7 Khasiat Kopi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Diet Sehat

Khasiat kopi hijau untuk kesehatan dan diet sehat. Kopi hijau atau Green Coffee beda dengan jenis kopi lainnya yang dipanggang, kopi hijau adalah biji kopi yang tidak dipanggang atau melalui proses sangrai. Dilihat dari kandungannya, kopi ini bermanfaat besar untuk tubuh, seperti mengurangi kadar gula darah, mengurangi hipertensi, dan diet sehat menurunkan berat badan. Mungkin banyak orang yang masih belum mengetahuinya tentang kopi hijau, cukup minum secangkir kopi hijau mampu membantu melangsingkan tubuh dan mengatasi perut buncit.

Loading...

Khasiat kopi hijau untuk tubuh sangat luar biasa, sebab pada biji kopi hijau mengandung asam klorogenat atau biasa disebut klorogenik asam (CGA). Banyak studi ilmiah mengungkapkan tentang manfaat ekstrak kopi hijau bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja khasiat kopi hijau tersebut, berikut ini penjelasannya.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat kopi hijau

Kopi hijau mengandung antioksidan yang tinggi yang membantu kesehatan tubuh peminumnya. Untuk cara mendapatkan produk kopi hijau ini sangat mudah, Anda bisa membelinya di supermarket dalam bentuk kemasan bubuk dan kapsul. Anda juga bisa membuat kopi hijau sendiri di rumah dengan mengetahui cara membuat dan mengekstrak kopi hijau. Anda bisa baca di artikel sebelumnya tentang cara membuat ekstrak kopi hijau. Nah, apa sebenarnya khasiat kopi hijau untuk kesehatan tubuh, ini penjelasannya.

1. Menurunkan Hipertensi

Loading...

Penelitian menyebutkan kandungan asam klorogenik pada kopi hijau mampu mengurangi dan mengontrol tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi perlu mencoba secangkir kopi hijau untuk mendapatkan khasiat kopi hijau tersebut. Penelitian juga mengungkapkan mengkonsumsi asupan kopi hijau 140 miligram ekstrak kopi hijau setiap hari akan menurunkan hipertensi dengan cepat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kopi hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, khasiat kopi hijau ini bisa membantu mencegah penuaan dini. Dengan rutin meminum 1 cangkir kopi hijau akan membuat awet muda, membuat tubuh terasa bugar dan mampu mencegah risiko terkena kanker juga.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Khasiat kopi hijau selanjutnya yang sangat luar biasa adalah mampu membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Sebab, green coffee atau kopi hijau mengandung beta sitosterol yang berfungsi untuk membakar kolesterol jahat dalam liver yang menjadi penyebab obesitas dan penyakit jantung dan stroke. Minum secangkir kopi hijau per hari mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit kardiovaskuler.

Baca juga: Cara Minum Kopi Hijau Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan (Diet)

4. Meningkatkan Mood

Kopi hijau juga memiliki kandungan kafein seperti pada kopiĀ  hitam dan teh. Dengan kandungannya tersebut, maka khasiat kopi hijau bisa mempengaruhi suasana hati lebih menyenangkan atau bahagia dan meningkatkan semangat. Selain itu, dengan meminum kopi hijau pada pagi hari terbukti meningkatkan produktivitas saat bekerja. Hal ini dikarenakan kopi hijau mampu menstimulasi otak kita untuk lebih baik.

5. Penurun Kadar Gula Darah

Khasiat kopi hijau yang tak kalah penting yaitu dalam membantu menekan dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Oleh karenanya, minum kopi hijau sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Efek biji kopi hijau untuk tubuh bisa mengurangi lonjakan insulin pada penderita hipertensi dengan cara mengurangi proses pengangkutan glukosa di dalam tubuh.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Langsing

Green Coffee atau kopi hijau selain membantu meningkatkan kesehatan tubuh, kopi ini juga bermanfaat untuk diet. Nah, bagi Anda yang sedang diet dan ingin langsing, sebaiknya jadikan kopi hijau menjadi menu minuman harian Anda. Berikut ini khasiat kopi hijau untuk diet:

1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih atau gemuk bisa berisiko terkena penyakit seperti obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Maka dianjurkan untuk memiliki berat badan ideal demi kesehatan tubuh. Khasiat kopi hijau bisa membantu mengurangi berat badan Anda dengan alami, yaitu dengan cara meminumnya setiap hari dengan 1 atau 2 cangkir kopi hijau. Sebab, kopi hijau terbukti meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

2. Melangsingkan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa khasiat kopi hijau mampu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, minum kopi hijau bisa membakar lemak yang menumpuk khususnya pada area perut. Dengan rutin minum kopi hijau maka sangat efektif untuk mengecilkan perut Anda. Selain itu, kopi hijau bermanfaat untuk menekan rasa lapar sehingga sangat membantu program diet Anda.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat kopi hijau untuk kesehatan tubuh dan untuk diet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang ingin diet sehat. Selamat mencoba, dan salam sehat!!

Baca juga: Kopi Hijau Untuk Diet dan Efek Samping Mengkonsumsinya

Loading...

Leave a Comment