11 Khasiat Biji Hulbah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Khasiat biji hulbah untuk kesehatan menurut islam. Tanaman hilbah atau hulbah merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tanaman hulbah terdapat pada bijinya. Biji hulbah  mampu membantu menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya penyakit asma dan gangguan pada paru-paru. Tidak hanya itu saja, ternyata biji hulbah memiliki kegunaan untuk mengeluarkan lendir-lendir dari dalam tubuh yang mengganggu kesehatan.

Loading...

Pendapat atau penelitian para ahli kedokteran islam menyebutkan bahwa khasiat biji hulbah ini merupakan obat yang ampuh menyembuhkan penyakit. Penelitian tersebut dikuatkan oleh hadits Rasulullah. Saw, berikut ini. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menyebutkan sebuah hadits dari rasulullah Saw. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda,”Berobatlah kamu sekalian dengan (biji) hilbah.”  
Dari hadits tentang biji hulbah tersebut sangat jelas bahwa manfaat dari tanaman herbal yang satu ini mampu menyembuhkan banyak masalah kesehatan atau penyakit pada manusia. Untuk lebih mengenal khasiat biji hulbah, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Khasiat Biji Hulbah Untuk Menyembuhkan Banyak Jenis Penyakit

khasiat biji hulbah

Manfaat biji hulbah bisa diperoleh dengan membuatnya menjadi obat tradisional. Tanaman ini dijadikan bahan utama yang dibuat menjadi ramuan. Berikut ini Khasiat biji hulbah untuk obat alami penyakit, yaitu:

1. Mengobati Batuk dan Sesak Napas

Loading...

Khasiat Biji hulbah jika direbus dengan air, maka akan berkhasiat melegakan tenggorokan, dada, dan perut. ia juga bermanfaat meredakan batuk dan gatal-gatal pada tenggorokan, mengobati asma dan sesak napas, serta dapat meningkatkan kekuatan jimak

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Dan Kandungan Gizinya Menurut Islam

2. Menyembuhkan Masuk Angin dan Batuk

Khasiat biji hulbah juga berguna sangat efektif untuk menyembuhkan masuk angin, dahak, dan penyakit wasir. ia juga bermanfaat untuk mencairkan lendir dan cairan kental yang menempel pada rongga dada dan menyembuhkan penyakit paru-paru.

3. Melancarkan Haid dan Menyehatkan Rambut

Khasiat biji hulbah lainnya yaitu apa bila Anda minum, yang dicampur dengan “qut” sejenis tanaman yang bagus untuk organ limfa dan hati, dengan takaran 15 gram, maka ia dapat bermanfaat melancarkan haid, menghaluskan dan meluruskan rambut keriting.

4. Menghilangkan Tumor

Tepung dari biji hulbah, bila dicampur dengan natron (minyak sodium karbonat murni) dan air cuka, yang kemudian Anda jadikan alat untuk kompres, maka akan sangat berkhasiat untuk menghilangkan tumor pada organ limfa. Mendudukkan wanita di atas air rebusan biji hulbah, dapat meredakan sakit pada rahim, akibat adanya tumor di dalamnya. Apabila di kompreskan pada munculnya tumor kecil namun keras dan panas, maka khasiat biji hulbah menyembuhkan dan menghilangkannya.

5. Mengobati Mual Mulas

Biji hulbah jika direbus dan Anda minum rebusan tersebut, maka akan bermanfaat untuk mengatasi mual dan mulas yang disebabkan masuk angin, membuat kerja usus-usus di dalam perut menjadi lebih ringan.

6. Mengatasi Batuk Kronis dan Sembelit

Biji hulbah yang direbus dengan kurma, atau madu, atau dengan buah tin, bila dikonsumsi sebelum sarapan pagi, bermanfaat sebagai pelarut lendir pekat yang menempel pada organ dada dan perut. khasiat biji hulbah juga berguna menyembuhkan penyakit batuk yang kronis, sembelit, dan melegakan perut.

7. Menyembuhkan Luka Diabetes

khasiat biji hulbah dapat Anda peroleh dengan cara merebusnya. Dengan merebusnya banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain untuk menggemukkan badan, membantu proses penyembuhan luka pada luka-luka tubuh pada Anda yang menderita penyakit kencing manis. Dalam tanaman hulbah atau pada bijinya mengandung vitamin H, juga memiliki zat albumin atau zat putih telur dalam kadar yang cukup tinggi, yaitu sekitar 30 persen dan ditambah kandungan unsur minyak sekitar 70 persen. unsur minyak inilah yang menjadikan khasiat biji hulbah untuk meningkatkan produksi air susu ibu.

8. Melancarkan ASI

Manfaat biji hulbah juga digunakan untuk dibuat minyak dalam bentuk ekstrak obat, yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan atau memperbesar payudara wanita dan memperkuat kelenjar-kelenjarnya, serta meningkatkan volume produksi ASI pada ibu menyusui.

9. Menggemukkan Badan

Selain itu dengan merebus biji hulbah maka Anda akan mendapat manfaat biji hulbah untuk membangkitkan nafsu makan Anda, dan menghindari kurus badan. Nah, bagi Anda yang ingin menggemukkan badan atau ingin menaikkan berat badan maka minumlah rebusan biji  hulbah.

10. Sumber Vitamin

Kandungan tanaman hulbah adalah vitamin A, B, C, dan D banyak terdapat pada tanaman hulbah khususnya pada bijinya, biji hulbah juga mengandung unsur protein, getah-getahan, minyak jenuh, minyak tak jenuh yang menyerupai minyak yansun, dan alkali yang disebut dengan kolin dan trigenalin.

11. Mengobati Luka Luar dan Bengkak

Biji hulbah juga banyak di gunakan untuk pembuatan beberapa macam balsem atau obat gosok, khusus untuk mengobati luka-luka pada bengkak-bengkak. Demikianlah manfaat dan khasiat biji hilbah yang membantu Anda untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi Menurut Ilmu Pengobatan Islam

Loading...

Leave a Comment