Manfaat atau Khasiat Gandum Untuk Kesehatan Menurut Islam

WarasSehat.com РGandum memiliki banyak manfaat pada kesehatan karena kandungan gizi yang  yang baik untuk tubuh. Selain itu, khasiat gamdung juga bisa berperan penting dalam menjalani program diet. Hal ini karena pada gandum memiliki kaya serat yang baik untuk pencernaan, Sehingga jika mengkonsumsinya akan mengenyangkan dan menahan nafsu makan berlebih.

Loading...

Gandum adalah tanaman pertama yang diketahui oleh manusia, dikarenakan ia adalah menu makanan pokok terlama bagi manusia.

Adapun orang yang pertama kali menggunakan manfaat gandum dalam pengobatan-pengobatan adalah Abocrates. Dia memanfaatkan  gandum untuk mengobati peradangan, demam, dan obat pereda rasa sakit.

Kandungan Gandum

Gandum merupakan tanaman rakyat yang melimpah jumlahnya dan murah harganya, gandung digunakan oleh manusia sebagai menu makanan pokok, dengan diolah untuk dijadikan roti. Selain itu manfaat gandum bisa untuk binatang ternak sebagai makanan.

Gandum memiliki kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh, antara lain.

Loading...
  • Karbohidrat,
  • mineral,
  • protein,
  • lemak.
  • antikanker dan sebagai pencegah penyakit jantung.
  • niasin,
  • asam folat,
    magnesium,
  • vitamin E,
  • vitamin B2
  • dan vitamin B6.

Manfaat Khasiat Gandum Menurut Islam

Rasulullah saw. memberi nasihat kepada para sahabatnya supaya memakan gandum, hal tersebut banyak Beliau kemukakan dalam beberapa sabdanya, diantaranya diriwayatkan oleh Ibnu Majah didalam kitab sunan-nya dari hadits sayyidah Aisyah ra. Bahwasanya beliau berkata:

Adalah Rasulullah Saw. jika mendapati seseorang dari keluarganya(istrinya) sedang tidak enak badan (sakit), maka Beliau menyuruh supaya memasak semangkuk sup dari bahan gandum, setelah itu beliau menyuruhnya untuk meminumnya. Kemudian Beliau bersabda:”Sesungguhnya (sup kuah) gandum itu (berkhasiat) untuk memperkuat hati yang lemah (sedih), menyingkap (mengobati) hati yang sakit, sebagaimana seseorang diantara kalian menyingkap kotoran dari wajah kalian dengan air.”

Khasiat gandum

Diriwayatkan dati hadits Urwah ra, dari aisyah ra. bahwasannya apabila ada seseorang yang meninggal dunia dari keluarganya, kemudian para perempuan berkumpul, dan selang beberapa lama kemudian mereka pun pulang hingga tinggal sanak keluarganya dan orang-orang terdekat saja.

Kemudian beliau menyuruh untuk menyediakan periuk sup dari gandum, lalu dimasak. Kemudian dibuat tsarid (potongan roti yang diberi kuah dengan ditambah daging) yang selanjutnya dituangkan sup gandum tadi diatasnya, Beliau berkata,

Makanlah gandum ini, sesungguhnya aku telah mendengar, Rasulullah Saw. Bersabda, sub dari gandum itu melegakan hati orang yang sakit dan menghilangkan kesedihan-kesedihan.”

Baca juga: Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam Dengan Talbinah

Di dalam as-sunan disebutkan dari hadits Aisyah ra. Beliau berkata:

“Rasulullah Saw. bersabda,”hendaklah kamu sekalian memakan yang dibenci namun penuh manfaat, sup gandum.”

Aisyah ra, kembali menuturkan,”Adalah Rasulullah Saw. apabila salah seorang dari keluarganya (istrinya) mengadu kepada Beliau karena sakit, periuk olahan gandum masih saja berada dipanggang diatas api, hingga salah satu dari ujungnya sesuatu berakhir, maksudnya sampai datang salah satu hasil, sembuh atau meninggal.

Sayyidah Aisyah ra. Kembali menuturkan, Bahwasanya Rasulullah Saw. Apabila diberitahukan mengenai seseorang yang sedang menderita sakit dan tidak mau makan, Beliau bersabda,”Hendaknya kamu sekalian membuat sup gandum, minumkan kepadanya.”

Rasulullah juga bersabda.”Demi zat yang paling tinggi, yang jiwaku ada dalam genggaman tangan-Nya, sesungguhnya (sup gandum), Bermanfaat membersihkan perut seseorang diantara kalian, sebagaimana seseorang diantara kalian, membersihkan wajahnya dari kotoran.” (HR. An-Nasai, At-Tirmidzi, Alhakim dan ahmad).

Khasiat Gandum

Manfaat gandum digunakan dengan cara dimasak sebagai obat penyembuh peradangan dan demam. Sementara itu air sisa bekas masakan gandum mempunyai khasiat medis.

Manfaat gandum menyembuhkan penyakit batuk, tenggorokan gatal dan serak, menetralkan bau keringat yang tajam, melancarkan air seni, membersihkan lambung, pereda rasa haus dan dahaga, serta menurunkan panas dalam tubuh.

Manfaat gandum sebagai pengendor sekaligus penguat urat-urat saraf yang efektif. Selain itu manfaat gandum adalah sebagai pembaharu kekuatan tubuh, meningkatkan vitalitas kerja organ hati, menurunkan tekanan darah tinggi, serta menyembuhkan penyakit Diare.

Manfaat gandum lainnya adalah menyembuhkan TBC, meningkatkan daya tubuh yang melemah, dan pertumbuhan tubuh yang lemah. ia juga berkhasiat bagi orang yang mempunyai masalah rentan akan penyakit. ia pun berguna menyembuhkan peradangan dan iritasi pada kandung kemih dan juga ginjal.

Dengan memasak 30 sampai 50 gram gandum dalam satu liter air, selama kurang dari 20 menit. Kemudian disaring dan diambil airnya, lalu bagaimana sebagai minuman dan pelarut. Ada pun kulit gandum dapat digunakan untuk mencuci dan membersihkan luka-luka bernanah.

Manfaat gandum untuk diet

Kandungan serat yang tinggi pada gandum memberi rasa kenyang lebih lama orang yang mengkonsumsinya, sehingga cocok untuk dijadikan menu untuk diet. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet sehat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi gandum dalam bentuk roti atau yang lain.

Gandum memiliki senyawa saponin, senyawa ini biasa digunakan untuk bahan sampo dan diterjen. Tidak hanya itu, gandum juga bisa digunakan untuk masker wajah, cleanser dan sabun untuk semua jenis kulit.

Untuk masker muka, caranya tuangkan air panas ke dalam mangkuk yang berisi gandum, kemudian tambahkan satu sendok madu. Aduk hingga rata kemudian usap ke seluruh muka. Pijat secara merata. Kulit wajah akan menjadi bersih dan sehat.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat gandum dan manfaatnya bagi pengobatan penyakit. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Loading...

Leave a Comment