambahkan buah lain yaitu pepaya. Campur potongan buah pepaya dan potongan bengkoang kemudian blender hingga halus kemudian minum sebagai obat sembelit alami yang mujarab. Minum secara teratur 2 kali sehari agar cepat di sembuhkan.

8. Awet Muda

Khasiat bengkuang yang ini lebih menarik, ternyata bengkoang dengan dibuat menjadi jus tidak hanya untuk sembelit namun bisa untuk awet muda. Dengan menambahkan buah apel dan alpukat pada bengkoang untuk jus maka akan membuat awet muda dan wajah terlihat lebih segar dan nampak putih bercahaya.

Demikianlah manfaat dan khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit  yang luar biasa, Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungannya

Loading...

Leave a Comment