Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Dalam Islam

Khasiat buah delima bagi kesehatan dan pengobatan dalam islam. Buah delima memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Diantaranya untuk kesehatan ibu hamil dan untuk kesuburan serta masih banyak lagi. Buah delima merupakan buah yang sedap. Buah ini banyak ditanam dimana-mana di wilayah indonesia. Ada yang rasanya manis dan ada pula yang asam rasanya namun kandungan dan manfaatnya sama.

Ada beberapa jenis buah delima yang terbaik adalah yang mempunyai kulit yang halus atau licin, berwarna merah tua, besar ukurannya dan berkulit tipis. Buah delima adalah jenis buah yang sejak dahulu memiliki khasiat bagi kesehatan. Apa saja khasiat dan manfaat buah delima untuk pengobatan penyakit pada manusia? akan saya bahas lebih lanjut disini

Para ahli dan pakar medis telah menyebutkan tentang buah delima di dalam buku-buku rujukan mereka, khasiat dan kegunaannya yang nyata banyak tertulis pada daun-daun papyrus dan terpahat pada batu-batu zaman mesir kuno.

Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Menurut Islam

Allah swt telah memuliakan buah delima dengan menyebutnya di dalam kitab suci alqur’an. Allah berfirman.”Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, dan kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir butir yang banyak dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tak serupa. Perhatikanlah buahnya diwaktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu, ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”(Al-An’am[6]:99)

Loading...

khasiat buah delima untuk pengobatan penyakit

Disebutkan pula dari IbnuAbbas ra, Beliau berkata,“Tidak ada buah delima dari buah-buah delima kamu sekalian ini melainkan buah delima itu telah dicangkokkan, dengan biji dari buah delima dari surga.”

Diriwayatkan pula oleh Ali binAbi Thalib ra. Beliau berkata,”Makanlah kamu sekalian buah delima berikut dengan minyaknya, karena sesungguhnya ia merupakan pembersih (penyamak) perut.”

Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah berkata,“Buah delima yang rasanya manis itu sifatnya panas dan basah, ia sangat bagus khasiatnya untuk kesehatan perut, dengan fungsinya sebagai penyeimbang yang lunak dan halus.”

Baca juga: Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh Dalam Islam

Inilah Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

Banyak manfaat buah delima bagi kita, manfaat buah delima untuk pengobatan penyakit adalah sebagai berikut:

  • Berkhasiat untuk kesehatan tenggorokan, dada dan paru-paru
  • Bemanfaat menyembuhkan penyakit batuk
  • Kandungan air pada buah delima berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi pencernaan perut
  • Delima merupakan makanan yang baik untuk menyuplai asupan ke perut, mudah dicerna dan cepat laru
  • Jika makan dengan bersama roti akan berkhasiat buah delima tersebut untuk pengobatan penyakit penyakit dalam perut

Perlu diingat, bahwa buah delima tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami demam, karena buah delima bersifat panas. Ada pun buah delima yang rasanya masam, ia bersifat dingin dan kering, yang berfungsi sebagai penyeimbang perut yang halus, menyembuhkan radang perut dan lebih mujarab untuk melancarakan air seni dibanding jenis buah delima lainnya.

Selain itu, khasiat buah delima untuk pengobatan penyakit kuning, menghentikan diare, mencegah mual dan muntah, melunakkan tinja, menurunkan panas pada organ hati, menguatkan organ-organ tubuh, mencegah gangguan empedu, menyembuhkan rasa sakit pada liver dan lambung, menguatkan organ perut dalam mengeluarkan kotorannya.

Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Pengobatan Penyakit

Disebut di dalam ilmu kedokteran, bahwa buah delima mempunyai manfaat untuk menguatkan liver, berfungsi sebagai penyeimbang perut, membasmi cacing-cacing pita. selain itu khasiat buah delima untuk pengobatan penyakit disentri, menghindari tumor pada selaput lendir,Apabila air buah delima diteteskan di dalam hidung yang ditambah dengan madu.

Jus delima diminum dengan campuran air dan gula, atau bisa Anda campur dengan madu, maka akan berkhasiat menyembuhkan diare yang ringan. Buah delima juga pembersih pada saluran pernafasan dan rongga dada, sekaligus pembersih darah kotor. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dengan mengikuti makan buah delima setelahnya ,maka akan  membantu dalam proses pencernaan makanan berlemak tersebut.

Manfaat buah delima untuk pengobatan penyakit, disebutkan pula oleh beberapa penelitian ilmiah, bahwa khasiat buah delima yang luar biasa ini, didapat karena kandungan pada buah tersebut, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1, B2 dan C serta kalsium, fosfor dan zat besi.

Secara klinis buah delima juga telah terbukti, delima itu sama halnya dengan manfaat kurma dan anggur, yang sangat tinggi dan kaya gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Prosentase kandungan zat gulanya cukup tinggi, dibandingan dengan kandungan lain. Buah delima juga mengandung asam organik yang tinggi dengan prosentase yang relatif besar.

Buah delima merupakan buahnya orang-orang kaya dan orang miskin,setiap orang sangat membutuhkannya. Hal serupa menjadi bukti bahwa buah delima adalah buah yang disukai dari dulu hingga sekarang. Nah Anda minat untuk menyukai dan mengkonsumsinya? dengan memulai rutin mengkonsumsinya maka akan mendapat banyak manfaat buah delima untuk pengobatan penyakit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat dan khasiat buah delima bagi kesehatan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Menurut Islam

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *