Ragam Khasiat Dan Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

WarasSehat.com – Manfaat sawi hijau tidak hanya untuk pelengkap makanan seperti bakso, tumisan dan lain sebagainya. Sawi digadang-gadang memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan.

Loading...

Sawi hijau merupakan sayuran yang populer sebagai pendamping pada bakso serta beberapa masakan lainya. Dalam budidaya, biasanya dipanen pada usia 40 hari setelah pindah tanam. Bagian yang dapat dimakan adalah helai daun dengan tangkainya. Pengolahan biasanya adalah dilayukan atau direbus.

Berikut ini beberapa khasiat sawi hijau yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Jenis Dan Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Sawi sangat banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Dalam bahasa inggris, sawi dikenal dengan nama mustard, dalam perdagangan internasional, sawi dikenal dengan banyak istilah, yaitu Green mustard, Chinese mustard, Indian mustard dan sarepta mustard. sawi umumnya dimasak dengan ditumis, oseng-oseng, asinan atau untuk campuran mie ayam dan bakso.

Khasiat sawi pada kesehatan karena kandungannya yaitu banyak mengandung serat, vitamin A, vitamin B, Vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, kalium, fosfor, tembaga, magnesium, zat besi dan protein.

Loading...

Manfaat sawi hijau

Dr. Joann Manson dari Havard Medical School menyebutkan bahwa konsumsi sawi hijau dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, jantung koroner dan hipertensi. Salah satu jenis sayuran yang banyak digemari adalah sawi hijau.

Kandungan Dan Manfaat Sawi Hijau

khasiat sawi hijau karena ia mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan, khasiat sawi yang sudah pernah diteliti diantaranya adalah:

1.Membantu Pembekuan Darah

Kandungan vitamin K pada sawi hijau sangat tinggi yaitu mencapai 419,3 mkg percangkir. Konsumsi satu cangkir sawi sudah mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin K perhari. vitamin K sangat bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah, sehingga sering disebut vitamin koagulasi.

2. Mencegah Penyakit Stroke Dan Jantungi

Kandungan vitamin K pada sawi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung, karena efeknya mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor penimbunan plak kalsium.

3. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Vitamin K juga terkait dengan pengaturan protein tulang dan kalsium yang terkandung  di dalam darah dan tulang, sehingga menjaga tulang dari proses osteoporosis. tanpa peran vitamin K, osteoklasin sebagai protein tulang tidak dapat bekerja dengan normal.

4. Menangani Kanker

Vitamin K juga berguna untuk menangani penyakit kanker karena vitamin K bertindak sebagai racun pada sel-sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel yang sehat.

Baca juga: Ragam Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

5. Penyakit Alzheimer

Fungsi lain dari kandungan K adalah mencegah dari penyakit alzheimer, pengontrolan kadar gula, serta mencegah sitokin, pembawa pesan yang berperan dalam penyebab pembekakan saluran tulang saat penuaan terjadi.

Kandungan vitamin C pada sawi hijau hampir setara dengan jeruk. Konsumsi satu cangkir sawi cukup memenuhi 59 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari. Peran utama vitamin C adalah pada pembentukan kolagen interselule.  Kolagen merupakan senyawa protein yang banyak terdapat dalam tulang rawan, kulit bagian dalam tulang, dentin dan vascular endothelium.

Vitamin C sangat penting manfaatnya dalam proses hidroksilasi, dua asam amino dan lisin menjasi hidraksipolin dan hidroksilisin. Kedua senyawa ini merupakan komponen kolagen penting, selain itu vitamin C sangat berperan dalam proses penyembuhan luka, serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres.

Konsumsi 1 cangkir sawi cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kebutuhan vitamin A per hari.  Manfaat vitamin A yang terdapat dalam sawi hijau adalah

1.Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A berperan menjaga kornea mata agar selalu sehat, mata yang normal umunya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu terjadinya infeksi.

Kekurangan vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut pada air dan bukan mukus. Bila sel-sel epitel mengeluarkan keratin, sel-sel membran terjadi kering dan mengeras, dan jika tidak segera diobati maka akan menyebabkan kebutaan.

Baca juga: Ragam Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Sawi Hijau

Manfaat Sawi Untuk Mencegah Kanker Kandung Kemih, Kanker kandung kemih merupakan penyakit yang menakutkan. Tercatat 11.000 orang yang didiagnosa menderita kanker tersebut di inggris dan lebih dari 30 persennya meninggal akibat kanker ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Steven Schwartz dari Ohio State University membuktikan bahwa senyawa isotiosianat pada sawi dapat memangkas sel kanker kandung kemih, khususnya pada sel agresif yang cenderung berkembang cepat dan menyebar keseluruh tubuh.

Khasiat Sawi Untuk Antikanker, sebuah publikasi pada Journal Of Nutrition pada tahun 2004, menunjukkan bahwa kandungan sulforafan pada sawi hijau dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

Paul Talalay, farmakologis dari Johns Hopkins, menegaskan bahwa sulforafan diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase2  di dalam hati, Enzim ini berperan membawa bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan membuangnya keluar dari sel.

Sawi juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil karena tinggi kandungan asam folatnya. Asam folat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

Kebutuhan asam folat pada orang dewasa mencapai 400 mkg perhari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu yang sedang hamil dan bertambah 50 persen untuk ibu yang sedang menyusui. Dengan terpenuhinya asam folat pada ibu hamil akan meningkatkan kesehatan pada ibu dan bayinya.

Loading...

Leave a Comment