5 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Wajah Pria Wanita dan Cara Memakainya

Khasiat jeruk nipis untuk wajah pria wanita dan cara memakainya. Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Buah yang menyegarkan ini banyak mengandung vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5, dan banyak lagi lainnya. Dengan kandungannya tersebut menjadikan jeruk nipis berguna untuk diet yang membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, manfaat jeruk nipis ternyata bisa menebalkan rambut dan menghitamkan alis. Selain itu, kegunaan jeruk nipis ini terkenal sebagai masker wajah yang banyak manfaatnya.

Loading...

Ada banyak khasiat jeruk nipis untuk wajah yang bisa Anda dapatkan. Cukup dengan memanfaatkan air jeruk nipis yang masih segar maka masalah kulit wajah seperti jerawat dan bekasnya akan hilang. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat jeruk nipis bagi wajah yang lainnya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang semua kegunaan jeruk nipis pada wajah dan cara memakainya yang benar dan lengkap.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Aturan Pemakaiannya

Jeruk nipis memiliki antioksidan yang tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Diantara manfaat tersebut adalah dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah, mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam sehingga wajah lebih cerah dan masih banyak lagi. Untuk lebih mengenal khasiat jeruk nipis untuk wajah, berikut ini ulasan lengkap tentang manfaatnya dan cara pemakaiannya yang tepat untuk kulit wajah.

1. Memutihkan Wajah

Khasiat jeruk nipis untuk wajah yang pertama yaitu ampuh dalam memutihkan kulit wajah secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis bermanfaat untuk mengatasi lulit gelap dan kusam. Pemakaian jeruk nipis pada wajah mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kemudian membuat wajah makin cerah dan putih mulus. Berikut ini cara memutihkan wajah dengan cepat menggunakan jeruk nipis, yaitu:

Loading...
  • Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar kemudian potong menjadi dua bagian.
  • Peras jeruk nipis tersebut lalu tuangkan dalam wadah atau mangkuk kecil.
  • Oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur dan rutinkan pemakaiannya 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah dan Diet Menurunkan Berat Badan

2. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat merupakan masalah umum yang dialami oleh pria dan wanita. Ternyata penanganan jerawat dan bekasnya yang menjengkelkan bisa dilakukan dengan memanfaatkan air jeruk nipis. Jika tadi khasiat jeruk nipis untuk mencerahkan sekaligus memutihkan wajah maka manfaat lainnya yaitu menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat secara alami dan cepat. Untuk mengobati jerawat entah itu jenis jerawat batu atau jerawat pasir dengan jeruk nipis sangatlah mudah. Anda bisa lakukan sendiri di rumah tanpa repot menggunakannya. Berikut cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang membandel dengan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar lalu peras dan ambil airnya.
  • Tuangkan kedalam mangkuk kecil dan tambahkan 1 sendok makan madu murni.
  • Aduk aduk agar tercampur rata kemudian oleskan pada wajah seperti memakai masker.
  • Biarkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan pada malam hari sebelum tidur.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Radikal bebas yang menyerang kulit akan membuat garis garis lembut pada wajah dan nampak keriput. Masalah kulit yang hilang elastisitas tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, keriput pada wajah juga bisa timbul pada usia muda. Khasiat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya yaitu mampu mencegah sekaligus mengatasi kulit kendor diwajah sehingga menjadi kencang dan kenyal kembali. Berikut adalah cara mengencangkan wajah dengan jeruk nipis dalam waktu singkat yaitu:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1 butir telur yang sudah diambil putihnya saja.
  • Tuangkan putih telur kedalam wadah kemudian peras jeruk nipis lalu campurkan.
  • Aduk hingga tercampur rata kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan.
  • Diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

4. Mengeluarkan Semua Komedo

Khasiat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya yaitu dapat membantu mengeluarkan semua komedo pada wajah. Dengan mencampurkan jeruk nipis dengan sedikit garam maka semua komedo yang ada di wajah akan keluar dengan mudah. Namun sebelum pemakaian jeruk nipis dan garam dilakukan maka perlu dilakukan penguapan wajah agar membuka pori-pori sehingga komedo akan keluar dengan cepat. Berikut ini langkah-langkah mengeluarkan semua komedo pada wajah dengan jeruk nipis paling ampuh, yaitu:

  • Sediakan air panas dalam baskom kemudian handuk kecil.
  • Dekatkan wajah pada baskom agar teruapi dengan ditutup menggunakan handuk di kepala hingga menutupi wajah.
  • Setelah beberapa menit selanjutnya peras 1 buah jeruk nipis dan campurkan dengan 1 sendok teh garam yang telah dihaluskan.
  • Aduk agar tercampur rata kemudian oleskan pada kulit wajah dengan gerakan atau pijatan memutar
  • Lakukan dengan pelan tanpa penekanan untuk menghindari kulit menjadi iritasi.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih dan lap dengan handuk lembut.

5. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Kondisi wajah dengan pori-pori yang besar maka akan rentan timbulnya jerawat dan komedo. Bagi Anda yang memiliki pori-pori membesar seperti kulit jeruk maka untuk mengecilkannya bisa dilakukan dengan jeruk nipis. Ternyata khasiat jeruk nipis untuk wajah tidak saja ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya atau bagus untuk penghilang komedo saja. Dengan memakainya sebagai masker mampu mengecilkan pori-pori besar pada wajah. Berikut ini cara mengecilkan pori-pori wajah dengan jeruk nipis secara cepat, yaitu:

  • Peras 1 buah jeruk nipis dan oleskan air perasan tersebut tipis dan merata di wajah.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Sebagai tambahan informasi selain khasiat jeruk nipis untuk wajah diatas tadi ternyata penggunaan jeruk nipis tersebut bisa menimbulkan efek samping. Diantara efek samping yang biasanya timbul khususnya pada jenis kulit sensitif yaitu rasa perih bahkan gatal yang disertai warna merah-merah. Untuk menghindarinya maka sebaiknya dilakukan tes dengan 1 kali pakai. Jika hanya terjadi perih dan kemudian hilang maka itu efek yang umum terjadi. Namun jika berlanjut rasa perih kemudian gatal maka sebaiknya dihentikan pemakaiannya.

Demikianlah ulasan lengkap tentang beberapa khasiat jeruk nipis untuk wajah dan cara pemakaiannya yang benar. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 10 Bahan Pemutih Wajah Alami Cepat, Aman dan Permanen

Loading...

Leave a Comment