13 Khasiat Buah Tin yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Khasiat buah tin untuk kesehatan tubuh menurut islam. Buah tin memiliki manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya pada buahnya saja, Daun buah ara ini juga mempunyai manfaat juga untuk kesehatan dan kecantikan. Buah tin merupakah buah yang Allah Swt. bersumpah dengan namanya. Ada dua jenis buah yang Allah sebut dalam sumpahnya yaitu, buah tin dan zaitun. Hal ini membuktikan kemuliaan buah tin dan buah zaitun, sekaligus menandakan bahwa manfaat tin dan zaitun sangat baik bagi kesehatan kita.

Loading...

Khasiat buah tin dan zaitun dalam al quran menyebutkan kemuliaan manfaatnya. Bagi umat muslim itu adalah mukjizat atau keistimewaan buah. Buah tin dan zaitun merupakan nikmat dari Allah swt. yang paling utama. Kemuliaan manfaat buah tin dan zaitun yang dikaruniakan kepada manusia. Dengan menyebutnya dalam alqur’an, Allah berfirman,”Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, dan demi bukit siani dan demi kota (mekah) ini yang aman. (At-tin[95]:1-3). Nah, apa saja khasiat buah tin menurut ilmu kedokteran islam?. Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

khasiat buah tin

Buah tin  adalah buah  yang bentuknya menyerupai buah sikamore atau buah tin yang berwarna abu-abu. Buah ini banyak ditanam disebagian negara-negara Arab. Akan tetapi  buah ini, lebih banyak dikenal dan populer di negara mesir dan negara syam (syiria, palestina, lebanon dan yordania). Tin adalah termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. hal ini dikarenakan jumlah kalorinya yang banyak. Berikut ini khasiat buah tin untuk kesehatan, adalah sebagai berikut.

1. Mengembalikan Energi Saat Puasa

Loading...

Buah tin  adalah buah  yang bentuknya menyerupai buah sikamore atau buah tin yang berwarna abu-abu. Buah ini banyak ditanam disebagian negara-negara Arab, dan populer di negara mesir dan negara syam (syiria, palestina, lebanon dan yordania). Apabila kurma dikeringkan dan diawetkan maka begitu pula pada buah tin. ia merupakan salah satu hidangan pelezat bagi orang orang yang berpuasa, seperti halnya buah kurma dan ia akan terasa semakin dan lezat, jika dikonsumsi bersama susu dan kue-kue kering. Khasiat buah tin untuk berbuka puasa akan mengembalikan energi secara cepat dan membuat tubuh menjadi fit saat berpuasa.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kecantikan dan Pengobatan Penyakit

2. Penghilang Batu Ginjal dan Kencing Batu

Khasiat buah tin yang sangat luar biasa yaitu mampu menghancurkan batu dalam ginjal dan kencing batu. Selain itu mengkonsumsi buah tin bisa membantu menjadi penawar semua jenis racun. Buah tin untuk ginjal dan kencing batu telah terbukti dan banyak orang sudah merasakan manfaatnya. Untuk mengobatinya, bisa dengan mengkonsumsinya setiap hari.

3. Menyembuhkan Penyakit Dada

khasiat buah tin lainnya yaitu bisa menyembuhkan penyakit dada dan jenis penyakit di dalamnya, seperti mengobat, tenggorokan yang parau, dan membersihkan rongga paru-paru. Bahkan mampu menyembuhkan masalah hati dan limfa. Manfaat Buah tin juga bisa membersihkan perut dari lendir yang kotor. Apabila buah tin dicampur dngan wortel, maka itu menu makanan yang terbaik. Diambil kitab Ath-thibbun Nabawi, apabila buah tin ini dikonsumsi bersama buah pala berkhasiat mampu membantu menghindari tubuh dari marabahaya.

4. Menyembuhkan Wasir dan Encok

Khasiat buah tin bisa menyembuhkan wasir. Hal itu sesuai dengan hadits nabi muhammad Saw. yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra: Suatu ketika rasulullah Saw. diberi hadiah satu nampan buah tin. Kemudian beliau bersabda: Seandainya engkau bertanya,” Apa ada buah yang diturunkan oleh Allah Swt dari surga, tentu aku akan berkata”iya”, inilah buahnya (buah Tin), karena buah di surga itu tidak ada bijinya. Maka makanlah kalian daripadanya, karena sesungguhnya ia dapat menghentikan ( darah) penyakit wasir dan bermanfaat menyembuhkan penyakit encok (rematik).

5. Melancarkan Air seni dan Obat TBC

Diantara khasiat  buah tin yang menakjubkan lainnya adalah bahwa buah tin itu bisa memperlancar air seni, berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk yang sudah akut (TBC). Bahkan diyakini dengan memakan buah tin dapat membuka penyumbatan pembuluh darah di hati dan limfa, menjaga keseimbangan ginjal dan kandung kemih.

6. Membuka Penyumbatan Saluran Pencernaan

Khasiat buah tin yang dicampur dengan buah pala kemudian di makan maka mampu membantu membuka saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan organ-organ dalam perut. Konsumsilah buah tin dengan buah pala pada pagi hari sebelum sarapan.

7. Mengobati Luka Bengkak

khasiat  Buah tin yang dicampur dengan sikamore yang telah dimasak dan ditambah dengan tepung gandum bisa menjadi obat luka bengkak. Cara menyembuhkan luka bengkak dengan buah tin yaitu dengan mengoles ramuan buah tin pada luka bengkak. Kemudian membalutnya maka akan menyembuhkan bengkak menjadi sembuh kembali seperti sediakala.

8. Mengobati Radang Tenggorokan dan Serak

Khasiat buah tin juga bisa menjadi obat alami radang tenggorokan. Cara mengobati sakit atau radang tenggorokan yaitu Mengeringkan buah tin dan membuatnya menjadi bubuk. Kemudian bubuk dibuat bubur untuk dimakan sebelum sarapan pagi. Selain itu Buah tin juga bisa digunakan sebagai obat kumur, penghilang serak yaitu dengan cara direbus bersama kulit delima, dan kemudian air rebusan tadi dibuat untuk berkumur.

9. Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui dengan mengkonsumsi buah tin mampu membantu meningkatkan produksi ASI. Khasiat buah tin juga merupakan obat paling mujarab untuk menyembuhkan masalah sembelit yang menahun yang sulit disembuhkan.

10. Menyembuhkan Batuk Rejan

Mengkonsumsi buah tin atau minum air yang telah direbus dengannya, berkhasiat untuk mengobati penyakit batuk rejan yang akut. Demikian penuturan tentang manfaat buah tin menurut Dawud Al-Anthaki. Khasiat buah tin telah dibuktikan oleh penelitian medis bahwasanya buah tin bermanfaat besar dalam meningkatkan kesehatan tubuh, seperti mengobati kelemahan tubuh secara umum. kegunaan buah tin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem urat syaraf. Menghilangkan goncangan dan ketidakstabilan dalam perut khususnya lambung.

11. Menjaga Keasaman Perut

Uji ilmiah mengungkap kandungannuah tin memiliki  kaya vitamin dan nutrisi seperti, protein, lemak, glukosa, potasium, kalsium, yodium, sodium, magnesium, zat besi, tembaga dan fosfor. Ditambah kandungan vitamin A, B dan C yang cukup tinggi. Secara garis besarnya Khasiat buah tin bermanfaat untuk menjaga kestabilan keasaman perut. Sebagaimana ia digunakan untuk obat kumur dalam membersihkan mulut dan gusi.

12. Menyembuhkan Anemia, Encok dan Infeksi Lambung

Khasiat buah tin jika direbus dan airnya diminum akan berkhasiat menyembuhkan penyakit hipertensi, anemia, encok, dan infeksi pada lambung dan usus dua belas jari. Demikian juga telah terbukti secara klinis tentang khasiat buah tin, yaitu untuk ibu-ibu hamil dan menyusui.

13. Meningkatkan Kesuburan

Ternyata khasiat buah tin juga membantu meningkatkan kesuburan. Jika Anda yang ingin cepat mendapatkan momongan, Anda bisa mendapatkan manfaat buah tin untuk kesuburan, yakni dengan memakannya atau meminum rebusan buah tin. Mungkin dari pembaca ada yang sudah meningkah lama tapi belum mendapatkan momongan atau yang sudah divonis mandu oleh dokter. Maka Anda bisa makan buah tin ini untuk mendapatkan manfaat buah tin untuk kesuburan.

Dari semua manfaat buah tin diatas maka bisa kita mengambil kesimpulan bahwa buah tin termasuk buah yang istimewa, dengan manfaat yang luar biasa bagi penyembuhan dan kesehatan manusia. Demikianlah uraian saya tentang khasiat buah tin untuk kesehatan . Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Menurut Islam

Loading...

Leave a Comment