Manfaat Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Khasiat  Buah Pepaya.  Pepaya mempunyai nama ilmiah carica papaya. Pepaya dapat tumbuh subur pada daerah tropis. termasuk buah yang banyak digemari dan mempunyai nilai manfaat dan khasiat untuk pengobatan penyakit. Mungkin Anda hanya mengetahui manfaat pepaya sebagai buah yang membantu melancarkan buang air besar dan mengobati masalah sembelit saja.

Loading...

Faktanya buah yang manis rasanya ini, mempunyai banyak manfaatnya. Diantara Manfaat khasiat buah pepaya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjauhkan kita dari resiko terkena kanker.

Buah pepaya merupakan sumber vitamin A dan C yang cukup tinggi. Getah dari pohon pepaya kaya akan Papain. Papain yaitu suatu enzim pencernaan yang merupakan obat yang bermanfaat. Selain itu buah pepaya juga kaya akan kandungan karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Kandungan Buah Pepaya

Mengonsumsi buah pepaya mampu meningkatkan kesehatan. Hal ini dibuktikan orang yang memakan pepaya hidupnya akan lebih sehat dibandingkan dengan yang enggan mengonsumsinya. Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini nutrisi penting yang terdapat pada buah pepaya, yaitu:

  • Vitamin A (Retinol)
  • Vitamin B komplek
  • Vitamin C
  • Niacin
  • Kalsium
  • Riboflavin
  • Zat besi
  • Kalori
  • Fosfor
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Lemak
  • Protein

Khasiat buah pepaya dikarenakan hampir semua vitamin  terkandung pada pepaya, hal tersebut membuktikan bahwa buah pepaya sangat diperlukan oleh tubuh kita. Dan berikut adalah beberapa manfaat khasiat buah pepaya untuk Manusia

Loading...

Manfaat Khasiat  Buah Pepaya Untuk Kesehatan

khasiat buah pepaya

Manfaat dan Khasiat  buah pepaya sangat banyak bagi kesehatan kita. Diantaranya untuk penyakit kanker, diare, hipertensi, masalah menstruasi, noda pada kulit, gangguan perut, dan sembelit atau susah buang air besar.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang manfaat buah pepaya untuk tubuh, yaitu:

1. Mencegah Kanker.

Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, maka ia sangat berkhasiat yang efektif sebagai antioksidan. Selain itu pepaya juga mengandung folasin, yang terbukti dapat meminimalisir kanker jenis tertentu. Dengan banyak mengkonsumsi buah pepaya, Anda akan terhindar dari resiko terkena kanker.

2. Mengobati Diare.

Khasiat buah pepaya juga bisa menyembuhkan masalah diare Anda, Dengan mengkonsumsi pepaya mentah yang sudah Anda rebus, bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diare kronis.

3. Menurunkan Hipertensi

Para peneliti menemukan bahwa pada kandungan buah pepaya bisa untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi (hipertensi), yaitu dengan makan buah pepaya setengah jam sebelum sarapan, hal ini akan mengurangi tekanan darah tinggi Anda.

4. Kesehatan Kulit

Pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satunya untuk melembabkan kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering, mengonsumsi pepaya akan mengatasinya. Ternyata, Pepaya tak hanya berkhasiat untuk kulit kering saja, Namun bisa mencerahkan kulit yang kusam. Hal ini karena pada buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E

5. Memperbesar Alat Vital Pria

Kandungan enzim arginine pada pepaya mampu meningkatkan aliran darah pada mr. P. Selain itu, enzim itu juga meningkatkan produksi asam nitrat dalam tubuh, merileksasikan otot-otot disekitar pembuluh darah. Alhasil, Mr.p akan menjadi besar dalam kurun waktu yang singkat.

6. Melancarkan Haid (Menstruasi)

Cara mendapatkan manfaat pepaya untuk masalah menstruasi pada wanita, yaitu dengan makan pepaya setiap hari. Hal ini akan membantu melancarkan haid dan merutinkan haid Anda. Tidak hanya itu saja.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Pepaya sangat dikenal manfaatnya. Yaitu, Mengobati susah buang besar. Hal tersebut karena pada buah pepaya mengandung serat tinggi dan buah pepaya mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara antioksidannya bisa membersihkan sisa makanan dalam usus dan membuangnya melalui anus.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan mengonsumsi pepaya bermanfaaat untuk meminimalisir risiko mata rusak. Jika Anda dalam bekerja harus berhadapan dengan layar monitor maka Anda membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatan agar mata tetap sehat dan segar. Radiasi pada layar monitor seperti laptop atau komputer, bahkan televisi berakibat buruk pada kesehatan mata Anda. Dengan mengonsumsi buah pepaya maka asupan nutrisi yang dibutuhkan mata akan terpenuhi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kerusakan sekecil apa pun pada mata.

9. Menagkal Radiasi Bebas

Radikal bebas yang menyerang tubuh akan memberi dampak buruk pada kesehatan. Dengan antioksidan yang terdapat pada buah pepaya kita mampu untuk menangkal pengaruh dari radikal bebas tersebut. Akibat dari radikal bebas pada kulit, yaitu kulit menjadi keriput, dan terlihat tua dari umur yang sebenarnya atau penuaan dini. Rajin mengonsumsi pepaya maka pengaruh tersebut mampu dicegah.

10. Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat yang umum dimengerti dan banyak digunakan masyarakat adalah manfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Seperti susah buang air besar, maag, keasaman lambung dan kurang nafsu makan.

Makan buah pepaya matang segar pada saat sarapan pagi, akan menyembuhkan masalah gangguan pencernaan, Dan sembelit. Jika sekarang Anda sedang mengalami masalah seperti di atas, maka khasiat buah pepaya akan membantu mengatasinya.

11. Menyembuhkan Sakit Perut

Pada daun pepaya juga memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan sakit perut. Daun pepaya kering yang ditumbuk hingga menjadi serbuk, lalu rendam dengan air selama semalam, kemudian Anda minum pada pagi hari. Hal ini akan berguna untuk mengatasi semua jenis sakit perut.

12. Mengobati GIgitan Ular Berbisa

Manfaat daun pepaya untuk mengobati gigitan ular berbisa. Jika Anda terkena gigitan ular, maka butuh pertolongan pertama yang cepat. Anda bisa menggunakan pepaya sebagai obat untuk gigitan ular berbisa. Dengan cara, Ambil 5 ruas akar pepaya dan bersihkan dengan air, haluskan dengan ditumbuk. Balurkan pada luka bekas gigitan ular dan balut dengan kain untuk menutupinya.

13. Obat Luka Bakar

Manfaat buah pepaya untuk mengobati luka bakar. Jika kulit Anda melepuh karena terbakar, bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan pepaya. Cara membuat obat tradisional luka bakar dengan pepaya yaitu, ambil kulit buah pepaya, peras dan ambil getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata. Diamkan selama seharian. Jika lukanya melebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk halus untuk mengobatinya dengan ditempelkan dan dibungkus kain.

14 Obat Demam Malaria

Pepaya bisa digunakan untuk obat tradisional demam. Caranya yaitu: Ambil selembar daun pepaya. Tumbuk hingga memenuhi setengah gelas. Tuangkan air sebanyak seperempat gelas dan campurkan sedikit garam lalu peras. Saring dan minum 3 kali sehari hingga demamnya menurun.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

14. Penambah Nafsu Makan

Pepaya bermanfaat juga untuk obat tradisional penambah nafsu makan. Jika Anda atau buah hati Anda sedang mengalami susah makannya, coba minum obat alami untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya petik satu lembar daun pepaya. Cuci bersih dan lumatkan dengan tangan, tambahkan sedikit garam dan campurkan air sedikit demi sedikit sebanyak seperempat gelas. Kemudian peras dan ambil airnya, lalu minum hingga habis.

15. Obat Flu

Pepaya bisa dijadikan untuk obat flu. Obat tradisional dan alami menggunakan pepaya diyakini mampu menyembuhkan flu atau pilek. Caranya cukup mudah, Ambil 2 lembar daun pepaya, lumatkan lalu tambahkan sedikit air, serta garam secukupnya dan peras. Minum 2 kali sehari untuk dosis anak-anak dan 4 kali sehari untuk orang dewasa.

16. Obat Sakit Gigi

Selain bisa mengobati flu, pepaya juga bermanfaat untuk obat sakit gigi alami. Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Lakukan  berulang -ulang hingga rasa sakitnya hilang.

17. Mengatasi Radang

Enzim yang terdapat pada buah pepaya yaitu papain dan chymopapain memiliki manfaat untuk antiradang (antiinflamasi). Antioksidan seperti vitamin c pepaya dan betakarotennya memaksimalkan menurunkan peradangan. Jadi pepaya merupakan obat radang alami yang mampu mengobati peradangan seperti, Osteoarthritis, rematik, asma dan baik untuk alergi.

18. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Kombinasi dari vitamin C, vitamin B, folat, pantothenic acid, dan beberapa mineral seperti magnesium, potassium dan tembaga akan melindungi Anda terhadap risiko penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung koroner.

Manfaat Khasiat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Buah pepaya disamping berguna untuk pengobatan dan kesehatan, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk perawatan kecantikan. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan, yaitu:

1. Menghilangkan Flek Hitam

khasiat buah pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan noda pada kulit wajah. Seperti noda bekas jerawat, dan flek hitam. Caranya, Oleskan pepaya matang yang sudah diparut atau diblender pada daerah yang bermasalah. Diamkan selama setengah jam sebelum mandi.

Hal ini akan menghilangkan flek dan noda-noda lain di kulit dan mencerahkan kulit Anda. Selain itu pepaya yang mentah juga bisa membantu untuk menyembuhkan jerawat Anda, dengan cara mengoleskan pepaya muda ke bagian yang berjerawat.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat pepaya untuk kecantikan wanita yaitu bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Tumpukan sel kulit mati menjadikan wajah kusam, pori-pori wajah membesar dan keriput. Dengan pepaya Anda bisa mengatasi masalah tadi. Vitamin A yang terdapat pada buah pepaya berfungsi sebagai eksfoliasi atau mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Cara membuat obat alami untuk mengangkat sel kulit mati cukup mudah, yaitu haluskan buah pepaya dan campur dengan menggunakan susu secukupnya. lalu gunakan sebagai masker. Diamkan olesan masker pepaya selama 20 sampai 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk dengan handuk halus. Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Mengecangkan Kulit

Tidak hanya mampu untuk mengangkat sel kulit mati saja. Pepaya juga mampu mengencangkan kulit. Cara mengencangkan kulit dengan pepaya yaitu dengan mencampurkan pepaya yang sudah halus dengan madu dan tepung beras. Campur dan Aduk hingga menjadi pasta. Gunakan sebagai masker, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 20 sampai 30 menit. Setelah kering, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk halus. Lakukan hal ini seminggu 2 sampai 3 kali untuk hasil yang maksimal.

4. Obat Kulit Terbakar Matahari

Untuk mengobati luka bakar yang disebabkan karena sinar matahari, Anda bisa membuat ramuan tradisional alami dengan buah pepaya. Gunakan daging pepaya yang sudah dihaluskan lalu balurkan pada kulit yang terbakar tersebut. Kandungan air dan vitamin C nya dapat memberikan efek dingin dan mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

5. Melebatkan Rambut

Manfaat dan khasiat buah pepaya untuk rambut adalah bisa melebatkannya. Cara melebatkan rambut dengan buah pepaya yaitu dengan menggunakannya sebagai sampo. Lumatkan daging pepaya dan oleskan pada rambut Anda. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

6. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Pepaya memiliki kandungan mineral dan vitamoin yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran, minyak dan bahan kimia yang menempel. Untuk memperoleh manfaat kulit kepala dan rambut bersih, yaitu dengan cara mengoleskan daging pepaya yang sudah halus pada rambut dan kulit kepala merata. Pijat pelan pelan hingga merata. Setelah itu diamkan untuk beberapa saat dan bilas dengan air dingin.

Bahaya Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Dari sekian banyak manfaat buah pepaya di atas, ternyata buah ini juga memiliki efek buruk pada kesehatan. Bahaya buah pepaya jika dalam mengonsumsinya terlalu banyak atau secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa bahaya buah pepaya untuk kesehatan Anda, yaitu:

1. Memudarkan Warna Kulit

Buah pepaya memiliki warna kuning, merah dan jingga. Kandungan betakaroten yang sangat tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan kesehatan kita. Diantaranya memudarkan warna kulit. Gejala umum yang terjadi adalah perubahan warna pada bagian telapak tangan, dan bagian telapak kaki.

Penyakit karotenemia adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya asupan betakaroten dalam tubuh. Hal ini beda dengan penyakit kuning, meskipun gejala yang hampir sama. Seperti mata kuning. Bedanya hanya penyembuhannya, Jika penyakit kuning maka lebih sulit dan butuh waktu untuk penyembuhan. Namun untuk karotenemia bisa disembuhkan dengan menghentikan mengonsumsi pepaya.

2. Masalah Pernapasan

Menurut hasil penelitian, bahwa kandungan pada buah pepaya adalah papain. Papain yang cukup tinggi jika pepaya dikonsumsi dengan berlebihan maka akan menimbulkan sulit bernapas dan bersin-bersin. Jika Anda mengalami ini, maka hentikan mengonsumsi pepaya sementara waktu.

3. Batu Ginjal

Salah satu kandungan pepaya adalah vitamin C. Vitamin C nya termasuk tinggi dan jika mengonsumsi pepaya secara berlebihan maka tubuh akan mendapat asupan vitamin C  terlalu banyak. Hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Kelebihan vitamin C akan berisiko terkena batu ginjal dan keracunan.

4. Gangguan Pencernaan

Mengosumsi buah pepaya secara berlebihan akan mengganggu pencernaan. Gejala yang umum terjadi adalah rasa mules, perih dalam perut. Hal ini karena konsumsi banyak pepaya mengakibatkan iritasi usus yang diakibatkan kandungan serat yang tinggi pada pepaya.

5. Bahaya Bagi Ibu Hamil

Buah Pepaya berbahaya untuk ibu hamil. Kandungan yang tinggi pada pepaya seperti enzim papain dan pepsins ini yang menyebabkan berbahaya pepaya dikonsumsi oleh ibu hamil. Papain Dan Pepsins keduanya memiliki efek yang bahaya jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil karena  bisa menyebabkan keguguran.

Dengan alasan tersebut diatas, maka perlu adanya kehati-hatian dalam mengosumsi buah pepaya. Cukup sesuai dengan ukurannya dan jangan berlebihan. anTidak ada salahnya, mulai sekarang menjadikan buah pepaya ini sebagai menu buah favorit Anda karena khasiat buah pepaya yang baik untuk kesehatan Anda. Demikian ulasan saya mengenai manfaat dan khasiat buah pepaya. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Dengan Ramuan Herbal

Loading...

Leave a Comment